Inilah Periode Terbaik Memotong Rambut Menurut Jenisnya

Dalam perawatan rambut, salah satu hal yang cukup penting adalah menentukan kapan waktu yang tepat untuk memotongnya. Jika kita terlalu sering memotongnya, maka itu dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Sebaliknya, jika terlalu jarang untuk memotongnya, maka rambut bisa berubah menjadi tak sehat, ibarat jerami.

Lalu, kapan atau seberapa lama waktu yang tepat untuk memangkas rambut kita? Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memotong dan menata rambut Anda sesuai dengan jenisnya.

Mengutip dari laman Bright Side, dalam mempertahankan tampilan rambut Anda yang indah, disarankan untuk memotongnya berdasarkan tekstur rambut Anda, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Rambut Tipis

Rambut yang agak tipis cenderung mudah patah. Selain itu, juga lebih berpotensi kehilangan style rambut lebih cepat. Oleh karena itu, untuk menjaga gaya rambut Anda tetap indah dan untuk mencegah kerusakan, maka disarankan untuk memangkas atau memotong rambut setiap 2 bulan.

2. Rambut Tebal

Memiliki rambut lurus dan tebal tentu membuat seseorang lebih santai dalam perawatannya. Anda tidak perlu menunggu waktu lama atau periode yang cepat untuk memotongnya. Jika Anda memiliki rambut tebal, Anda bisa memangkasnya setiap 4-6 bulan sekali. Jika terlalu lama, itu sering kali membuat rambut kusut atau tergerai berantakan.

3. Rambut Keriting

Jenis rambut ini sebenarnya bisa menunggu lebih lama sebelum Anda memangkasnya. Hal ini karena bahkan ketika mulai tumbuh tidak akan terlihat jauh berbeda. Jika Anda ingin membiarkan rambut Anda tumbuh, potonglah setiap 6 bulan. Tetapi jika Anda ingin mempertahankan panjang dan style rambut Anda, potong setiap 3 bulan.

4. Rambut Afro atau Kribo (Coily)

Rambut jenis ini memiliki tingkat keikalan sangat rapat dan memiliki volume cenderung lebat. Secara umum, model rambut ikal ini juga mudah terlihat mengembang menyerupai topi atau helm besar apabila berada dalam kondisi kering.

Jika rambut Anda bertipe coily, dan ingin mempertahankan mode keikalan tersebut, Anda bisa memangkasnya setiap 6 sampai 12 minggu sekali. Jika rambut Anda rusak atau diwarnai karena panas, akan lebih baik untuk memotongnya setiap kali Anda mewarnainya. Ini akan mencegah pemrosesan yang berlebihan pada ujungnya.

5. Rambut Lurus atau Bergelombang Tipe Fine Hair

Fine hair atau rambut dengan tekstur halus adalah kondisi rambut dengan ukuran diameter helai yang lebih kecil dibandingkan dengan rambut normal pada umumnya. Kunci untuk memiliki rambut lurus atau bergelombang yang terawat dengan baik adalah dengan sering membentuk ulang tanpa memotong terlalu banyak. Untuk hasil terbaik, potong sekali setiap 10 minggu atau 3 bulan untuk menjaga rambut Anda tetap mempesona.

6. Rambut Rusak

Jika rambut Anda rawan bercabang, Anda memanaskannya, atau Anda mengecatnya secara teratur, lebih baik Anda memangkasnya setiap 8 minggu sekali (6-12 minggu). Ini akan membantu rambut Anda tetap sehat. Potongan rambut yang sering akan membantu mencegah kerusakan dan kekeringan yang berlebihan. Ini tidak berarti bahwa Anda harus memotong terlalu banyak setiap kali, karena trim / potongan halus akan sesuai untuk itu.

Tinggalkan komentar