Mengenal Kepribadian Diri Berdasarkan Warna Pakaian Favorit

Rupanya kepribadian atau karakter seseorang dapat dibaca dalam banyak cara. Salah satu caranya adalah dengan melihat warna pakaian yang sering ia gunakan. Menurut psikologi, warna favorit mencerminkan kepribadian kita sebenarnya. Dan itu juga di benarkan oleh David Zyla, dalam bukunya “Color Your Style”.

Walaupun lemari pakaian kita dipenuhi dengan berbagai warna dan corak pakaian, namun nyatanya setiap orang akan selalu mempunyai warna pakaian yang paling di sukai. Karena mungkin Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika mengenakan warna pakaian tersebut.

Sebenarnya analisis warna adalah metode yang sudah lama dipakai untuk mengetahui jenis kepribadian seseorang. Keberadaan warna di dunia sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Menurut ilmu chromotherapy, warna-warna tertentu berkaitan erat dengan kondisi mental dan kesehatan seseorang. Karena itu dapat digunakan untuk terapi psikologis. Konon kekurangan dalam kepribadian seseorang bahkan bisa diseimbangkan dengan menggunakan terapi warna.

Sadar atau tidak, pada sifat dan kepribadian Anda setiap hari, dapat ditunjukkan oleh seberapa sering Anda menggunakan warna. Berikut beberapa warna yang bisa menunjukkan kepribadian Anda!

1. Hitam

Anda yang sering menggunakan pakaian hitam adalah seseorang yang memiliki kepribadian yang tegas, mandiri, dan disiplin. Anda juga yang bekerja keras untuk semua yang Anda lakukan. Warna hitam juga menunjukkan bahwa Anda menyukai semua yang modern, elegan, dan misterius.

2. Putih

Anda yang menyukai pakaian putih menunjukkan bahwa Anda adalah seorang perfeksionis. Anda selalu terperinci dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan, Anda juga tidak suka orang yang banyak bicara tetapi Anda sangat pintar dalam menangani apa pun. Anda juga dikenal sangat ceria, berani, dan anggun.

3. Merah jambu

Anda yang menyukai warna pink adalah roh yang feminin, hangat, atau lembut. Suasana di sekitar Anda akan ceria dengan kehadiran Anda pada orang-orang. Tetapi Anda juga sangat agresif dan pada saat yang sama dapat membuat orang di sekitar Anda mengagumi Anda.

4. Merah

Merah menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berani, yakin, bersemangat, dan berpetualang. Ada juga yang percaya bahwa peminat warna merah adalah seorang yang suka bersenang-lenang, bersikap terbuka, penuh semangat, dan mempunyai keyakinan tinggi untuk bergerak maju.

5. Biru

Anda seorang yang kreatif, bijak, dan senantiasa tenang. Anda juga biasanya dikenali sebagai seseorang yang pintar, bebas, dan dapat mengawal emosi. Dan Anda bisa menjadi orang yang senantiasa dapat dipercayai oleh rekan-rekan Anda. Orang yang sering mengenakan warna biru juga cenderung pintar, cerdas, cepat, dan mandiri.

6. Coklat

Anda adalah orang yang sabar, mesra, dan mempunyai perpaduan yang tinggi. Anda juga dikenali sebagai orang yang bijak dan boleh dipercayai, tetapi anda juga adalah orang yang mudah sedih dan suka memikirkan perkara yang berlebihan.

7. Kuning

Anda adalah orang yang penuh dengan kegembiraan dan senantiasa optimis dalam segalanya. Anda juga seorang yang penuh inspirasi dan Anda bisa menjadi sumber inspirasi untuk orang di sekeliling Anda.

8. Hijau

Anda mempunyai kebimbangan yang tinggi akan segala-galanya di sekeliling anda. Anda juga sangat prihatin terhadap perasaan orang lain, dan anda mempunyai karisma yang tinggi.

9. Abu-abu

Dengan mengenakan warna abu-abu, sebenarnya Anda terlihat acuh tak acuh, depresi, dan apatis. Warna abu-abu juga seringkali menimbulkan kesan kurang percaya diri dari si pemakai.

10. Silver

Pakaian berwarna metalik akan membiarkan dunia tahu bahwa Anda adalah orang yang percaya diri, seseorang yang tidak malu untuk berpetualang. Tidak semua orang bisa memakai warna ini.

11. Orange

Untuk Anda yang suka dengan baju warna orange, Anda adalah seseorang yang baik, penuh kehangatan dan memiliki ambisi yang cukup tinggi dalam mencapai cita-cita. Dengan warna orange, seseorang juga akan menjadi lebih percaya diri, berpikiran positif, penuh semangat serta menarik.

12. Pink (merah muda)

Ketika Anda menyukai kaos berwarna pink, maka bisa ditebak bahwa Anda adalah pribadi yang hangat, feminim, cantik dan berhati lembut. Anda suka dengan segala hal yang lembut dan tenang dan tidak hanya itu Anda juga merupakan seseorang yang memiliki cinta besar di hati Anda. Meski begitu, Anda juga merupakan seseorang yang cukup agresif dan diam-diam mampu membuat orang-orang di sekitar Anda merasa terkejut sekaligus kagum dengan kepribadian yang Anda miliki.

13. Ungu

Bagi Anda yang menyukai pakaian warna ungu, berarti Anda adalah orang yang sebenarnya memiliki perasaan tulus. Mereka juga menunjukkan bahwa batin mereka sebenarnya kaya, intuitif, artistik, kreatif dan memiliki naluri yang sabar serta rasa empati yang mengesankan.

Mengetahui Arti Warna Menurut Psikologi

Warna pakaian yang Anda pilih ternyata menyampaikan pesan pada orang di sekeliling. Pesan itu bisa berarti menyejukkan, menggoda, gembira, atau menakutkan. Tahukah Anda, jika warna memiliki kekuatan untuk menyampaikan dan mengkomunikasikan arti dan pesan tanpa menggunakan kata.

Arti Warna, bukan hanya menciptakan keindahan. Kuatnya pengaruh warna bahkan pernah diungkapkan oleh Darwis Triadi, seorang fotografer Indonesia dalam bukunya Color Vision: “Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan”. Adapun pernyataan tersebut berkaitan dengan konsep psikologi warna, yang kelak menjelaskan hubungan antara manusia dan cara mereka memersepsikan warna-warna di sekitar.

Warna merupakan elemen yang paling dominan dan juga aspek yang paling relatif dalam desain dan kehidupan. Persepsi terhadap warna melibatkan respon psikologi dan fisologi manusia. Apabila ditinjau dari psikologis atau emosi manusia, makna dan arti warna-warna yang ada itu bisa menunjukan kesan perasaan akan sesuatu, objek, cahaya, mata dan otak terlibat dalam proses sensasi dan persepsi yang kompleks.

Beberapa contoh psikologi warna dalam kehidupan sehari-hari misalnya, petugas keamanan yang memakai warna biru tua menyampaikan pesan berwibawa dan berkuasa, juru rawat yang memakai seragam warna hijau pupus menyiratkan kesan tenang dan damai. Begitulah kekuatan dan arti warna yang sering di gunakan atau di manfaatkan oleh orang-orang dalam kehidupan atau kesehariannya. Mau tau arti warna selengkapnya? Kita simak saja dibawah ini !!

1. Merah – untuk Bahaya, Gairah, Kegembiraan, & Energi

Artinya: Merah memiliki asosiasi kontekstual yang berbeda dan didalam branding dapat menyampaikan pesan yang terlihat. Merah memiliki kemampuan untuk rev desire; dan tidak mengagetkan ketika merah adalah warna dari api, bahaya dan darah pada satu sisi; dan cinta, seksualitas, gairah pada sisi yang lain. Merah itu tebal, berenergi, dan warna yang hidup yang menyimbolkan kekuatan dan kepercayaan diri.

2. Oranye – Segar, Bermuda, Kreatif & Petualang

Artinya: Mencampurkan kehangatan warna merah dan keoptimisan warna kuning, oranye mengakomunikasikan aktivitas dan energi. Dan tentu saja sulit rasanya untuk melewatkan warna oranye sebagai warna jeruk, dan semua produk bervitamin C, yang langsung membuat oranye terasa segar dan sehat. Oranye tidak untuk semua orang (namun ini adalah warna dekade dari tahun 1970an) dan oleh karena itu termasuk kedalam asosiasi bermuda, kreatif dan petualang.

3. Kuning – Optimistis, Ceria, Menyenangkan dan Bahagia

Artinya: Menjadi warna dari matahari, warna kuning membawa senyuman. Warna yang mudah dilihat dari jarak yang jauh (maka dari itu sering digunakan untuk rambu lalu lintas) dan mengkomunikasikan keceriaan, keramahan, kesenangan dan energi (siapa yang tidak membutuhkan lebih banyak warna kuning dalam hidupnya?) Warna kuning juga bisa diasosiasikan dengan kejernihan mental dan kepintaran (lagi, siapa yang tidak butuh lebih banyak warna kuning?) Meski pun begitu, kuning juga merupakan warna hati-hati yang digunakan pada jaket keselamatan, pita pengaman polisi, dan area berbahaya.

4. Biru – Komunikatif, Dapat Dipercaya, Menenangkan & Depresi

Artinya: Biru adalah warna universal yang sering dipilih, mungkin karena kualitasnya yang serba guna. Biru adalah warna favorit untuk perusahaan yang berharap untuk menyampaikan kehandalan, dapat dipercaya dan komunikasi (saya melihat pada Facebook, Twitter dan Samsung Anda) dan untuk mengekspresikan autoritas dan organisasi resmi (oh, hai Constable). Warna biru juga diapresiasi untuk ketenangan dan kualitias harmoni yang berasosiasi dengan laut dan langit. Meski pun begitu, diasosiasikan dengan perasaan emosi, ‘blue’ juga digunakan untuk mengekspresikan kesedihan atau depresi.

5. Ungu – Kerajaan, Keagungan, Spiritual & Misterius

Artinya: Ungu adalah warna gairah yang rendah. Secara tradisional diasosiasikan dengan kerajaan, keagungan atau kaum bangsawan seiring dengan kualitas spiritual dan misterius. Nuansa warna yang lebih gelap sering mereprentasikan kemewahan atau kekayaan, sementara itu nuansa lavender cukup feminism, sentimentil dan nostalgia.

6. Cokelat – Organik, Menyeluruh, Sederhana & Jujur

Artinya: Cokelat banyak digunakan pada era organik dan makanan alami, kecantikan dan produk. Alam yang menginspirasi warna cokelat dengan mereprentasikan perasaan menyeluruh, ketertiban, dan tetap membumi. Sederhana, kuat, tahan lama dan sederhana, mungkin mengekspresikan bahwa merek Anda punya hal lain untuk diperhatikan selain warna yang tak berguna, ketika sebenarnya… (Permainan pikiran!)

7. Merah Muda – Feminim, Sentimentil, Romantis & Menyenangkan

Artinya: Merah muda sudah lama (secara stereotip) diasosiasikan dengan wanita dan seringnya dilihat sebagai ‘kewanitaan.’ Meski pun begitu, seperti semua warna pada umumnya, merah muda adalah warna yang cukup berbeda dan tingkat intensitasnya dapat memberikan arti. Merah muda pucat, seringnya dipasarkan untuk warna resmi dari gadis kecil, mereprentasikan manis sementara itu dusty pink bisa lebih sentimentil dan merah mudah terang lebih romantis. Di satu sisi yang lain, hot pink mengindikasikan bermuda, energi, seru dan menyenangkan.

8. Hitam – Canggih, Formal, Mewah & Sedih

Artinya: Ketika warna biasanya digunakan untuk meningkatkan pengenalan merek tidak ada alasan warna hitam – ketika digunakan dengan benar – menjadi warna yang khusus, mudah diingat, dan komunikatif sebagai atribut merek. Hitam bisa dianggap sebagai warna yang serius. Mewakili kekuatan, kemewahan, kecanggihan dan eksklusif di satu sisi; dan kematian, iblis, dan misteri di sisi yang lain. Dari formalitas ke keinginan untuk kekuasaan, hitam adalah tegas, klasik, tidak untuk dipermainkan.

9. Putih – Kemurnian, Sederhana, Tidak Bersalah & Minimalisme

Artinya: Putih menggambarkan kesederhanaan, kemurnian, tidak bersalah dan kesempurnaan. Dan jika Anda harus mengidentifikasi satu merek yang menggunakan warna putih untuk menyampaikan pesan merek tentang kesempurnaan, mungkin Apple contoh yang pas – putih mereprentasikan kesederhanaan dari produk mereka secara bentuk dan fungsi. Warna putih juga datang dengan keabsolutan atau kesterilan, yang sering digunakan oleh desainer untuk menyampaikan estetika minimalis dan bersih, kualitas modern.

10. Abu – Abu –Keseriusan, Kestabilan, Kemandirian dan Tanggung Jawab

Artinya: Campuran antara warna hitam dan putih ini kerap kali digunakan sebagai “penetral”. Dalam sisi positif, warna abu-abu menggambarkan keseriusan, kestabilan, kemandirian, bahkan memberikan kesan bertanggung jawab. Namun, penggunaan warna abu-abu yang terlalu dominan berdampak pada munculnya kesan membosankan dan tidak komunikatif. Selain itu, beberapa kesan negatif akan muncul seperti kurang percaya diri, kurang energi (tidak atraktif) bahkan depresi.

11. Emas–Prestasi, Kesuksesan, Kemewahan, Kemenangan dan Kemakmuran

Artinya: Warna emas memiliki makna prestasi, kesuksesan, kemewahan, kemenangan dan juga kemakmuran. Sama seperti emas dalam bentuk fisik yang menjadi komoditas berharga dan juga prestise di setiap negara.

12. Tosca– Ketenangan dan Kesabaran

Artinya: Dalam psikologi warna, warna tosca atau turquoise memiliki makna keseimbangan emosional, stabilitas, ketenangan dan juga kesabaran. Warna tosca dipercaya dapat memberikan semangat ketika seseorang stress mental atau kelelahan dan juga dihinggapi rasa kesepian. Warna toska adalah warna yang baik untuk membantu konsentrasi dan menenangkan sistem saraf sehingga pikiran menjadi lebih jernih juga percaya diri. Warna tosca cocok digunakan untuk pembicara ataupun untuk Anda yang sering bekerja ‘multi-tasking’.

13. Magenta– Keseimbangan Fisik, Mental, Spiritual dan Emosional

Artinya: Warna magenta merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu. Kandungan warna merah yang bermakna semangat, kekuatan dan energi tertahan oleh energi tenang warna violet sehingga menciptakan keseimbangan. Maka dari itu. Warna magenta memiliki makna keseimbangan baik itu keseimbangan dalam aspek fisik, mental, spiritual ataupun emosional. Selain itu warna magenta memiliki filosofi perubahan atau transformasi. Perubahan dari rasa ketidakbahagiaan, frustasi dan marah menjadi kearah yang lebih baik.

14. Multiwarna – Variasi

Arti: Tentu saja, bagaimana dengan mencampurkan beberapa warna pada satu logo, seperti Google, the Olympics dan NBC? Warna yang berbeda secara garis besar mengindikasikan variasi – menjadi representatif dari orang-orang, negara atau penawaran.

Kata penutup

Perlu kita sadari warna adalah anugerah Tuhan yang begitu indah, tercipta di dunia yang sebagai perhiasan. Tidak akan pernah terbayang bagaimana jadinya kalau dunia ini tidak ada warna-warna yang ada seperti saat ini.

Nah, Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap warna–punya filosofi warna, makna, dan potensinya masing-masing. Bahkan, Carl Jung, seorang psikolog ternama, menjadikan warna sebagai alat penting dalam psikoterapi. Argumennya, setiap warna punya makna, potensi, dan kekuatan untuk memengaruhi, bahkan menghasilkan efek tertentu pada produktivitas, emosi, hingga perubahan mood (suasana hati) seseorang.

Kendati lumrah ditemui di sekitar kita, keberadaan warna tidak semata-mata hasil alamiah, melainkan bermakna dan “dimaknai” oleh manusia. Dewasa ini, kita menemukan banyak intepretasi makna warna dalam banyak sektor, mulai dari perfilman, fotografi, merek (brand), pembuatan logo pada suatu perusahaan, desain grafis dan interior, bahkan kesehatan sekalipun. Memilih warna yang “tepat” untuk suatu hal itu penting. Semoga bermanfaat dan Terimakasih!!!

Tinggalkan komentar