10 Tips Menangani Bisnis yang Tumbuh Berkembang

Saat menjalankan bisnis, Anda pasti akan terus berupaya untuk mendorong pertumbuhannya. Setelah mulai lepas landas, sering kali ada serangkaian tantangan baru yang harus diatasi. Berikut adalah beberapa tip yang rasanya berguna saat menavigasi periode pertumbuhan dan ekspansi bisnis.

1. Jangan Kehilangan Visi dan Misi

Melihat bisnis mulai tumbuh dan berkembang, itu pasti menyenangkan. Tetapi penting untuk tetap fokus pada misi Anda. Bisnis yang berkembang pesat terkadang dapat lepas landas ke arah yang tidak sejalan dengan misi inti Anda. Periode pertumbuhan adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan dan menyesuaikan kembali dengan konsep awal Anda.

2. Coba Belajar Mendelegasikan

Sebagai seorang pengusaha, Anda biasanya memulai dengan menangani hampir setiap aspek dari bisnis Anda. Saat bisnis mulai berkembang, Anda sebaiknya mencoba mendelegasikan beberapa hal untuk mengelola beban kerja Anda.

Jika Anda merasa kewalahan menangani pertumbuhan usaha Anda baru-baru ini, lihatlah kembali tanggung jawab yang Anda pikul. Apakah ada aspek beban kerja Anda yang dapat ditangani secara efisien oleh orang lain? Jika ada, cobalah mendelegasikan beberapa tugas yang dulu Anda kerjakan kepada seseorang yang dipercaya.

3. Rekrut Karyawan yang Berbudaya Kerja

Retensi bakat berkualitas sangat penting untuk kesuksesan bisnis jangka panjang. Saat mencari karyawan baru, pertimbangkan bagaimana kinerja kandidat dalam budaya unik perusahaan Anda. Tentu saja, kredensial atau ijazah itu penting, tetapi kandidat yang terlihat paling baik di atas kertas tidak selalu yang paling cocok.

4. Dengarkan Pelanggan Anda

Pelanggan adalah kekuatan hidup sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, jangan pernah kehilangan kontak dengan apa yang diinginkan pelanggan dari merek Anda. Terutama dalam periode pertumbuhan yang cepat, pastikan untuk fokus pada pengalaman pelanggan. Anda dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli melalui komunikasi yang bermakna dan permintaan umpan balik.

5. Dorong Umpan Balik Karyawan

Berbicara tentang umpan balik, selain dari pelanggan, penting juga untuk mendengarkan karyawan Anda. Selama periode pertumbuhan, banyak hal berubah dan karyawan menjadi sumber informasi yang tak ternilai. Pemahaman mereka tentang apa yang perlu direvisi atau ditingkatkan dapat membantu bisnis Anda tumbuh dengan anggun dan gesit.

6. Lakukan Analisa Terhadap Inefesiensi Anda

Selain mendengarkan umpan balik karyawan mengenai cara-cara untuk meningkatkan bisnis Anda, cari dan temukan inefisiensi (ketidak efisienan) dalam proses yang Anda jalani selama ini. Apakah ada tugas manual yang bisa diotomatisasi? Apakah karyawan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk tugas yang tidak menguntungkan produktivitas secara keseluruhan?

7. Kurangi Risiko Regulasi

Bisnis yang sedang berkembang harus memperhatikan peraturan pemerintah dan kebijakan industri terbaru. Pertumbuhan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti memperluas pasar Anda, memanfaatkan saluran penjualan baru, bekerja sama dengan distributor, meluncurkan produk baru, dan lainnya. Perubahan besar seperti ini mungkin berarti berurusan dengan peraturan baru atau berbeda. Pastikan dengan cermat bahwa Anda mematuhinya.

8. Integrasikan Proses Anda

Ketika sebuah bisnis baru saja dimulai, keputusan sering dibuat untuk menggunakan solusi perangkat lunak yang paling ekonomis. Ini bisa berarti menggabungkan banyak sistem yang berbeda bersama-sama, yang bisa sangat bermasalah selama periode pertumbuhan tinggi. Sistem yang berbeda akan berjuang untuk memenuhi permintaan, menyebabkan masalah internal serta pengalaman pelanggan yang berkurang.

Beralih ke sistem manajemen bisnis yang komprehensif memungkinkan semua departemen untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengakses semua data yang Anda butuhkan kapan saja, daripada harus mengumpulkannya dari berbagai program.

9. Jadikan Skalabilitas sebagai Prioritas

Saat memikirkan tentang cara mengarahkan pertumbuhan dalam bisnis Anda, selalu pertimbangkan skalabilitas keputusan Anda. Permintaan berfluktuasi dari waktu ke waktu, dan (jika keadaan terus berjalan seperti ini) Anda perlu memperhitungkan lebih banyak pertumbuhan di masa mendatang. Pastikan solusi yang Anda terapkan sekarang, juga dapat mendukung pertumbuhan di masa depan.

10. Bawa Pakar

Semua ini mungkin terdengar menakutkan atau melelahkan untuk Anda tangani sendiri, tetapi kabar baiknya adalah Anda tidak perlu melakukannya! Bermitralah dengan seseorang yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda dan temukan solusi perangkat lunak yang membuat proses bisnis lebih lancar dan efisien.

Tinggalkan komentar