10 Aktor – Aktris Korea yang Punya Agensi Sendiri

Sebuah agensi memiliki peran yang sangat besar bagi aktor dan aktris di dunia hiburan Korea Selatan. Mulai dari mengurus job atau pekerjaan hingga melindungi privasi si aktor dan aktris itu sendiri. Beberapa nama aktor dan aktris terkenal di Korea Selatan berhasil mendirikan sebuah agensi dan menjadi CEO dari agensi yang didirikannya tersebut. Tidak hanya menaungi dirinya sendiri saja, agensi-agensi yang didirikan oleh para aktor dan aktris tersebut bahkan sudah mampu merekrut talent-talent baru hingga menjadi bintang besar di dunia musik dan akting.

Seakan tidak kalah dengan agensi yang sudah memiliki nama besar lainnya, beberapa nama aktor, aktris dan idol terkenal berada di bawah naungan agensi yang didirikan aktor dan aktris. Lantas siapa saja aktor dan aktris Korea Selatan yang mempunyai agensi sendiri? Berikut ini ulasannya!

1. Lee Seung Gi

Baru-baru ini, aktor kenamaan Lee Seung Gi berhasil mengejutkan para penggemarnya. Selain berita tentang hubungan kencannya dengan Lee Da In, lalu disusul dengan dirilisnya foto kebersamaannya, Lee Seung Gi juga mengejutkan para penggemarnya dengan berita hengkangnya ia dari agensinya yang terdahulu. Selama 17 tahun berkarir di bawah naungan Hook Entertainment, kini Lee Seung Gi telah menjadi CEO di dunia nyata. Lee Seung Gi bersama ayahnya mendirikan agensi baru bernama Human Made.

2. So Ji Sub

Aktor tampan yang membintangi drama Oh My Venus ini telah menjadi CEO dari agensi yang didirikannya. So Ji Sub mendirikan sebuah agensi yang bernama 51K. Agensi 51K milik So Ji Sub tersebut menaungi beberapa bintang-bintang ternama. Salah satu bintang yang berada dalam naungan agensi 51K miliki So Ji Sub ini yaitu Taecyeon 2PM.

3. Kim Nam Gil

Aktor tampan Kim Nam Gil ternyata menjadi CEO di dunia nyata. Kim Nam Gil mendirikan sebuah agensi bernama Gilstory Entertainment dengan bekerja sama dengan Han Jae Deok dari Sanai Pictures. Agensi Gilstory Entertainment memulai secara bertahap merekrut bintang-bintang baru dari berbagai bidang. Kim Mam Gil pun mengatakan jika agensi yang ia dirikan tersebut nantinya akan berfokus pada pengembangan aktor, aktris dan produksi konten.

4. Lee Jong Suk

Aktor tampan yang memiliki banyak penggemar ini ternyata pada tahun 2016 lalu pernah bergabung dengan agensi ternama di Korea Selatan yaitu YG Entertainment. Namun, Lee Jong Suk memutuskan hengkang dari YG Entertaiment setelah dua tahun bergabung yaitu pada tahun 2018. Dan tak butuh waktu lama baginya, aktor yang bermain dalam drama While You Were Sleeping ini pun mendirikan sebuah agensi bernama A-MAN Project.

5. Cha Tae Hyun

Aktor yang merupakan mantan lawan main Song Hye Kyo dalam film My Girl and I ini ternyata sudah menjadi CEO dalam perusahaan agensi yang ia dirikan. Pada tahun 2012, Cha Tae Hyun mendirikan sebuah agensi bernama Blossom Entertaiment. Sebelumnya, ia berada di bawah naungan Sidus HQ sejak awal debutnya hingga kontraknya habis pada tahun 2012 lalu. Diketahui Sidus HQ juga menaungi beberapa aktor dan aktris ternama di Korea Selatan seperti Park Bo Gum dan Jung So Min.

6. Hyun Bin

Kekasih dari aktris cantik Son Ye Jin ini mendirikan sebuah agensi bernama VAST Entertainment pada tahun 2015 dan Hyun Bin menjadi CEO di perusahaan tersebut. Bahkan kini agensi VAST Entertainment milik Hyun Bin ini menjadi salah satu agensi ternama di Korea Selatan. Selain menaungi Hyun Bin, VAST Entertainment juga menaungi beberapa aktor dan aktris lainnya seperti Stephanie Lee, Shi Do Hyun dan Lee Yeon Hee.

7. Bae Yong Jun

Aktor senior yang terkenal dengan dramanya yang berjudul Winter Sonata beberapa tahun lalu ini telah menjadi CEO dari agensi yang ia dirikan. Bae Yoong Joon mendirikan agensi bernama KeyEast Entertainment. KeyEast Entertainment telah resmi diakuisisi oleh SM Entertainment pada tahu 2018. KeyEast Entertaimen milik Bae Yoong Joon ini telah menaungi beberapa aktor tampan dan aktris cantik di antaranya Moon Ga Young, Kim Dong Wook, Woo Do Hwan dan Hwang In Yeop.

8. Jang Dong Yoon

Aktor tampan pendatang baru yang terkenal karena perannya dalam drama saeguk berjudul The Tale of Nokdu ini ternyata sudah berdiri sendiri dengan agensinya. Jang Dong Yoon telah mendirikan agensi bernama Dongyi Company. Sebelumnya Jang Dong Yoon bergabung dalam Clover Company dan mendirikan agensinya sendiri ketika kontraknya dengan Clover Company berakhir.

9. Song Seung Heon

Aktor tampan yang menjadi lawan main Song Hye Kyo dalam drama berjudul Autumn in My Heart ini mendirikan agensi beberapa tahun lalu. Song Seun Hoon mendirikan agensi yang bernama Better Entertainment. Beberapa nama bintang terkenal pun pernah dinaungi oleh Better Entertainment seperti dirinya sendiri, Lee Chul Min, Choi Sung Joon, Lee Ju Yeon dan Hyun Seung Min. Pada tahun 2019, song Seung Heon malah meninggalkan agensi yang ia bangun dan lebih memilih bergabung dengan KingKong dari Starship.

10. Kim So Hyun

Aktris cantik Kim So Hyun ternyata pernah mendirikan agensi sendiri bernama E&T Story Entertainment. Setelah kontraknya dengan Sidus HQ berakhir, Kim So Hyun mendirikan independent agensi E&T Story Entertainment yang saat ini sudah bekerja sama dengan LEON Entertainment. Namun pada Januari 2021 lalu, Kim So Hyun memilih keluar dari E&T Entertainment dan kabarnya masuk ke Culture Depot.

Nah, itu dia beberapa nama aktor dan aktris Korea Selatan yang sedang dan pernah menjadi CEO dari perusahaan agensi yang mereka bangun sendiri. Jika seandainya kalian sebagai artis baru, kalian lebih memilih bergabung di agensi milik siapa?

Tinggalkan komentar