4 Kegiatan Produktif Saat Masih Menganggur

Sulit sekali memang apabila kita resign dari pekerjaan karena sesuatu dan lain hal, atau mungkin kena pemutusan hubungan kerja akibat perusahaannya bangkrut dan itu membuat kita menjadi pengangguran. Meskipun anda sudah mengirimkan surat lamaran ke beberapa perusahaan dan kini tinggal menunggu panggilan kerja dari perusahaan yang membutuhkan kinerja Anda, itu memerlukan proses yang panjang.

Selama Anda menunggu panggilan kerja, Anda tentu membutuhkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Sedangkan Anda tidak mempunyai pekerjaan sampingan yang dapat menghasilkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selagi menunggu panggilan kerja, ada baiknya melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang selagi menganggur.

1. Kembangkan Keahlian

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh seorang pengangguran adalah bermalas-malasan dirumah sambil menunggu panggilan kerja. Dan itu tidak akan bermanfaat bagi diri Anda. Sebaiknya kembangkan keahlian yang Anda miliki. Mengadakan kursus misalnya. Selain mengisi waktu luang, Anda juga akan mendapatkan sedikit pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Kerja Freelance

Kerja Freelance yang hanya menghabiskan separuh waktu Anda akan membantu meningkatkan kemampuan, pengalaman, serta penghasilan pula. Ini juga membantu Anda membiasakan diri untuk bekerja. Anda tidak akan kelabakan apabila Anda diterima bekerja ditempat yang baru karena Anda sudah terbiasa bekerja selama menjadi pengangguran.

3. Menjadi Sukarelawan

Pekerjaan yang paling mulia adalah menjadi sukarelawan. Tidak hanya dituntut oleh pekerjaan, kita bisa mengamalkan tenaga dan keringat untuk mereka yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, Anda juga mendapatkan pengalaman yang sangat berharga yang tak kan pernah terlupakan. Dengan menjadi sukarelawan sementara, Anda juga bisa sharing kepada teman-teman di sekeliling Anda tentang pekerjaan yang pas buat Anda.

4. Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan

Ketika Anda masih menganggur, maka salah satu aktivitas penting yang bisa diupayakan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait lowongan kerja atau peluang usaha yang prospektif. Saat ini ada banyak media yang bisa Anda gunakan, baik melalui media cetak, televisi, hingga internet, misalnya media sosial. Siapa tahu, ada satu dua lowongan yang membuat Anda tertarik dan sesuai dengan bakat kemampuan Anda.

Nah, demikianlah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika masih belum memiliki pekerjaan, atau saat job sedang sepi. Semoga semuanya akan kembali normal, dan Anda memperoleh penghasilan yang diharapkan.

Tinggalkan komentar