10 Ciri dan Karakter Khas Kepribadian Introvert

Apa yang Anda ketahui tentang individu yang introvert? Mungkin Anda berpikir sosok yang anti sosial, pendiam, dan suka menyendiri? Sebenarnya seorang introvert adalah salah satu kepribadian manusia yang ada di muka bumi ini, yang merupakan kebalikan dari ekstrovert.

Dibandingkan dengan ekstrovert, kepribadian introverts sering dikaitkan dengan sesuatu yang negatif karena mereka adalah orang-orang yang cenderung kalem, dingin, misterius dan terlihat suka menyendiri dan beberapa bahkan berpikir bahwa mereka anti-sosial dan sombong. Pada artikel ini, kami paparkan sederet sifat dan ciri khas orang-orang yang tergolong sebagai pribadi yang introvert.

1. Introvert sangat menikmati “me time”

Orang-orang introverts cenderung sangat menikmati waktu sendirian. Saat ekstrovert bosan saat sendirian di rumah, individu introverts justru merasa lebih tenang dan bahagia. Selama menikmati waktu “me time” tersebut, introvert biasanya akan menghabiskan masa untuk berpikir dan melamun, terkadang merenung, dan juga berbicara sendirian (monolog).

2. Bukan anti-sosial tetapi sangat selektif

Individu yang berkepribadian introverts bukanlah sosok yang anti-sosial seperti yang diklaim masyarakat, tetapi mereka lebih cenderung dan berhati-hati dalam berteman. Para introverts selalu ingin mengenal karakter seseorang sebelum berteman dekat dengannya.

3. Keramaian dan kerumunan adalah hal yang tak menyenangkan

Bagi seorang introvert, suasana yang ramai dan riuh banyak orang adalah sesuatu yang memusingkan. Bukannya takut dengan seseorang, namun introvert sering merasa tidak nyaman saat bersama dengan orang-orang yang tak begitu dikenal. Bila Anda merasa tidak sabar untuk pulang karena ingin menghindari bergaul dengan sekelompok orang yang membicarakan hal-hal yang tidak penting, apalagi Anda sama sekali tidak tahu apa-apa, maka Anda tergolong introverts.

4. Lebih nyaman “nongkrong” dengan orang yang dikenal

Individu introverts biasanya jarang pergi ke acara yang ramai. Kadang-kadang, mereka akan pergi ke acara seperti itu tetapi untuk waktu yang sebentar saja. Introverts lebih nyaman dengan orang yang sudah dikenal dan akrab, sehingga merasa lebih aman dan nyaman.

5. Introverts adalah pendengar yang baik

Orang-orang introverts biasanya adalah pendengar yang baik. Mereka bersedia mendengarkan, mengamati, dan memahami orang lain. Tapi cenderung tidak aktif memberi jawaban atau tanggapan. Mereka hanya akan menjawab jika seseorang meminta tanggapannya.

6. Selalu berpikir sebelum berbicara

Introvert adalah kelompok individu yang sangat berhati-hati dalam berbicara. Mereka biasanya selalu berpikir dua kali sebelum melakukan tindakan. Seringkali mereka akan menghindari menyajikan sesuatu yang tidak berguna. Setiap kali mereka berdebat, mereka akan berpikir secara mendalam agar apa yang disajikan berkualitas dan bermanfaat, bukan hanya gosip semata.

7. Introvert suka menulis

Introvert lebih suka berkomunikasi melalui tulisan (teks) daripada lisan. Kebanyakan introvert, seperti penulis JK Rowling mengatakan bahwa dia merasa paling kreatif ketika memiliki waktu untuk menyendiri dengan pikirannya.

8. Menghindari telefon dan lambat dalam membalas pesan

Mereka bukan orang yang nyaman mengobrol di telepon. Sering kali merasa jika ponselnya mengganggu fokusnya pada sesuatu. Hanya orang-orang tertentu yang dapat melakukan percakapan yang baik melalui telepon.

Kemampuan komunikasi yang praktis memang menjadi kendala bagi warga introverts. Ketika seseorang mengiriminya pesan (SMS/Chat), mereka cenderung tidak langsung membalasnya. Mereka memilih untuk membalas pesan dalam keadaan siap, dan tentunya dengan pilihan kalimat yang lebih baik.

9. Suka mengamati keadaan sekitar

Sifat yang suka menyendiri membuat para introverts akan antusias dalam mengamati lingkungan sekitar secara detail. Mereka mencoba menyelami dan mencari tahu apa yang terjadi dengan situasi di sekitarnya.

10. Tidak suka perhatian

Terkadang introvert cenderung menghindari orang-orang di sekitarnya. Perhatian bukanlah sesuatu yang disukai. Introvert tidak suka caper (cari perhatian), dan bahkan bisa menjadi tegang atau malu manakala banyak orang tertuju padanya.

Nah, demikianlah sederet ciri dan karakter khas seseorang yang dikatakan introvert. Adakah semua itu di dalam diri Anda?

Tinggalkan komentar