10 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak

Ada 2.095 miliarder di planet ini, menurut daftar Miliarder Dunia terbaru yang diterbitkan oleh majalah Forbes. Forbes menunjukkan bahwa sekitar 552 miliuner tersebut tinggal di sepuluh kota saja. Jadi, kota mana saja yang memiliki jumlah miliarder terbanyak?

Menurut data Forbes, miliarder Jeff Bezos tetap menjadi orang terkaya di dunia tahun ini dengan kekayaan bersih mencapai $ 113 miliar. Dia diikuti oleh Bill Gates, sang pendiri Microsoft, dengan aset harta sekitar $ 98 miliar. Baik Bezos maupun Gates tinggal di wilayah Greater Seattle. Namun kota ini tidak mendapatkan tempat di antara sepuluh kota teratas dengan miliarder terbanyak. Akan tetapi, delapan dari sepuluh orang terkaya di planet ini berasal dari Amerika Serikat.

Sebanyak tiga kota di China masuk dalam sepuluh besar. Beijing dan Shanghai mempertahankan tempat masing-masing dari tahun lalu, sementara kota Shenzhen naik satu peringkat ke tempat ke-7. Berikut adalah daftar kota dengan jumlah penghuni miliarder terbanyak.

1. New York (92 Orang)

Kota New York adalah tempat bagi 92 orang miliarder dunia. Kota yang dijuluki “The Big Apple” ini telah menghasilkan delapan miliarder baru sejak tahun lalu. Kekayaan bersih gabungan miliarder New York adalah $ 424 miliar. Michael Bloomberg, raksasa media dan mantan Walikota, adalah orang terkaya di Kota New York dengan kekayaan bersih sekitar $ 48 miliar. Dia pernah menghabiskan hampir satu miliar dolar untuk kampanye Presiden yang gagal sebelum keluar dari pencalonan.

2. Hong Kong (71 Orang)

Hong Kong mempertahankan posisinya sebagai kota dengan miliuner terbanyak kedua. Ini adalah rumah bagi 71 miliarder dengan kekayaan bersih gabungan mencapai $ 321 miliar. Hong Kong telah kehilangan delapan miliuner sejak tahun lalu karena jatuhnya harga properti. Daerah ini merupakan semi-otonom, Daerah Administratif Khusus (SAR) Cina. Maestro real estate Lee Shau Kee adalah orang terkaya di Hong Kong dengan kekayaan bersih $ 28,1 miliar.

3. Moskow (70 Orang)

Perekonomian Rusia tidak dalam kondisi terbaiknya. Sanksi ekonomi AS ditambah dengan jatuhnya harga minyak dan virus Corona telah merugikan Rusia dan miliardernya. Moskow masih menjadi rumah bagi 70 miliuner, turun dari 71 orang pada tahun lalu. Setiap miliarder di Moskow memiliki usaha sendiri. Dan kebanyakan dari mereka memiliki hubungan dekat dengan Presiden Vladimir Putin. Kekayaan bersih gabungan miliarder Moskow adalah $ 301,7 miliar. Pebisnis pertambangan Vladimir Potanin adalah orang terkaya dengan kekayaan bersih mencapai $ 19,7 miliar.

4. Beijing (67 Orang)

Beijing menambahkan enam miliuner baru di tahun ini. Menurut data Forbes, kekayaan bersih gabungan 67 miliarder di Beijing adalah sekitar $ 218,2 miliar. Pendiri dan CEO ByteDance, Zhang Yiming adalah orang terkaya di Beijing dengan kekayaan bersih $ 16,2 miliar. Bagi yang belum tahu, ByteDance adalah perusahaan pemilik berbagai aplikasi populer, seperti TikTok dan Toutiao.

5. London (56 Orang)

London adalah pusat keuangan terkemuka di dunia, dan dihuni oleh 56 miliuner. Terlepas dari Brexit, kota ini mendapat tambahan satu miliarder baru, dibandingkan dengan tahun lalu. Len Blavatnik dari Access Industries adalah orang terkaya di London dengan kekayaan bersih $ 17 miliar. Blavatnik hanyalah satu dari sekian banyak miliarder internasional yang menjadikan London sebagai rumah mereka.

6. Shanghai (46 Orang)

Shanghai memiliki lebih banyak miliarder daripada kota Shenzhen. Tetapi kekayaan bersih gabungan miliarder di Shanghai adalah $ 130,7 miliar, jauh lebih rendah dari Shenzhen $ 220,2 miliar. Chairman dan CEO Pinduoduo, Colin Huang adalah orang terkaya di Shanghai dengan kekayaan bersih $ 16,5 miliar. Miliarder Shanghai, terutama yang menjalankan bisnis online, menyaksikan pertumbuhan yang kuat dalam kekayaan mereka ketika China me-lockdown jutaan warganya untuk menahan penyebaran COVID-19.

7. Shenzhen (44 Orang)

Kota Shenzhen adalah salah satu pusat manufaktur dan ekspor terbesar di China. Ini adalah rumah bagi 44 miliarder, naik dari 39 orang di tahun lalu. Kekayaan gabungan mereka adalah $ 220,2 miliar. Ketua dan CEO Tencent Holdings, Ma Huateng adalah individu terkaya di Shenzhen dengan kekayaan bersih $ 38,1 miliar. Huateng adalah orang terkaya kedua di China setelah Jack Ma dari Alibaba.

8. Mumbai (38 Orang)

Mumbai adalah ibu kota keuangan India. Ada 38 miliuner di kota itu, dengan jumlah kekayaan gabungan mencapai $ 149,3 miliar. Ketua Reliance Industries, Mukesh Ambani adalah orang terkaya di Mumbai dengan kekayaan bersih $ 36,8 miliar. Kota ini telah kehilangan lima miliarder sejak tahun lalu, tetapi bertambah enam pendatang baru.

9. San Francisco (37 Orang)

Kota yang terkenal sebagai “pusat teknologi dunia” merupakan rumah bagi 37 miliarder, turun dari 42 orang di tahun lalu. Total kekayaan bersih mereka adalah $ 90,7 miliar. Salah satu pendiri Facebook, Dustin Moskovitz adalah orang terkaya yang tinggal di San Francisco. Dia memiliki kekayaan bersih $ 9,3 miliar. CEO Facebook Mark Zuckerberg memiliki kekayaan bersih yang jauh lebih tinggi yaitu $ 57,3 miliar, tetapi dia tinggal di luar San Francisco di Palo Alto.

10. Singapura (31 Orang)

Singapura adalah salah satu pusat keuangan terkaya dan terbesar di dunia. Jumlah total miliarder di kota pulau itu melonjak dari 22 menjadi 31 orang. Kekayaan bersih gabungan miliarder Singapura adalah $ 95,3 miliar. Zhang Yong, ketua jaringan hot pot Sichuan Haidilao, adalah orang terkaya dengan kekayaan bersih sekitar $ 11 miliar.

Tinggalkan komentar