5 Cara Tingkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Riset global yang dilakukan oleh perusahaan pelatihan profesional Roar Training mengungkapkan bahwa hanya 4% karyawan yang merasa percaya diri di tempat kerja. Ini artinya sekitar 96% pekerja merasa kurang pede saat berada di tempat kerjanya karena berbagai faktor tertentu. Apakah Anda merupakan salah satunya? Lalu, bagaimana cara dan upaya agar tetap confidence di tempat kerja?

Pelatih kepercayaan diri, Kirsty Hulse telah menyusun daftar 5 cara cepat dan tepat untuk memerangi krisis kepercayaan diri. Nah, apa saja kiat-kiat tersebut?

1. Tetapkan Ambisi Anda

Tentukan dan tetapkan ambisi untuk menjadi pemacu semangat buat diri sendiri. Tulis keinginan dan ambisi Anda. Berkomitmenlah secara penuh untuk mencapai ambisi tersebut. Kita tidak dapat mengembangkan kepercayaan diri dalam semalam, tetapi niat yang kukuh memberi tahu kita bahwa kita layak dicoba.

2. Buat Riwayat Perjalanan Anda

Kita sering fokus pada apa yang ada di depan, lupa untuk merenungkan seberapa jauh kita telah melangkah. Akui dan integrasikan pertumbuhan Anda dengan mencatat kemenangan secara konsisten dan ingatkan diri Anda saat Anda membutuhkannya.

3. Mintalah Umpan Balik (Feed Back)

Terkadang, kita hanya butuh kepastian. Tanyakan kepada orang-orang yang dapat Anda percayai di sekitar Anda. “Menurutmu apa yang aku lakukan dengan baik? Apa bakatku?” Jawabannya akan sering mengejutkan Anda.

4. Berhenti Mengatakan Stop

Ketika kita ingin lebih percaya diri, kita cenderung mengatakan “stop gugup, stop berpikir berlebihan.” Sebaliknya, pikirkan tentang apa yang Anda butuhkan untuk memulai agar hal itu terjadi. Ini memberi kita arahan dan menggerakkan kita dari penilaian ke tindakan.

5. Pikirkan tentang Siapa Anda

Pikirkan tentang siapa Anda ketika Anda percaya diri. Apa yang Anda pakai? Bagaimana Anda berdiri? Bagaimana Anda berbicara? Bagaimana Anda memperlakukan orang lain? Miliki gambaran mental yang jelas dan mulailah dengan mencoba mewujudkannya selama beberapa saat setiap hari.

Nah, demikianlah sederet tips untuk meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja. Meningkatkan kepercayaan diri bukanlah perbaikan instan, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, konsistensi dan kepercayaan diri 96% orang yang merasa tidak percaya diri dapat mengalami hasil yang transformatif.

Tinggalkan komentar