8 Tips Cara Menangani Vertigo di Rumah

Vertigo dapat memunculkan berbagai gejala, termasuk lemah lesu, sakit kepala ringan, ketidakseimbangan, dan rasa malas untuk bergerak. Setiap orang bisa mengalami vertigo dengan gejala yang sedikit berbeda, tetapi bisa sangat mengganggu. Seringkali hal itu menyebabkan mual yang mirip dengan mabuk perjalanan.

Jenis vertigo yang paling umum disebut Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) dan terjadi ketika kondisi sedikit kalsium kristal hilang di telinga bagian dalam Anda. Ini lebih sering terjadi pada orang tua, tetapi untungnya itu juga jenis vertigo yang paling mudah diobati karena gerakan fisik tertentu dapat menggerakkan kristal kalsium dan membawa kelegaan.

Vertigo juga dapat disebabkan oleh cairan dan tekanan di telinga bagian dalam atau peradangan yang terkait dengan infeksi telinga bagian dalam. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengatasi vertigo di rumah, baik dengan cara latihan gerakan maupun dengan tambahan nutrisi penting.

1. Cukupi Asupan Mineral (Terhidrasi)

Terkadang jawaban paling sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memastikan Anda cukup terhidrasi. Para ahli menjelaskan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat menyebabkan pusing, jadi minumlah segelas air.

2. Gingko Biloba

Ginko Biloba merupakan tumbuhan yang paling banyak dipelajari di dunia dan dikenal untuk meningkatkan aliran darah vital ke kepala. Pastikan Anda mendapatkan suplemen yang mengandung 24 persen ginkgo heterosida atau Ginkgolides dan kemudian mulai perawatan dengan 250 miligram setiap hari sampai vertigo Anda membaik. Anda kemudian dapat mengurangi dosis menjadi antara 40 dan 60 miligram sehari untuk mencegahnya kembali.

3. Minum Teh Jahe

Anda sudah tahu bahwa jahe banyak digunakan dalam memerangi mual, dan bisa memberi manfaat yang sama bagi mereka yang menderita pusing. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jahe secara signifikan dapat mengurangi gejala. Anda bisa memakannya mentah, tetapi bisa lebih nyaman membuat teh dengan merebus umbi jahe dalam air mendidih selama lima menit. Anda bisa menambahkan madu secukupnya jika diinginkan.

4. Penuhi Asupan Vitamin D

Ini mungkin berguna untuk orang yang didiagnosis dengan BPP. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk melihat apakah pusing Anda mungkin disebabkan oleh kekurangan vitamin.

5. Lakukan Gerakan “Epley Maneuver”

Letakkan bantal di tempat tidur Anda sehingga ketika Anda berbaring telentang bantal akan berada di antara bahu Anda (bukan di bawah kepala Anda). Putar kepala Anda 45 derajat ke kiri, lalu cepat-cepat berbaring telentang sehingga bahu Anda berada di atas bantal dan kepala Anda beristirahat di tempat tidur, masih pada sudut 45 derajat.

Tahan pose ini selama tiga puluh detik, lalu putar kepala Anda ke kanan dan tahan selama tiga puluh detik juga. Kemudian, putar seluruh tubuh Anda ke kanan dan tetap selama tiga puluh detik. Duduk perlahan saat selesai, tetapi jangan melakukan aktivitas mendadak. Ulangi gerakan ini tiga kali setiap malam sebelum tidur. Jika vertigo Anda datang dari kanan, balikkan instruksinya.

6. Latihan Brandt-Daroff

Duduk di tempat tidur dan miringkan kepala Anda 45 derajat dari sisi yang sakit. Berbaringlah dengan hati-hati pada sisi yang sakit, pertahankan kepala Anda pada posisi yang sama sehingga hidung Anda sekarang mengarah ke atas. Tahan selama tiga puluh detik, duduk dan ulangi di sisi yang lain. Anda dapat melakukan latihan ini tiga kali berturut-turut, tiga kali sehari, sampai vertigo Anda mereda.

7. Lakukan Gerakan “Semont Maneuver”

Latihan ini menggunakan sudut yang mirip dengan Manuver Epley tetapi lebih jarang digunakan, mungkin karena sifat gerakan yang cepat. Namun, mungkin patut dicoba. Anda dapat melihat instruksi dan diagram lengkap untuk manuver Semont di Google.

8. Half Somersault atau Foster Maneuver

Anda harus berlutut di lantai dan melihat langit-langit selama beberapa detik, lalu dorong dagu Anda dan tekuk ke depan sampai Anda menyentuh lantai dengan kepala. Tahan selama tiga puluh detik. Putar kepala Anda ke arah sisi yang sakit dan tahan selama 30 detik. Angkat kepala dengan cepat sehingga sejajar dengan punggung Anda – tidak sepenuhnya tegak, dan tahan selama tiga puluh detik. Terakhir, cepat-cepat angkat kepala Anda, tetapi tetap putar ke sisi yang sedang Anda kerjakan. Ulangi seperlunya dan selalu berdiri kuat dengan kaki Anda.

***

Vertigo dapat menyebabkan mual yang tidak nyaman, dan dalam kasus yang parah – terutama di kalangan orang tua – dapat menimbulkan risiko jatuh. Mintalah pendapat dokter Anda untuk mencoba dan menentukan penyebab vertigo Anda, dan sementara itu, cobalah pengobatan rumahan ini. Selalu bergerak dengan hati-hati dan dalam kenyamanan Anda.
(Sumber: remedymyvertigo.com)

Tinggalkan komentar