Cara Sederhana Mempertajam Daya Ingat dan Lebih Fokus

Sebagai manusia biasa, kita tak pernah luput dari kata LUPA. Itulah hal sangat identik sebagai seorang manusia. Sangat wajar memang jika kita lupa akan sesuatu. Karena itu memang karakter seorang manusia. Namun kewajaran itu akan pudar ketika kita sering lupa akan hal-hal penting yang dampaknya melibatkan diri kita sendiri. Seperti contoh, lupa pembahasan meeting di kantor, menaruh kunci mobil atau motor, lupa akan janji.

Hal-hal kecil tersebut memang sangat mengesalkan dan dapat menghambat aktivitas kita. Working memory dalam otak bisa dikatakan dalam keadaan bermasalah. Sehingga perlu adanya pentajaman ingatan. Hal-hal sederhana berikut dapat anda lakukan untuk mempertajam daya ingat anda:

Rajin Membaca

Membaca merupakan suatu kegiatan olahraga untuk melatih daya ingat otak. Ketika sedang membaca, otot-otot memory akan diregangkan untuk mengingat kembali informasi dari halaman dan bab sebelumnya. Informasi yang datang sebelumnya akan diantisipasi oleh otak, menafsirkan kata, kalimat, dan ide selagi membaca.

Anda dapat meningkatkan kemampuan mengingat melalui membaca buku-buku baru. Selain itu anda juga mendapat manfaat yang sangat besar dari membaca buku, yaitu menambah wawasan pengetahuan.

Coret-Coret Kertas

Saat mengikuti meeting di kantor, kadang kita merasa lelah duduk terlalu lama hanya untuk mendengarkan penjelasan dari rekan kerja. Untuk itu, hal positif yang dapat anda lakukan adalah mencoret-coret tulisan atau gambar pada kertas. Sebab ketika kita duduk terlalu lama tanpa ada sesuatu yang dikerjakan, sejumlah kemampuan memori di otak akan mati. Itu akan dapat menurunkan daya ingat kita.

Hal lain yang dapat anda lakukan adalah ketika mengikuti kelas kuliah, mencatat materi-materi yang disampaikan oleh dosen. Selain meningkatkan daya ingat, kita juga tidak akan lupa terhadap materi-materi penting yang disampaikan oleh dosen.

Masak Tanpa Melihat Resep

Sebelum melakukan kegiatan masak, hal utama yang harus anda lakukan adalah membaca buku resep. Setelah itu, ingat-ingat apa yang telah anda baca kemudian memasak tanpa melihat buku resep. Cara ini akan memaksa anda untuk mengingat bahan-bahan dan langkah-langkah di pikiran, sekaligus menerapkannya dalam tindakan fisik. Aktivitas multi-tasking sederhana yang sangat bagus untuk melatih kemampuan mengingat anda.

Menghirup Rosemary

Rosemary merupakan jenis tanaman herbal yang dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Rosemary memiliki aroma yang merangsang produksi acetylcholine. Hormon tersebut berperan penting dalam menjaga pikiran tetap fokus.

Nah, demikian sederet kiat sederhana untuk mempertajam daya ingat, sehingga dalam melakoni aktivitas atau bekerja menjadi lebih efisien.

Tinggalkan komentar