Langsung ke konten utama

5 Ide Membangun Restaurant Unik

Memiliki sebuah usaha rumah makan yang maju merupakan sebuah berkah yang patut kita syukuri. Puluhan bahkan ratusan pelanggan datang setiap harinya menyantap menu yang kita sajikan adalah hal yang perlu kita pertahankan.

Namun, ketika usaha kita telah tampak progress positifnya, maka biasanya mulai bermunculan pesaing-pesaing rumah makan baru yang ingin menggait pelanggan kita. Jika satu atau dua buah restaurant baru yang ikut berkompetisi dengan usaha kita, mungkin dampaknya belum sangat terasa.

Namun, akan mulai terasa menggoyahkan jika di wilayah kita telah berdiri banyak restaurant yang lebih bagus. Kemudian akhirnya, jumlah pengunjung semakin hari semakin berkurang, pendapatan kita mulai mengalami penurunan, dan terkadang mengalami kerugian.

Jika kita tidak melakukan sesuatu, bersiaplah untuk “gulung tikar”. Untuk mengurangi kerugian tersebut, biasanya yang dilakukan adalah dengan gencar melakukan promosi yang menarik, menawarkan berbagai paket makanan / diskon, mengoptimalkan pelayanan, melakukan spesialisasi menu (misalnya hanya menjual masakan Padang saja), dan paling dramatis adalah mengubah konsep rumah makan yang telah dibangun. Itulah beberapa langkah yang biasanya dilakukan untuk menghindari kebangkrutan.

Nah, untuk anda yang merasa kalah bersaing dan bosan dengan konsep restaurant yang sudah anda bangun selama ini, anda bisa membuat brand dan konsep baru yang lebih spesifik dan unik untuk menarik pelanggan baru dan mengembalikan konsumen anda yang sempat berpaling ke rumah makan yang lain.

Untuk membangun sebuah restaurant unik, anda bisa menerapkan salah satu ide inspirasi yang tersaji berikut ini:

Unik dalam Bahan Makanan
Jika di sekitar wilayah usaha anda telah berdiri berbagai jenis restaurant yang menyajikan berbagai jenis makanan yang enak, dan anda merasa tidak bisa bersaing dengan makanan yang sejenis, maka anda bisa membuat menu masakan yang lebih spesifik dan unik. Hal ini banyak dilakukan oleh para pengusaha rumah makan untuk bertahan dari kerasnya persaingan.

Misalnya di pulau Bali, ada sebuah restaurant yang hanya menyajikan makanan yang berbahan buah strawberry, seperti nasi goreng straberry, soup strawberry, hingga makanan penutupnya (dessert) juga berbahan strawberry. Mereka berusaha mencari dan mencoba berbagai komposisi dan racikan menu yang pas di lidah. Di Eropa, ada juga restaurant yang memasak menggunakan wine atau bir untuk sensasi rasa yang berbeda dan unik.

Unik dalam Brand dan Menu Makanan
Memiliki sebuah rumah makan dengan nama “Rumah Makan Pak Jaya” atau ‘Restaurant Nikmat” mungkin sudah biasa didengar. Nah, bagaimana jika namanya adalah “Rumah Makan Bhuto Ijo” atau “Restaurant Wiro Sableng” mungkin akan terasa aneh bagi orang yang baru lewat di depan restaurant anda. Namun, keanehan dan keunikan nama (brand) yang anda ciptakan tersebut bisa saja membuat orang menjadi penasaran untuk mencoba mengunjungi rumah makan anda.

Di daerah Bandung juga ada restaurant yang memberikan menu-menu makanannya lebih kreatif lagi, misalnya Sate Jenglot, Sambal Iblis, Bakso Bima, Es Teler Bidadari, Soup Danau Toba, dan sebagainya. Jika anda pajang menu makanan tersebut di depan restaurant anda atau menyebarkannya melalui pamflet-pamflet, bukan tidak mungkin anda akan kebanjiran pesanan.

Namun yang perlu diperhatikan dalam memberikan nama-nama unik adalah ada harus memiliki hal special yang sesuai dengan nama tersebut, baik dari cita rasa maupun bentuknya. Misalnya saja, sate jenglot, sate yang terbuat dari daging ayam yang dililitkan dengan mie pedas bagian atasnya sehingga menyerupai wujud jenglot dan rasanya membuat lidah agak panas. Namun, jika ternyata keunikan nama yang anda buat tidak sesuai dengan ekspetasi (anggapan) pengunjung, maka bersiaplah mereka pasti tak akan kembali lagi.

Unik dalam Konsep Tempat
Salah satu bagian yang bisa anda kembangkan untuk membangun sebuah rumah makan yang berbeda dari yang lain adalah membuat tempat rumah makan yang unik. Anda bisa memulainya dengan menggunakan furniture – furniture yang berbeda hingga bentuk bangunan yang terkesan aneh.

Di Thailand, sebuah restaurant dibangun di atas pohon, di Amerika restaurant dibuat dari rongsokan-rongsokan mobil, ada pula restaurant yang bertemakan hantu, restaurant yang semua perlengkapannya berbentuk cinta, bangunan rumah makan yang bertema green dan alam, restaurant yang dilengkapi dengan games dan lainnya. Meskipun bangunan rumah makan anda sederhana, tapi dengan membuatnya berbeda, rumah makan anda bisa terkenal seantero Nusantara.

Unik dalam Hal Pelayanan (Services)
Menciptakan images unik dalam hal pelayanan di mata konsumen bisa menjadi senjata ampuh untuk menarik jumlah pelanggan baru. Beberapa contoh pelayanan unik yang bisa anda kreasikan misalnya membuat kostum khas (tradisional, modern, classic, pakaian aneh, dll) yang dipakai oleh pelayan restaurant.

Anda juga bisa menciptakan promo-promo yang menarik, misalnya mengadakan games seru bagi para pengunjung untuk mendapat makan gratis. Ada juga restaurant yang menyediakan tempat bagi para pengunjung untuk ikut terlibat memasak menu yang dipesannya. Menyediakan pertunjukan hiburan yang special secara berkala, dan sebagainya.

Unik dalam Hal Plus Lainnya
Beragam hal unik yang dilakukan oleh pengusaha restaurant yang telah sukses, diantaranya membuat aturan unik tertentu, misalnya tiap malam minggu akan memberi diskon jika makan bersama kekasih, memberi menu special pada kunjungan yang ke sekian kalinya, dan lainnya.

Ada juga rumah makan yang memberi hal plus lainnya, contohnya memberikan souvenir gratis (kaos, cangkir, gantungan kunci yang bertuliskan nama restaurant) jika si konsumen berbelanja di atas sekian puluh ribu rupiah.

Penambahan hal plus ini diusahakan dengan potensi yang anda punya dengan anggaran yang sekecil mungkin, namun mampu memberi kesan yang mendalam bagi pengunjung rumah makan anda. Demikian lima inspirasi yang bisa anda kembangkan sebagai seorang pengusaha rumah makan. Kiat-kiat di atas juga bisa dapat menjadi ide bagi anda yang akan membuka sebuah restaurant di tengah ketatnya persaingan. Selamat berwirausaha…!!!

Komentar

Baca Juga

5 Bisnis Paling Menguntungkan Saat Piala Dunia

Di setiap lima tahun sekali perhatian masyarakat dunia akan terfokus pada pegelaran piala dunia sepak bola. Milyaran pasang mata akan setia mengikuti pertandingan demi pertandingan yang diselenggarakan sekitar 1 bulan penuh. Bagi para perusahaan global yang terjun dalam bidang bisnis siaran, ticket, akomodasi dan sejenisnya, hal tersebut merupakan lahan pemasukan yang melimpah. Sementara bagi kita yang tinggal jauh dari pusat pertandingan, ternyata juga bisa memanfaatkan moment piala dunia tersebut. Situs kerjausaha.com mencoba merangkum ragam bisnis kecil menengah yang profitable menjelang pegelaran World Cup. 1. Bisnis Kaos Replika Jersey Usaha yang cukup berpeluang besar mendatangkan keuntungan dalam event football world cup adalah bisnis produksi dan penjualan kaos jersey dari tim-tim yang lolos piala dunia, seperti kaos tim negara samba Brasil, tim tango Argentina, Portugal, Jerman, Korea Selatan dan lainnya. Para pecinta bola tentu akan membeli sebuah kaos replika jersey dari tim

20 Cara Meningkatkan Efisiensi Kerja Di Kantor

Efisiensi kerja di kantor adalah salah satu hal yang diinginkan oleh perusahaan, termasuk karyawan itu sendiri. Efesiensi kerja di kantor merupakan cara untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu yang terbuang sia-sia. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kerja di kantor. 1. Mengatur ruang kerja dengan baik Pastikan ruang kerja Anda teratur dan mudah diakses. Hal ini akan membantu Anda menemukan dan menggunakan bahan-bahan yang diperlukan dengan cepat. 2. Tentukan hal-hal yang prioritas Fokus pada tugas-tugas yang paling penting dan selesaikan terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda mengelola waktu dengan lebih efektif. 3. Gunakan alat bantu Terdapat banyak alat bantu yang dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi kerja, seperti aplikasi pengelolaan tugas atau pengingat untuk menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. 4. Buat rutinitas yang teratur Buat rutinitas harian yang teratur dan ikuti dengan disiplin. Hal ini akan membantu Anda

Yuk.. Usaha Bubur Kacang Ijo, Inilah Tahapannya

Untuk anda yang belum mempunyai pekerjaan namun juga tidak mempunyai modal yang berjumlah besar, usaha bubur kacang hijau bisa menjadi peluang usaha yang cukup bagus, khususnya untuk para ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai waktu senggang atau untuk ibu-ibu yang sambil mengasuh anak juga bisa karena usaha bubur kacang hijau ini bisa dilakukan di rumah peralatannya pun bisa menggunakan yang biasa dipakai di rumah. Jadi juga bisa memperirit modal. Selain di rumah juga bisa menggunakan gerobak dorong dengan memiliki rute penjualan tertentu. Selain merupakan salah satu masakan khas nusantara, bubur kacang hijau memiliki manfaat yang lumayan penting untuk tubuh kita karena kandungan gizinya yang sangat lengkap. Kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang hijau juga berperan untuk mengurangi resiko penyumbatan darah yang bisa mengarah pada serangan jantung. Tak kalah pentingnya juga untuk meningkatkan kesehatan pembuluh arteri dan juga baik dikonsumsi ibu ha

5 Tips Menjadikan Perusahaan Bernilai Miliaran Rupiah

Memiliki perusahaan besar dengan aset yang berlimpah merupakan impian banyak pebisnis. Semakin prospektif sebuah perusahaan, tentu nilai jualnya akan semakin tinggi. Di Eropa, perusahaan yang bernilai US$ 1 miliar (lebih kurang Rp 14 triliun) disebut dengan ‘unicorn’. Saat ini jumlah perusahaan yang berstatus ‘unicorn’ di kawasan Eropa terus bertambah. Pada tahun ini, terdapat 40 perusahaan unicorn yang berbasis di benua Eropa. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari sebelumnya yang sebanyak 30 unit perusahaan. Terdapat 13 nama baru yang masuk ke dalam daftar 40 ‘unicorn’, dan 3 perusahaan terdepak karena nilainya semakin menyusut. Bagaimanakah caranya membuat dan membangun sebuah perusahaan dari nol hingga menjadi ‘unicorn’? Berikut disajikan 5 tips untuk mewujudkan hal tersebut, seperti yang diuraikan oleh sebuah perusahaan investasi bernama GP Bullhound. 1. Pilihlah Salah Satu Sektor Bisnis Ini Jika anda memiliki mimpi besar untuk memiliki perusahaan bernilai 1 miliar dolar, maka

4 Peluang Bisnis dari Olahan Eceng Gondok

Eceng Gondok merupakan tumbuhan yang banyak kita jumpai di kawasan perairan daratan, seperti di sungai, rawa, waduk, situ, dan sejenisnya. Tanaman ini memiliki nama Latin Eichhornia Crassipes. Tanaman eceng gondok dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat pada kawasan perairan yang tercemar limbah, karena tanaman ini mampu mengikat berbagai senyawa logam berat yang terkandung dalam air, misalnya seng, besi, tembaga, serta raksa. Perkembangbiakan yang pesat tersebut, dapat membuat daerah habitat eceng gondok menjadi cepat dangkal karena proses sedimentasi atau pengendapan. Jika berlebihan, hal ini tentu berpotensi mendatangkan bencana luapan banjir karena aliran air tersumbat oleh eceng gondok. Oleh karena itu, pertumbuhan eceng gondok yang padat perlu dimanfaatkan agar menghasilkan produk yang bernilai ekonomis. Bagaimanakah caranya mengolah eceng gondok agar menjadi produk yang bisa dijual? Berikut sekilas uraiannya. 1. Digunakan sebagai Pakan Hewan Ternak Hasil olahan eceng gondok da

Peluang Bisnis Cemilan Kacang Mete

Salah satu panganan kuliner yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh saat bepergian keluar kota adalah kacang mede. Kacang mede atau kacang mete atau kacang mente merupakan olahan camilan dari biji jambu monyet (Anacardium occidentale). Sebenarnya kacang mete bukanlah kacang asli, tetapi dalam ilmu Biologi adalah sebuah biji yang dikelilingi cangkang ganda yang menghasilkan getah urushiol yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Dalam dunia tata boga, sering disebut kacang karena bentuknya yang mirip dengan kacang. Rasanya yang enak dan gurih membuat panganan ini terkenal, bahkan juga wisatawan luar negeri sangat menyukai kacang mede. Kacang mede banyak mengandung karbohidrat, mineral, lemak dan juga tentunya protein nabati. Meskipun kandungan lemak dalam kacang mete mencapai 80%, namun lemak tersebut termasuk lemak tak jenuh yang tidak mengganggu kesehatan tubuh. Malah sebaliknya justru disebut sebagai lemak yang baik karena dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam t

12 Langkah Mengatasi Konflik Cinta dan Karir

Konflik cinta dan karir adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Pada dasarnya, konflik ini terjadi ketika seseorang merasa terpaksa memilih antara cinta dan karirnya. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi konflik cinta dan karir tersebut. 1. Identifikasi masalah Pertama, sebaiknya Anda mengidentifikasi apa yang menyebabkan konflik cinta dan karir ini. Apakah karena Anda merasa terpaksa memilih antara cinta dan karir? Ataukah karena Anda merasa tidak bisa mengelola waktu dengan baik antara cinta dan karir? Dengan mengetahui penyebab masalah, Anda akan lebih mudah mencari solusi yang tepat. 2. Bicarakan masalah dengan pasangan Jika konflik cinta dan karir terjadi karena Anda merasa terpaksa memilih antara cinta dan karir, sebaiknya Anda bicarakan masalah ini dengan pasangan Anda. Mungkin pasangan Anda bisa memberi solusi atau mencari jalan tengah yang membuat Anda merasa lebih nyaman. 3. Atur prioritas Setiap orang pasti memiliki prioritas yang berb