10 Perusahaan Pendanaan Modal Ventura Terbesar di AS

Ketika berbicara tentang peringkat sepuluh besar dana modal ventura di Amerika Serikat, ada banyak cara untuk melakukannya. Anda dapat melihatnya berdasarkan aset yang dikelola dan cadangan moneter atau aliran kesepakatan keuangan. Anda bisa melihatnya berdasarkan faktor yang lebih subjektif juga. Dikutip dari valuewalk.com, berikut daftar 10 besar dana modal ventura di AS berdasarkan kombinasi faktor-faktor tersebut.

1. Tiger Global Management

Nomor satu dalam daftar 10 besar dana modal ventura di Amerika Serikat adalah Tiger Global Management, yang berfokus pada perusahaan swasta dan publik di sektor internet, fintech, perangkat lunak, dan konsumen. Perusahaan berkomitmen pada tahap awal, tahap akhir, pasca-IPO, ekuitas swasta dan investasi pasar sekunder.

Tiger Global Managment juga merupakan dana lindung nilai, tetapi menurut Bloomberg, sekitar setengah dari $ 36 miliar aset yang dikelola ada di unit modal ventura. Di antara investasi modal ventura perusahaan adalah Flipkart, yang merupakan salah satu kemenangan terbesar Tiger Global.

2. Andreessen Horowitz

Marc Andreessen dan Ben Horowitz mendirikan Andreesen Horowitz pada tahun 2009. Perusahaan ini berinvestasi pada perusahaan rintisan dan pertumbuhan tahap awal di bidang seluler, e-commerce, game, sosial, pendidikan, komputasi awan, dan perangkat lunak sebagai layanan.

Andreessen Horowitz memimpin putaran pendanaan $ 150 juta untuk platform video game sosial Roblox tahun ini. Investasi profil tinggi lainnya selama bertahun-tahun termasuk BuzzFeed, Lyft, Oculus VR, GitHub, Skype, Twitter, Facebook, Zynga, Airbnb, Jawbone, Stripe dan Groupon.

Perusahaan juga telah berinvestasi di beberapa perusahaan terkait cryptocurrency dan merestrukturisasi tahun lalu untuk dapat melakukan investasi dalam cryptocurrency secara langsung. Beberapa investasi kripto termasuk pertukaran kripto Coinbase, Ripple, startup blockchain OpenBazaar, dan CryptoKitties.

3. Kleiner Perkins

Kleiner Perkins mengkhususkan diri pada perusahaan startup dan telah mendukung beberapa nama besar sejak didirikan pada tahun 1972. Perusahaan ini termasuk dalam daftar 10 firma modal ventura teratas karena telah berinvestasi dalam beberapa bisnis yang sangat sukses selama bertahun-tahun. Di antara perusahaan yang didukungnya adalah Amazon, Beyond Meat, Electronic Arts, Google, Nest, Snap dan Twitter, di antara banyak lainnya. Amazon, khususnya, membayar perusahaan tersebut, karena merupakan salah satu investor pertama raksasa e-niaga itu.

Kleiner Perkins memiliki sekitar $ 9 miliar dalam 19 dana modal ventura berbeda dan empat dana pertumbuhan pada tahun lalu. Perusahaan telah berinvestasi pada tahap awal lebih dari 900 perusahaan di sektor teknologi dan ilmu hayati sejak didirikan.

4. Accel

Accel telah mendanai deretan nama-nama besar selama bertahun-tahun, termasuk Facebook, Dropbox, Jet.com, Spotify , Etsy, GoFundMe, Cloudera, Lynda.com, Trulia, Flipkart, DJI dan Rovio. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1983 oleh Jim Swartz dan Arthur Patterson, yang mengembangkan filosofi di balik strateginya, yang mereka sebut “Prepared Mind” mengacu pada kutipan dari Louis Pasteur.

Accel memiliki kantor dan dana di Inggris, Cina dan India selain dana AS-nya. Perusahaan berinvestasi dalam startup tahap awal dan putaran pendanaan pertumbuhan, terutama dalam teknologi informasi, media digital, jaringan, perangkat lunak, dan seluler.

5. Sequoia Capital

Perusahaan ini mengelola banyak dana, termasuk beberapa yang khusus untuk Israel, Cina , India, dan Asia Tenggara. Sequoia Capital memiliki kantor di seluruh dunia, termasuk kantor pusatnya di Menlo Park, California dan kantor di Mumbai, Tel Aviv, Hong Kong dan Beijing.

Sequoia Capital berinvestasi di perusahaan swasta dan publik dan berspesialisasi dalam investasi tahap awal, inkubasi, startup, perusahaan rintisan pemula, dan pertumbuhan. Di antara perusahaan tempat Sequoia Capital berinvestasi adalah Apple, Google, PayPal, NVIDIA, Yahoo!, Instagram, YouTube, WhatsApp, Stripe, LinkedIn, dan banyak lainnya.

6. Bessemer Venture Partners

Bessemer Venture Partners berakar pada bisnis keluarga yang didirikan pada tahun 1911 oleh salah satu pendiri Carnegie Steel, Henry Phipps. Perusahaan itu berkembang melampaui manajemen aset keluarga dan mendirikan firma modal ventura pada tahun 1974. Bessemer Venture Partners membuka kantor di Silicon Valley pada tahun 1975 dan sejak itu berkembang ke India dan Israel.

Di antara perusahaan yang diinvestasikan Bessemer adalah Shopify, Box, Zoom, Twitch, dan LinkedIn. Perusahaan berinvestasi pada perusahaan teknologi swasta rintisan, startup, dan perusahaan berkembang. Ini sebagian besar berfokus pada perawatan kesehatan, konsumen, dan perusahaan enterprise. Pada tahun lalu, Bessemer telah berinvestasi di lebih dari 120 penawaran umum perdana, termasuk Yelp, Skype, Twilio, Pinterest, dan LifeLock.

7. Founders Fund

Founders Fund berinvestasi di semua sektor dan tahapan, yang mencakup beragam perusahaan. Di antara perusahaan yang didanai adalah Airbnb, Spotify, Stripe, Lyft, Facebook, dan SpaceX. Mitra perusahaan juga terkenal, terutama Peter Thiel dan Ken Howery dari popularitas PayPal.

Meskipun Founders Fund berlokasi di Silicon Valley, itu tidak hanya terbatas pada perusahaan teknologi seperti kebanyakan dana modal ventura Silicon Valley. Dari perusahaan tempat perusahaan berinvestasi, 37 adalah unicorn, sementara tujuh adalah decacorn. Lima belas perusahaan rintisan telah mengumpulkan lebih dari $ 1 miliar.

8. Y Combinator

Perusahaan ini menyediakan uang awal untuk mempercepat startup dan telah meluncurkan ribuan perusahaan sejak didirikan pada tahun 2005. Di antara perusahaan-perusahaan besar yang diluncurkan menggunakan uang dari Y Combinator adalah Airbnb, Stripe, DoorDash, Dropbox, Coinbase, Twitch, Instacart dan Reddit.

Menariknya, perusahaan itu sendiri mendapat keuntungan dari modal ventura, setelah menerima dana dari Sequoia Capital dan penyandang dana lainnya setidaknya dalam dua putaran pendanaan untuk membantunya memperluas jumlah startup yang dapat diinvestasikan. Y Combinator tidak hanya menyediakan uang awal tetapi juga koneksi dan nasihat. Sebagai gantinya, dibutuhkan 7% saham perusahaan tempat mereka berinvestasi. Perusahaan memilih setidaknya dua batch perusahaan setiap tahun.

9. Benchmark

Benchmark adalah perusahaan yang berbasis di San Francisco yang mengkhususkan diri pada uang awal untuk startup. Investasinya yang paling sukses adalah eBay, di mana ia menginvestasikan $ 6,7 juta untuk 22,1% saham perusahaan. Perusahaan juga menginvestasikan $ 12 juta di Uber untuk 11% saham. Perusahaan ride-sharing ini sekarang memiliki kapitalisasi pasar hampir $ 65 miliar.

Benchmark telah berinvestasi di lebih dari 250 perusahaan rintisan sejak didirikan pada tahun 1995. Beberapa nama besar lainnya yang telah diinvestasikan termasuk AOL, Dropbox, Seeking Alpha, Snapchat, Twitter, Zillow dan Yelp.

10. 500 Startup

Firma ini memiliki kantor di seluruh dunia dan telah berinvestasi di lebih dari 1.000 startup sejak didirikan pada tahun 2010. Di antara perusahaan yang telah diinvestasikan adalah Credit Karma, Twilio, Visual.ly, Little Eye Labs, dan Makerbot. 500 Startups berspesialisasi dalam putaran angel and seed dan perusahaan tahap awal.

Tinggalkan komentar