5 Cara Jadi Generasi Baru dengan Hati Patriotik

Seperti yang kita ketahui patriotisme atau patriotik berasal dari kata patriot, yang artinya adalah pecinta dan pembela tanah air. Sedangkan Patriotisme maksudnya adalah semangat cinta tanah air. Pengertian Patriotisme adalah sikap untuk selalu mencintai atau membela tanah air, seorang pejuang sejati, pejuang bangsa yang mempunyai semangat, sikap dan perilaku cinta tanah air, dimana ia sudi mengorbankan segala-galanya bahkan jiwa sekalipun demi kemajuan, kejayaan dan kemakmuran tanah air.

gen milinealApa yang pertama kali Anda bayangkan ketika Anda mendengar kata-kata patriotik? Mungkin Anda akan berpikir bahwa semangat patriotisme ketika memperjuangkan kemerdekaan negara? Atau menjadi angkatan bersenjata yang akan membela, mempertahankan dan memastikan kemerdekaan negara?

Belum tentu dan tidak selalu. Anda juga bisa menjadi jiwa patriotik yang dikagumi dengan cara yang berbeda, bahkan di kehidupan Anda sehari-hari. Pernahkah Anda menyadari wahai para generasi muda, untuk melakukan atau menjadi generasi penerus dengan hati patriotik yang akan dikagumi dan tentunya akan mendatangkan hal positif yang akan bermanfaat untuk orang lain dan juga negaranya.

Perlu Anda ketahui, sebagai generasi muda yang senantiasa menjadi pendukung atau penyokong serta pelapis untuk mentabir negaranya di masa yang akan datang. Maka sudah seharusnya kita sebagai generasi muda menanamkan atau memiliki hati yang patriotik. Mungkin selama ini, Anda sebagai generasi muda kurang menyadari atau lebih tepatnya tidak memahami dengan baik apa arti dari “patriotik” tersebut.

Untuk itu kami akan mencoba menerangkan, bagaimana kita sebagai generasi muda dapat memiliki jiwa patriotik walaupun kita bukan Angkatan bersenjata atau tidak harus menjadi Angkatan bersenjata untuk memiliki jiwa patriotik. Ingin tahu caranya? Baca lebih lanjut di bawah ini!

1. Selalu bantu mereka yang bermasalah

Jika Anda telah melihat Capten America: First Avenger, Anda tahu betul bahwa kualitas prima patriotik adalah jiwa yang baik. Salah satu tanda jiwa yang baik adalah selalu membantu mereka yang dalam kesulitan. Sebenarnya, tidak perlu membantu secara besar-besaran jika kondisi fisik dan negara tidak mengizinkan. Mungkin Anda bisa mulai dengan membantu teman-teman sekitar Anda, berbagi makanan Anda dengan orang-orang yang membutuhkan, atau hanya membantu menyelesaikan pekerjaan ibu Anda. Kami percaya Anda bisa dan sebagai generasi muda Anda juga harus yakin dan percaya jika di dalam diri Anda memiliki jiwa yang baik.

2. Hormati orang tua

Saat ini, banyak generasi muda yang hanya berpikir untuk menghormati orang-orang yang adil, melupakan pentingnya sopan santun di depan orang tua. Itu salah, atau kurang tepat dilakukan! Anda tidak hanya harus menghormati orang tua biologis, tetapi juga mereka yang lebih tua dari kita. Bahkan, kesopanan ini adalah salah satu bentuk kehormatan. Jadi, mari kita mulai menghormati orang yang lebih tua di sekitar kita. Santai, adalah suatu cara mudah. Hanya dengan sapaan ramah saja sudah cukup.

3. Buat dan sebarkan konten positif

Inilah hal-hal yang paling terkait dengan generasi muda digital. Tentu saja, Anda merasa malu melihat konten negatif, buruk, dan terpojok? Tidak mudah menyingkirkan semua konten yang tidak berguna itu. Tetapi Anda masih bisa bertarung dengan membuat dan mendistribusikan konten yang membawa pesan positif. Salah satu caranya adalah berbagi atau membuat artikel. Sementara bagi Anda yang belum tahu, dengan perkembangan platform jejaring sosial tersebut, banyak anak muda sekarang adalah pencipta konten. Ini membuktikan kemampuan generasi muda untuk menghasilkan karya-karya positif. Oleh karena itu, dunia digital akan semakin positif dan aman bagi semua orang.

4. Hanya gunakan barang asli

Apakah Anda sadar? Negara akan kehilangan jutaan potensi pendapatan per tahun hanya karena produk pasar gelap memasuki pasar. Selain merugikan negara, ini juga merugikan Anda sebagai pengguna. Sebagian besar pengguna mungkin tidak terlalu memikirkan tentang di mana produk diproduksi, yang penting karena harganya yang murah.

Sebenarnya banyak yang melupakan satu hal, yaitu keamanan. Jika Anda membeli barang asli, maka produknya dapat di jamin. Jadi, jika ada kerusakan atau cacat produksi, Anda bisa mengklaimnya dengan mudah. Selain berkontribusi pada ekonomi negara, Anda juga bisa lebih nyaman menggunakan produk tersebut.

5. Belajar

Ini adalah salah satu hal terpenting yang sering dilupakan, atau bahkan diremehkan. Belajar adalah salah satu cara termudah untuk menjadi generasi muda yang berjiwa patriotik. Kenapa? Karena belajar, Anda dapat membedakan antara benar dan salah. Jangan meremehkan yang berikut ini. Mungkin tidak sekarang, tetapi Anda bisa menjadi pejuang bangsa untuk 5, 10, atau 20 tahun ke depan.

Tips Cara Memunculkan serta Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Tanah Air dan Bangsa (Jiwa Patriotik atau Patriotisme) Indonesia:

  • Mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan kita serta menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.
  • Menghormati simbol-simbol negara seperti lambang burung garuda, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan lain sebagainya.
  • Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri agar pengusaha lokal bisa maju sejajar dengan pengusaha asing.
  • Ikut membela mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia dengan segenap tumpah darah secara tulus dan ikhlas.
  • Turut serta mengawasi jalannya pemerintahan dan membantu meluruskan yang salah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
  • Membantu mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia kepada warga negara asing baik di dalam maupun luar negeri serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng-moreng nama baik bangsa indonesia.
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada acara-acara resmi dalam negeri.
  • Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.
  • Membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman baik di lingkungan sekitar kita maupun secara nasional.
  • Menghindari tawuran antar pelajar dan merusak fasilitas Negara.
  • Saling bekerjasama antar seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan jiwa cinta kasih agar terhindar dari segala bentuk pertikaian.

Pesan Terakhir

Itu tidak sulit, bukan? Sekarang, kesempatan untuk menjadi generasi muda patriotik terbuka lebar untuk Anda yang merasa para penerus bangsa. Satukan tekad dan Jaga semangatmu! Jika tidak, maka akan dikhwatirkan ia akan melahirkan rakyat dan pemimpin masa depan yang kurang cinta akan negaranya. Impak kepada keadaan ini akan menyebabkan sebuah negara akan mengalami kemerosotan dari aspek budaya bangsa, ketidakstabilan ekonomi dan politik serta wujudnya keadaan yang tegang antara rakyat di negara ini.

Wahai Anda para generasi muda penerus bangsa, jadilah generasi muda patriotik demi bangsa dan negaramu. Agar usaha keras para Pahlawan bangsa untuk membela kemerdekaan ini tidak menjadi sia-sia.

Generasi muda merupakan harapan bangsa untuk membangun dan meneruskan cita-cita bangsa atas nasib bangsa di tahun-tahun yang akan mendatang. Generasi muda sumber semangat, penuh harapan dan gigih untuk mencapai mimpi dan mewujudkan cita-cita. Untuk itu tanamkan lah selalu jiwa patriotik di dalam diri Anda serta kobarkan semangat untuk membela bangsa, dan jangan pernah membiarkan nasib jiwa muda terganggu oleh pengaruh-pengaruh yang dapat menjeremuskan para pemuda bangsa.

Merusak jiwa bangsa memang sangatlah mudah, namun membangun karakter anak bangsa untuk memiliki jiwa patriotik sangatlah sulit untuk dilakukan. Bagaimana pun juga semua itu membutuhkan proses dan langkah yang benar untuk menciptakan karakter yang anak bangsa yang baik dan memiliki budi pekerti.

Untuk menghadapi perubahan globalisasi pada zaman yang semakin maju ini Anda sebagai generasi pemuda dapat meningkatkan kepeduliaan terhadap negara yaitu harus kritis terhadap sesuatu hal yang baru untuk menyaring budaya-budaya yang masuk dalam negara. Pemuda penerus bangsa harus merubah kebiasaan yang konsumtif agar tidak konsumtif terhadap suatu produk.

Perlu ditegaskan peran generasi muda penerus bangsa agar tidak melemah akan semangat nasionalisme dan meningkatkan kepedulian terhadap bangsa. Kita sebagai generasi pemuda bangsa menginginkan menjadi bangsa yang selalu sejahtera bukan? Coba pikirkan, apa yang akan terjadi jika generasi bangsa Indonesia di masa yang akan datang jika tidak memiliki jiwa patriotisme atau patriotik?

Leave a Reply