Inilah Ide Pemasaran Tanpa Modal Besar

Memang dalam mendirikan sebuah usaha tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya modal. Karena ketika sebelum usaha terwujud saja anggaran untuk modal sudah harus kita keluarkan. Memang kesannya mustahil atau agak susah kalau berusaha hanya dengan sedikit modal. Namun bukan berarti tidak ada bisnis yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi seorang pengusaha walau hanya dengan modal yang terbatas.

marketing bisnis

Perlu Anda ketahui, walaupun Anda mempunyai modal besar, tetapi tidak bisa memastikan kemajuan dan integritas bisnis, maka itu sama saja bohong. Karena tanpa menggunakan strategi bisnis apa pun tidak akan dapat tumbuh lebih banyak dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Salah satu kuncinya adalah strategi pemasaran.

Strategi pemasaran adalah proses perencanaan berkelanjutan yang melibatkan bagaimana produk, harga, promosi dan distribusi digunakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Pandangan skeptis sering mengatakan bahwa untuk melakukan pemasaran membutuhkan banyak biaya. Sebenarnya tanpa modal besar serta pemasaran yang efektif bisa dilaksanakan. Ikuti panduan bermanfaat ini dan dapatkan inspirasi darinya.

1. Platform Media Sosial

Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest adalah media sosmed yang dapat digunakan untuk membuat pemasaran. Keberadaan media sosial harus dimanfaatkan lebih baik oleh para pengusaha. Apa yang dapat dilakukan melalui media sosial ini adalah bahwa wirausaha perlu menciptakan hubungan antara pelanggan dan bisnis.

Untuk mencapai hubungan antara pelanggan dan bisnis, perlu dibuat “keterlibatan”. Pentingnya keterlibatan ini adalah untuk memungkinkan interaksi pelanggan dengan bisnis di media sosial. Media sosial bukan hanya media interaksi sosial tetapi dapat juga digunakan sebagai media penjualan jika itu ada di jalannya.

2. Maksimalkan Penggunaan ‘Hashtag’

Kebanyakan bisnis yang ada saat ini cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan melalui media sosial daripada saluran online lainnya. Instagram dan Facebook menjadi paling populer saat ini. Karena dua platform ini yang sering digunakan pelanggan untuk menemukan merek dan produk baru untuk dapat diikuti.

Mereka yang menemukan cara untuk menyebarkan virus hashtag akan bisnisnya memiliki kesempatan besar untuk ditemukan oleh para calon konsumen yang mencarinya. Karena sekarang ini hampir semua orang telah memiliki “”Instagram dan Facebook””

3. Mulailah Membuat Sebuah Blog Tentang Bisnis Anda

Blogging bisnis mirip dengan blogging biasa. Perbedaannya adalah kini Anda berbagi rincian produk atau layanan perusahaan Anda dengan pembaca Anda. Blog bisnis Anda adalah platform yang ideal untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan diskon, gratis dan penawaran khusus sebagai insentif dan penghargaan. Berbagi konten menarik dan berkualitas tinggi yang ditargetkan kepada pelanggan ideal Anda akan mengarahkan lalu lintas ke situs website Anda.

4. Memperkuat Merek

Jika Anda sudah mempunyai produk yang sudah stabil, tetap perlu melakukan pemasaran namun bisa dilakukan dalam skala kecil tanpa modal besar. Bila sudah ada nama besar atau produk sudah terkenal maka tidak akan susah untuk buat pemasaran. Brand yang telah kukuh akan memberikan kelebihan dan pemasaran hanyalah usaha tambahan.

5. Jaga “Networking”

Jaringan dengan pelanggan harus di jaga. Penting untuk mencari pelanggan baru tetapi perlu juga mempertahankan pelanggan lama atau yang sudah ada. Ini kerana pelanggan setia sudah mempunyai prospek lebih tinggi untuk mendapatkan produk anda kerana mereka sudah biasa tentangnya dan melakukan pembelian.

Cara untuk mempertahankan networking ini adalah dengan kerap melakukan follow up dengan mereka. Tanyakan mereka tentang pengalaman penggunaan. Bila kita bisa menjaga networking dengan pelanggan, maka itu akan memudahkan Anda jika ada peluncuran produk baru atau yang berkaitan. Pelanggan yang setia akan kembali kepada kita untuk dapatkan produk atau servis.

6. Publish Ulasan Video Produk Anda

Sejumlah platform menampilkan pilihan konten video atau livestreaming untuk membantu Anda mendidik calon pelanggan tentang produk Anda. Metode Instagram Live sedang menjadi tren saat ini. Salah satu keuntungan platform ini: Pemirsa dapat berkomentar dan memberi umpan balik secara real time. Sementara mereka melihat Anda hidup, mereka mulai mengembangkan hubungan dengan Anda dan merek Anda.

Anda juga dapat membuat saluran YouTube yang didedikasikan untuk produk Anda. Gabungkan video ini di blog bisnis Anda dan buat referensi melingkar.

7. Munculkan Kolom Komentar Pada Bagian Website Anda

Ulasan positif dapat meningkatkan kredibilitas merek Anda. Setiap komentar atau ulasan yang diberikan terbukti mampu menarik minat konsumen potensial. Ulasan berdasarkan opini yang tidak bias adalah yang sesuatu yang paling mampu mempengaruhi calon pelanggan.

8. Buatlah Sebuah Kontes

Kontes reguler yang Anda lakukan melalui sosial media dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan cepat dan membangun keterlibatan dengan audiens Anda. Buat sebuah kontes yang memungkinkan setiap pemenang yang memenuhi syarat mendapatkan produk gratis sebagai hadiah.

Kontes harus melibatkan peserta yang dapat membuat bisnis Anda menjadi lebih terkenal di sosial media, sehingga kontes yang diadakan dapat menjadi suatu virus.

9. Search Engine Operation (SEO)

SEO sebagai enjin carian teknik pemasaran yang baik juga. Di dalam bisnis akan selalu ada persaingan dan banyak usahawan lain yang akan menjual produk dan menawarkan servis yang sama, maka dari itu sangat perlu untuk membuat sesuatu yang berbeda dari yang lainnya. Misalnya dengan meletakkan laman web anda di pencarian yang tertinggi atau teratas.

Untuk mencapai tujuan tersebut perlulah gunakan kata kunci atau keyword search yang unik agar mudah website kita diletakkan pada pencarian nombor satu. Dengan SEO ini akan lebih memudahkan pemasaran kerana produk Anda akan lebih senang dijangkau oleh pelanggan.

Dalam menjalankan bisnis tidak bisa hanya dengan alasan. Namun Anda juga harus mencari jalan untuk mengembangkan dan majukan bisnis atau usaha yang telah dibina. Modal kecil tidak akan menjadi masalah atau hambatan untuk melakukan sebarang perancangan seperti pemasaran. Anda hanya cukup berfokus pada rencana yang yang harus Anda lakukan untuk memajukan usaha yang sedang Anda geluti. Tentunya dengan menyesuaikannya pada kemampuan yang Anda miliki.

Semoga saja beberapa tips diatas akan mampu mendatangkan manfaat untuk Anda. Selamat berjuang dan Semoga berhasil!!!

Leave a Reply