Panduan Meningkatkan Rasa Pede Saat Interview Kerja

Ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan, ada beberapa tahapan yang harus dihadapi oleh si pelamar. Salah satunya adalah interview. Interview merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Kegiatan ini dilakukan guna mendapatkan informasi yang diperlukan dari narasumber. Informasi yang disampaikan oleh narasumber atau si pelamar kerja akan menjadi tolok ukur diterima atau tidaknya bekerja di perusahaan tersebut.

Oleh karena itulah, beberapa orang merasa kurang percaya diri ketika dilakukan wawancara. Mereka takut jawaban yang disampaikan akan membuat gagal mendapat pekerjaan. Namun, berikut akan diberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar percaya diri sebelum wawancara kerja.

Memastikan Diri bahwa Ini Pekerjaan yang Diinginkan

Pastikan pada diri sendiri bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan yang diharapkan sejak dulu. Ini merupakan kesempatan emas bagi diri Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut. Yakinkan diri kalau perusahaan ini akan memberikan keuntungan yang baik dan akan terjadi hubungan timbal balik yang saling menguntungkan.

Tetapi, rasa yakin yang berlebihan akan membuat Anda merasa memiliki kelebihan tanpa menyadari kekurangan yang dimiliki. Sebaiknya tetap yakin dan selalu rendah diri di hadapan pewawancara agar Anda disegani oleh si pewawancara.

Berpikir Positif

Selalu berpikir positif dalam segala hal. Ketika Anda berpikir positif maka segala sesuatu akan terjadi sesuai dengan harapan Anda. Rasa percaya diri akan meningkat apabila Anda berpikir positif terhadap sesuatu yang akan Anda alami. Tarik nafas yang dalam selama tida detik lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan secara berulang hingga Anda merasa lebih nyaman dan tenang dalam menghadapi wawancara.

Latihan Wawancara

Agar persiapan Anda lebih matang, Anda bisa melakukan latihan wawancara terlebih dahulu. Buat daftar pertanyaan wawancara yang biasa ditanyakan ketika wawancara. Anda bisa mencari daftar pertanyaan di internet atau buku sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Kemudian, minta teman untuk menguji Anda berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat.

Berjalan dengan Yakin

Cara berjalan yang tersendat-sendat akan mempengaruhi rasa percaya diri Anda kurang. Ketika memasuki ruangan, berjalan dengan yakin dan tegak, senyum, dan ingat menjabat jangan pewawancara agar Anda terlihat sopan dan ramah. Selalu tenang dan yakin bahwa Anda lulus tahap interview.

Nah, demikianlah sekilas tips dalam mempersiapkan diri agar lebih percaya diri saat menjalankan aktivitas wawancara kerja. Semoga usaha Anda membuahkan hasil optimal, dan diterima di tempat kerja favorit Anda.

Tinggalkan komentar