5 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar di Dunia

Produk minyak bumi dan gas, terutama bensin dan solar telah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat dunia. Ini adalah bahan utama untuk penggerak moda transportasi dan pembangkit listrik. Minyak bumi juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan plastik, produk kimia, dan sejumlah produk berbahan sintesis. Banyak negara yang memperoleh manfaat besar dari produk minyak bumi tersebut, termasuk Indonesia.

Pada artikel ini, akan dipaparkan sederet negara yang memiliki stok cadangan minyak bumi terbesar di dunia. Sumber daya alam yang melimpah tersebut tentu merupakan pundi-pundi kekayaan bagi negara yang memilikinya.

Namun, teori tak selalu berjalan lurus. Ada sejumlah negara yang memiliki sumber minyak bumi yang melimpah tetapi masih menghadapi masalah ekonomi yang buruk. Negara mana sajakah dengan cadangan minyak bumi terbesar?

1. Venezuela (303 miliar barrel)

Venezuela adalah salah satu negara yang berada di kawasan Amerika Selatan. Meskipun negara ini memiliki cadangan minyak bumi terbesar, itu tidak serta merta menjadikan rakyat Venezuela sejahtera dan makmur. Negara dengan cadangan minyak 18% dari total cadangan global, merupakan negara yang sering terjadi konflik dan kemiskinan.

Sumber devisa negara ini, 90%-nya berasal dari hasil ekspor minyak bumi. Namun, infrastruktur ekstraksi minyak yang semakin tertinggal menyebabkan turunnya produksi minyak mentah. Ketidakcakapan dalam pengolahan minyak secara mandiri membuat Venezuela sangat tergantung pada teknologi negara-negara lain.

2. Arab Saudi (267 miliar barrel)

Sebagai negara Timur Tengah, Arab Saudi memang identik dengan industri produksi minyak. Perusahaan pertama yang melakukan pengeboran minyak bumi di Arab Saudi adalah US Standard Oil Company, pada tahun 1933. Sektor industri minyak bumi terus berkembang di Arab Saudi dan kini merupakan penyumbang 50% dari produk domestik bruto, dan sekitar 70% dari pendapatan ekspor.

Saudi Aramco merupakan perusahaan negara yang kini mengolah industri minyak di Arab Saudi yang memiliki sekitar 17 persen cadangan minyak dunia.

3. Kanada (167 miliar barrel)

Di urutan ke tiga dalam daftar negara pemilik cadangan minyak terbesar di dunia adalah Kanada. Negara yang beribukota Ottawa ini mempunyai cadangan minyak yang besar di provinsi barat Alberta. Lokasinya berada di daerah berpasir. National Geographic memberi label pengolahan minyak di Kanada sebagai “yang paling merusak lingkungan”. Hal ini karena proses ekstraksi pasir membutuhkan energi yang besar.

Selain untuk kebutuhan dalam negeri, hasil produksi minyak Kanada juga diekspor ke negara lain. Amerika Serikat menjadi negara pengimpor minyak bumi Kanada terbesar, dimana jumlahnya 43% dari total impor minyak mentah Amerika Serikat.

4. Iran (155 miliar barrel)

Negara di kawasan Timur Tengah ini juga memiliki cadangan minyak bumi yang besar. Namun, karena konflik dengan Amerika Serikat dan adanya sanksi embargo, Iran menghadapi kesulitan dalam mengembangkan industri ini. Keputusan untuk tidak menghentikan pengembangan senjata nuklir membuat negara-negara barat menjatuhkan sanksi untuk tidak bekerjasama dengan Iran.

Negara yang beribu kota Teheran ini mempunyai cadangan minyak yang besar, dan banyak lagi yang baru ditemukan. Pada tahun 2019 lalu, Iran mengumumkan telah menemukan cadangan minyak baru di provinsi Khuzestan barat sekitar 53 miliar barrel.

5. Irak (145 miliar barrel)

Kawasan jazirah Arab memang memiliki potensi sumber minyak mentah yang berlimpah, dan negara Irak salah satunya. Irak merupakan negara dengan cadangan minyak terbanyak ke lima di dunia. Peperangan dan konflik di negara tersebut menyebabkan hanya sedikit ladang minyak yang dieksplorasi.

Sektor energi minyak dan sumber pendapatan negara ini sangat tergantung pada minyak bumi. Hampir 94% kebutuhan energi negara ini dipenuhi dari penggunaan minyak, dan sekitar 2/3 jumlah PDB mereka berasal dari industri minyak. Saat ini, bisnis perminyakan negara dijalankan oleh perusahaan swasta dan dikendalikan oleh perusahaan yang berbasis di luar negeri.

Tinggalkan komentar