Sejuta Manfaat Hebat dari Gaya Hidup Sehat


Gaya hidup sehat merupakan sebuah pilihan sederhana yang tentunya wajib untuk dijalankan. Ini mencakup pada hidup dengan pola makan yang teratur, mengembangkan pikiran, kebiasaan diri dan lingkungan yang sehat. Sehat dalam arti kata mendasar adalah segala hal yang kita kerjakan memberikan hasil yang baik bagi tubuh. Apakah Anda tahu dan menyadari bahwa sejatinya gaya hidup sehat mempunyai arti yang agak berbeda dari arti pola hidup sehat, meskipun keduanya terlihat mirip.

  • Gaya hidup sehat merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat untuk kelangsungan hidup kita.
  • Pola hidup sehat adalah jalan yang harus diambil untuk memperoleh tingkat fisik yang sehat secara jasmani dan rohani.

Jadi dapat disimpulkan bahwa gaya hidup sehat merupakan proses untuk mencapai pola hidup sehat.

Keuntungan Bergaya Hidup Sehat Yang Perlu Anda Ketahui

1. Merasa tenteram, damai dan bahagia

Hidup tenteram, damai dan bahagia adalah dambaan setiap orang tidak peduli masih single maupun sudah berkeluarga, tua atau muda, kaya atau miskin, semua orang tentu memimpikan hal yang demikian. Tenteram dan bahagia lebih tentang ke kedamaian pikiran dan hati bukan tentang seberapa banyak materi yang bisa membuat hidup lebih bahagia. Sering kan mendengar ada orang yang miskin kadang hanya untuk makan saja kekurangan namun hidupnya bahagia, dan ada pula yang berpenghasilan puluhan juta bahkan milyaran per bulan namun hidupnya tidak bahagia.

Ketenteraman dan kebahagiaan sangat erat kaitannya dengan gaya hidup sehat. Tentu menjadi sangat tidak berguna hidup bahkan ketika apapun atau seberapa banyak materi yang bisa Anda kumpulkan namun Anda selalu berada dalam kondisi sakit. Kesehatan adalah hal utama untuk ketenteraman, kebahagiaan dan kedamaian. Gaya hidup sehat bisa Anda terapkan seperti berolahraga teratur, hindari gaya hidup buruk, cukup beristirahat, dsb.

2. Aman dan Nyaman

Kenapa rasa aman dan nyaman termasuk keuntungan dari gaya hidup sehat? Itu karena ketika kita telah menerapkan gaya hidup sehat, maka secara otomatis kita akan sehat secara fisik maupun mental. Sehingga dengan sendirinya rasa aman dan juga nyaman akan muncul dalam kehidupan kita.

Nah coba saja Anda pikirkan, kalau kesehatan sudah terganggu maka siap-siap saja mengeluarkan biaya untuk berobat. Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk satu kali berobat ke dokter atau ke rumah sakit uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Namun celakanya terkadang kita sakit tidak mengenal waktu, dan harus berobat ke dokter atau dirawat di rumah sakit, tentu kita akan sangat kebingungan bukan? Belum was-was karena penyakitnya, terkadang biaya yang harus di keluarkan pun terbilang cukup banyak, belum lagi repotnya. Bukankah itu akan sangat mengganggu?? Hingga pada akhirnya rasa tidak nyaman atau aman akan menyelimuti kehidupan Anda.

3. Memiliki rasa percaya diri

Gaya hidup sehat lebih dari sekedar memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Ternyata gaya hidup sehat sekaligus dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri Anda, hingga akhirnya mendapat nilai diri yang baik.

Contohnya, karena merasa tubuhnya gemuk, karena mengalami gangguan makan. Atau ketika memiliki wajah berjerawat atau bau badan dan lain sebagainya. Gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan dapat memengaruhi penampilan seseorang. Untuk itu Anda harus bisa menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya. Karena memiliki penampilan menarik adalah salah satu faktor yang membuat kepercayaan diri seseorang menjadi meningkat.

4. Hidup seimbang

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman dan pengetahuan dari banyak sumber terpercaya yang menyatakan bahwa, hidup sehat itu kurang lebih sama dengan menerapkan pola makan seimbang, olah raga teratur, minum cukup air putih, istirahat sesuai kebutuhan dan secukupnya, menyempatkan rekreasi sesederhana apapun seperlunya, dan menjaga harmoni antara tubuh, pikiran, emosi, dan batin. Itulah yang disebut menerapkan gaya hidup seimbang secara holistik. Menerapkan kebiasaan yang baik itu membentuk gaya hidup sehat, yang menghasilkan hidup yang berkualitas. Sehingga hidup Anda pun menjadi seimbang.

Jadi pada intinya menerapkan gaya hidup sehat akan mampu membuat hidup itu sendiri menjadi seimbang.

5. Tidur nyenyak

Pasalnya, kurang tidur atau pola tidur yang tidak teratur dapat memicu berbagai jenis penyakit karena kurang tidur sangat berbahaya, terutama bila disertai dengan gejala lain. Tidur yang lelap merupakan kunci untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat karena berdampak besar pada seluruh kualitas hidup. Para ahli menyarankan waktu tidur 8 jam sehari. “Kurang tidur bila berlangsung dalam jangka panjang (lama), dapat menyebabkan masalah atau gangguan tidur pada seseorang.

Nah, untuk itu Anda haruslah mengamalkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Karena dengan gaya hidup sehat terutama rutin menjalani olah raga, yang mana semua orang tau bahwa olahraga merupakan salah satu bentuk kita menjalani gaya hidup sehat. Yang tentunya akan membuat Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik atau nyenyak.

6. Berpenampilan lebih sehat dan ceria

Begitu banyak sosok yang menginspirasi berkat kesuksesan mereka merubah penampilan. Dari yang tadinya punya wajah biasa-biasa saja berubah jadi cantik jelita. Atau yang tadinya berbadan agak gemuk bisa berubah menjadi lebih kurus dan terlihat menarik. Namun perubahan – perubahan tersebut tentunya memerlukan usaha kerja keras, yakni dengan menerapkan dan menjalani gaya hidup sehat.

7. Sukses dalam pekerjaan

Sebuah pepatah klasik menyatakan bahwa “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat! Nasihat pepatah tersebut cukup benar, karena jika tubuh kita dalam kondisi sehat, maka kemampuan berpikir menjadi lebih optimal. Ini berkaitan erat dengan tahap kesuksesan di dalam pekerjaan.

Dan, cara untuk menyehatkan pikiran adalah dengan mengamalkan gaya hidup sehat. dalam konteks ini, kita tidak hanya mendapatkan kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan jiwa. Oleh karena itulah, untuk mengupayakan hidup sehat, kita harus menerapkan gaya hidup yang sehat.

8. Menikmati kehidupan sosial di lingkungan keluarga, handai taulan dan tetangga

Gaya hidup sehat bukan hanya mencakup atau meliputi kegiatan fisik maupun asupan makanan semata, yang akan menjadikan tubuh kita sehat. Namun juga akan berdampak pada kehidupan sosial kita. Dengan menjalani gaya hidup sehat maka akan menjadikan tubuh kita sehat. Dan di dalam tubuh yang sehat pastinya akan ada pemikiran yang sehat pula.

Sehingga kita juga akan dapat menikmati kehidupan sosial dilingkungan keluarga, handai taulan dan tetangga dengan baik.

Kesehatan yaitu anugerah yang tidak ternilai harganya yang Tuhan berikan pada kita, namun terkadang kita lupa untuk menjaga dan mensyukurinya. Padahal cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan yang satu ini sangatlah mudah. Dengan cara menjalani pola hidup sehat yang sebenarnya tidak susah, sederhana dan mudah saja untuk dilakukan, selama ada keinginan yang kuat di dalam hati.


Tinggalkan komentar