5 Cara Sederhana Agar Tidak Kelelahan Saat Bekerja

Bekerja merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua orang. Karena dengan bekerja kita dapat memenuhi kebutuhan hidup. Namun sering kita merasa lelah karena pekerjaan yang sedang kita hadapi terlalu menumpuk. Bahkan waktu tidur pun tersita oleh pekerjaan yang belum terselesaikan. Mungkin anda sering mengalaminya? Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya lakukan cara berikut ini:

1. Manajemen Waktu

Mengatur waktu sebaik mungkin merupakan salah satu kunci untuk mencegah kelelahan. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin agar waktu yang anda miliki tidak terbuang sia-sia. Daftar kerja berdasarkan skala prioritas juga perlu agar pekerjaan anda tidak terlalu menumpuk.

2. Buat Target

Salah satu cara agar anda tidak bekerja ekstra adalah membuat target yang realistis. Hal yang perlu anda ingat yaitu susunlah target sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Apabila target sudah ada ditangan anda, maka lakukan pekerjaan anda semaksimal mungkin.

3. Belajar untuk Katakan “TIDAK”

Bagi anda yang hanya sebagai karyawan biasa, menjadi suruhan atasan atau rekan kerja senior sudah biasa bagi anda. Namun, perlu juga anda perhatikan bahwa anda berhak untuk menolak sesuatu yang mereka perintahkan apabila pekerjaan anda sudah overload. Jelaskan secara baik-baik bahwa tugas yang anda selesaikan masih banyak.

4. Istirahat

Ketika anda sudah merasa lelah dan tidak mampu untuk mengerjakan pekerjaan anda, anda jangan coba untuk memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Itu akan dapat memperburuk kondisi Anda. Ambillah waktu untuk istirahat sejenak. Minum teh atau kopi di kantor bisa Anda lakukan untuk merefresh keadaan. Atau bahkan memejamkan mata sekitar 15 menit di ruang kerja. Ingat! Anda juga jangan sampai ketiduran di ruang kerja. Karena masih banyak pekerjaan yang harus Anda kerjakan.

5. Jaga Kesehatan

Kesehatan merupakan harta yang sangat mahal. Jangan sampai Anda sakit hanya karena pekerjaan Anda. Sebaiknya sempatkan waktu untuk olahraga agar kondisi tubuh kembali fit. Konsumsi makanan yang bergizi serta kaya akan vitamin dan serat.

Nah, demikianlah sekilas tips agar Anda bisa selalu fit dalam menjalani rutinitas pekerjaan Anda. Semoga stamina dan kesehatan Anda tetap terjaga.

Tinggalkan komentar