5 Platform Sosial Media Terbaik untuk Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan (customer care) adalah unsur penting untuk kesuksesan setiap bisnis. Layanan pelanggan meningkatkan hubungan pelanggan yang lebih baik, sehingga berdampak pada penjualan dan loyalitas pelanggan secara positif.

Di sisi lain, media sosial bukan hanya platform periklanan dan pemasaran saja, tetapi juga tempat atau wadah komunitas kepedulian yang menciptakan podium (panggung), agar terlibat dan berinteraksi dengan pelanggan untuk meningkatkan image baik Anda.

Menurut Websitebuilder Inggris, 29% dari semua kelompok umur mengeluh melalui media sosial tentang dukungan pelanggan suatu merek. Perlu diketahui, 95% bisnis menunjukkan bahwa layanan pelanggan mereka memiliki dampak langsung pada citra merek menurut website builders. Jadi, para pelaku bisnis disarankan untuk memanfaatkan media sosial sebagai media layanan pelanggan. Lalu, platform mana yang terbaik?

Twitter

Menurut Websitebuilder uk, interaksi melalui Twitter telah meningkat menjadi 250% dari tahun 2014. Selain itu, 80% permintaan layanan pelanggan sosial berasal dari twitter, sementara di sisi lain brand menerima 60 pesan per 1000 pengikut di Twitter setiap bulan. Penting untuk mengumpulkan dan menganalisis setiap informasi untuk memahami jenis kekhawatiran yang diajukan oleh klien melalui media sosial. Merek terkenal di platform ini adalah Tesco, Amazon, dan Xbox.

Facebook

Hampir 79% pengguna internet dewasa menggunakan Facebook, sementara di sisi lain tingkat respons relatif di Facebook adalah 59,4%. Ekspektasi layanan pelanggan media sosial makin meningkat sekarang, dan pelanggan berharap dan mengamati sebuah merek untuk membangun pengalaman tanpa batas yang bertahan di timeline Facebook. Perusahaan yang paling terkenal dalam pemanfaatan media sosial ini adalah Sony, Air Asia, dan Nike.

Untuk sukses menggunakan media sosial ini, sebuah perusahaan atau brand harus menjalin keterikatan dan interaksi yang optimal kepada pelanggannya. Sebagian besar pelanggan cenderung tidak melakukan pembelian (transaksi) dari pebisnis yang meninggalkan sebagian besar pertanyaan tidak terjawab. Jumlah relatif kueri di Facebook adalah 40,7%.

Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial terbaik dan paling cepat berkembang bagi suatu merek untuk berinteraksi dengan klien mereka. Merek-merek top telah menerima rata-rata 216 komentar di Instagram karena tingkat keterlibatan Instagram mencapai 58 kali lebih banyak per pengikut daripada di Facebook dan 120 kali lebih banyak per pengikut di twitter. Brand yang paling terkenal di Instagram antara lain Starbucks, Sephora, dan Vega.

Snapchat

Jumlah snap dan live video tentang cara kerja layanan / produk telah meningkat 400% dari tahun 2015 membuat Snapchat menjadi platform yang populer. Cisco, Everlane, dan McDonald’s adalah merek paling terkenal di sini.

Sebuah perusahaan startup dari Amerika Serikat, Birchbox, telah menerima 30 panggilan dalam satu jam setelah menguji fitur panggilan telepon Snapchat pada tahun 2016 di mana 85% orang Amerika berusia antara 13 dan 34 tahun adalah pengguna Snapchat. Ini memungkinkan Anda untuk mendukung klien Anda dalam format pilihan mereka.

Pinterest

Sekitar 65% populasi dunia adalah pembelajar visual, di mana 83% pengguna Pinterest memilih untuk mengikuti merek daripada selebriti. Merek yang paling terkenal adalah Ben & Jelly, Burberry, dan Whole Foods. Ada 72% pinners lebih memilih Pinterest untuk memutuskan apa yang akan dibeli secara offline. Pinterest biasanya digunakan melalui ponsel. Pinterest adalah platform layanan pelanggan platform yang ramah, efisien, dan problem-solving.

Layanan Pelanggan Media Sosial – Kesimpulan

Nah, demikianlah lima platform media sosial terbaik untuk mengakomodasi layanan pelanggan Anda. Layanan pelanggan media sosial cenderung lebih hemat biaya karena meningkatkan pendapatan bisnis.

Tujuan setiap perusahaan adalah untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, setiap bisnis harus menanganinya dengan serius dan memastikan bahwa mereka menyediakan waktu sesingkat mungkin untuk menanggapi keluhan pelanggan terkait produk / layanan mereka di media sosial.

Tinggalkan komentar