20 Manfaat Cuci Wajah setelah Beraktivitas, Ini Langkah Tepatnya

Muka atau wajah adalah cerminan dari diri kita. Sebagus apapun bentuk wajah yang di miliki, namun jika tidak terlihat bersih maka tetap saja tidak akan enak ketika di pandang. Bahkan ketika berinteraksi pun dengan orang lain, fokus seseorang paling utama adalah ke arah wajah lawan bicara kita, maka dari itu kita harus bisa menjaga kulit wajah kita dengan sebaik mungkin. Karena wajah merupakan salah satu penunjang yang cukup kuat untuk penampilan seseorang.

cuci wajahMencuci wajah itu sangat penting, tetapi kebanyakan wanita lupa atau malas melakukannya. Khususnya di malam hari setelah selesai melakukan aktivitas. Padahal, setelah beraktivitas, tentunya begitu banyak bakteri dan kotoran debu di permukaan kulit atau sisa-sisa make-up yang mengandung bahan kimia.

Meskipun mencuci muka nampak seperti hal yang sepele, tapi banyak orang tidak menyadari bahwa banyak sekali manfaat yang didapat dari mencuci wajah sebelum Anda beristirahat dari segala aktivitas yang sudah menyita waktu dan tenaga Anda. Untuk itu, mulai dari sekarang berusahalah mencuci muka Anda secara teratur, karena itu akan dapat mendatangkan begitu banyak efek positif bagi kesehatan pada kulit wajah Anda. Tanpa terkecuali laki-laki maupun perempuan, yang menginginkan wajahnya sehat dan segar.

Untuk membuat wajah terlihat segar, pasti Anda akan mengaplikasikan berbagai macam perawatan kulit wajah dan perawatan khusus untuk wajah. Namun tahukah Anda jika itu akan sia-sia tanpa di awali dengan mencuci wajah secara teratur dan juga dengan cara yang benar. Inilah kelebihan mencuci muka yang harus Anda ketahui.

1. Mengecilkan pori-pori

Debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori akan membuat pori-pori menyebar luas atau membesar saat Anda tidur. Jadi ketika kita mencuci muka, maka kotoran yang menyumbat pori-pori akan hilang, sehingga pori-pori yang lebar akan mengecil lagi.

2. Membuka pori-pori

Pori-pori wajah memegang peranan penting dalam kesehatan wajah Anda. Anda perlu membuka pori-pori untuk mengeluarkan kotoran, keringat, dan racun dari tubuh kita. Mencuci wajah dengan air hangat secara teratur akan sangat membantu Anda membuka pori-pori di wajah Anda.

3. Membantu kulit bernafas

Kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori menyebabkan kulit sulit untuk bernafas. Dengan mencuci muka setelah beraktivitas, pori-pori akan bersih dan bernafas dengan lancar.

4. Maksimalkan regenerasi kulit

Mencuci wajah Anda juga membantu menyembuhkan kulit mati di wajah Anda. Regenerasi kulit biasanya terjadi saat tidur malam hari. Dengan wajah bersih di malam hari, ini akan membantu regenerasi kulit Anda.

5. Kurangi jerawat

Penyebab jerawat umumnya disebabkan oleh kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit. Dengan membersihkan wajah dengan mencuci wajah secara teratur, akan membantu menghilangkan bakteri dan noda yang menempel sebelum membentuk jerawat.

6. Menjaga bulu mata yang sehat

Biasanya wanita menggunakan riasan saat beraktivitas. Salah satunya adalah maskara untuk membuat bulu mata terlihat lebih cantik. Namun, masker yang tersisa sepanjang malam membuat bulu mata terkena bahan kimia make-up. Ini tentu saja merusak pertumbuhan bulu mata itu sendiri. Di sini, peran pembersihan wajah diperlukan untuk menghilangkan sisa-sisa alat rias sehingga bulu mata bisa tumbuh sehat.

7. Detoks racun

Polusi udara tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari, serta makanan yang kita makan tanpa kita sadari apakah itu mengandung zat beracun dalam tubuh kita. Racun bersembunyi di kulit dan tidak mudah dihilangkan. Tapi ketika Anda telah menerapkan membersihkan wajah secara teratur, maka Anda pasti akan terhindar dari berbagai racun yang akan merusak kulit wajah Anda.

8. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah sebelum tidur, khususnya mencuci wajah menggunakan air hangat merupakan salah satu cara mencegah penuaan dini, karena dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit. Tentu saja hal ini akan membantu kita mendapatkan kulit wajah tetap terasa awet muda karena penuaan dini bisa dicegah dengan salah satu caranya mencuci muka sebelum tidur.

9. Menjaga kesehatan saraf

Mencuci wajah sebelum tidur dengan air hangat selain dapat memberikan manfaat pada sirkulasi darah, juga dapat memberikan rangsangan-rangsangan pada syaraf wajah. Tentu saja hal ini sangat baik karena akan membuat syaraf selalu sehat.

10. Menghilangkan stres

Sibuk melakukan aktivitas seharian akan membuat stres menjadi hal yang tidak dapat dihindarkan. Stres selain mempengaruhi tubuh, juga akan nampak pada wajah a Anda. Dengan mencuci wajah sebelum tidur atau setelah melakukan aktivitas akan memberikan efek menyejukkan dan menenangkan. Secara otomatis hal ini akan mengusir stres dan membuat Anda siap untuk melakukan aktivitas kembali di keesokan harinya.

11. Membuang lemak

Mencuci wajah setelah melakukan aktivitas atau sebelum tidur untuk anda yang memiliki wajah berminyak adalah dengan cara meminimalisir jumlah lemak berlebih yang bersembunyi di bawah jaringan kulit, termasuk di bawah jaringan kulit wajah Anda. Mencuci wajah dengan air hangat sebelum tidur secara teratur dapat membantu Anda meluruhkan lemak-lemak yang bersemayam dibawah jaringan kulit wajah.

12. Melancarkan sirkulasi darah

Salah satu kunci kesehatan wajah adalah lancarnya sirkulasi darah. Mencuci wajah sebelum tidur dengan air hangat mampu membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah. Jika sirkulasi darah lancar tentu akan mempengaruhi penampakan wajah yang terlihat selalu segar.

13. Menghilangkan kantuk

Kantuk menyerang saat Anda sedang beraktifitas? Tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan karena akan mengganggu produktifitas kerja Anda. Apalagi jika Anda harus lembur sebelum tidur. Untuk menunda kantuk dan melanjutkan pekerjaan Anda di malam hari, Anda dapat mencuci wajah. Dengan mencuci wajah akan mengembalikan kesegaran pada tubuh dan menambah energi untuk melakukan pekerjaan Anda. Tidak percaya? Coba saja lakukan sendiri!

14. Menghilangkan komedo

Pori-pori wajah yang tersumbat dapat menyebabkan munculnya komedo pada wajah Anda. Meskipun komedo tidak mempengaruhi kesehatan Anda, namun secara estetika komedo dapat menganggu penampilan Anda. Mencuci wajah setelah beraktivitas atau sebelum tidur, dianjurkan dengan air hangat, setelah wajah Anda diuap, dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo membandel dan mengangkatnya dari wajah Anda.

15. Melembabkan kulit

Kulit yang bagus adalah kulit yang kelembabannya terjaga. Kulit yang lembab tampak lebih kenyal dan kencang. Salah satu cara untuk mengatasi kulit kering pada wajah dan membantu menjaga kelembaban kulit adalah dengan mencuci wajah secara rutin terutama setelah beraktivitas di luar dan saat sebelum tidur.

16. Memberikan efek relaksasi

Otot wajah dapat dengan mudah tegang karena stres. Dengan membasuh wajah sebelum tidur setelah seharian beraktifitas dapat memberikan efek relaksasi. Hal ini sangat membantu untuk menenangkan otot dan syaraf. Cobalah rutin mencuci wajah sebelum tidur atau setelah melakukan aktivitas di luar rumah, kemudian rasakan manfaatnya.

17. Mengangkat minyak

Minyak berlebih di wajah dapat membuat jerawat bermunculan dan merusak penampilan kita. Tentu saja kita tidak ingin minyak menodai wajah kita bukan ? Mencuci wajah setelah beraktivitas dan juga sebelum tidur secara rutin dapat membantu mengurangi minyak di wajah. Anda pun siap beraktivitas di luar dengan lebih percaya diri.

18. Mengangkat sel kulit mati

Sel-sel kulit mati mempunyai kemampuan untuk mengelupas sendiri, namun sel-sel kulit mati tersebut membutuhkan bantuan untuk terangkat dari permukaan wajah kita. Sel-sel kulit mati membuat kulit wajah kita terlihat kusam. Mencuci wajah dengan teratur sangat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan bekas kosmetik dan debu dari wajah kita.

19. Menjaga elastisitas kulit

Kulit yang sehat dan terjaga akan membuat kita selalu nampak segar dan awet muda. Kulit tampak lebih elastis dan kenyal. Untuk hasil yang lebih memuaskan dan menambah manfaatnya, Anda dapat menggunakan air hangat dan mencampurnya dengan bahan tambahan seperti madu, air, mawar, air jeruk nipis / lemon, dan lain sebagainya.

20. Tambah kinclong

Manfaat lain dari rajin mencuci muka sehabis beraktivitas adalah membuat wajah makin berseri-seri dan kinclong.

Ketahui Langkah-langkah Tepat untuk Mencuci Wajah

Meskipun mencuci muka adalah hal yang mudah dilakukan, namun nyatanya masih banyak yang melakukan kesalahan saat mencuci muka. Hal ini akan menjadikan Anda tidak mendapatkan hasil yang maksimal dan bahkan justru dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit wajah. Berikut langkah atau cara yang tepat untuk mencuci wajah, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

a. Pastikan kebersihan tangan sebelum mencuci wajah

Telapak tangan adalah bagian terpenting saat mencuci wajah. Selain itu kita juga menggunakan telapak tangan untuk melakukan banyak hal dalam aktivitas sehari-hari, sehingga sangat memungkinkan tangan kita dihinggapi kotoran, kuman, dan bakteri yang merugikan kita. Sebelum membersihkan wajah pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih sebelum menyentuh wajah, agar bakteri dari tangan tak pindah ke wajah dan memicu jerawat.

b. Angkat sisa make up terlebih dulu

Agar pembersihan wajah bisa lebih optimal, Anda bisa mengawali perawatan dengan membersihkan sisa makeup terlebih dahulu dengan bantuan toner atau pembersih wajah. Basahi kapas dengan toner sesuai jenis kulit Anda, kemudian usapkan dengan lembut pada wajah untuk menghapus riasan.

c. Pilih air suam-suam kuku

Cara merawat kulit wajah berikutnya yang perlu Anda tahu yaitu memilih air suam-suam kuku untuk mencuci muka. Menurut para ahli, temperatur yang terlalu rendah membuat air tak efektif membersihkan minyak di wajah dan menyebabkan pori-pori mengecil. Hal ini berpotensi membuat kotoran terjebak dalam kulit. Sementara jika temperaturnya terlalu tinggi, air bisa mengikis kelembapan alami kulit dan membuatnya kering. Jadi, lebih baik gunakan air dengan temperatur sedang atau suam-suam kuku saat membersihkan wajah.

d. Gunakan sabun cuci muka yang tepat

Selain menggunakan air suam-suam kuku, menggunakan sabun pencuci wajah yang tepat juga sangat penting. Jadi pilih lah pencuci wajah yang aman dan juga cocok dengan jenis kulit Anda.

e. Melakukan gerakan yang benar saat mencuci wajah

Cucilah wajah Anda dengan gerakan memutar. Awali dari tengah wajah, lalu ke atas, samping dan bawah. Mencuci wajah dengan cara seperti ini bermanfaat bagi wajah Anda. Gerakan mencuci wajah yang benar dapat menstimulasi pengeluaran getah bening yang bisa membawa kotoran-kotoran keluar dari wajah dan juga dapat mengurangi timbulnya mata berkantung.

f. Tidak menggunakan handuk khusus ketika mengeringkan wajah setelah dicuci

Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan kulit dibagian tubuh lainnya. Sediakan handuk khusus dengan tekstur yang lebih lembut untuk wajah Anda. Selain itu, jangan lupa mencuci handuk itu sesering mungkin sehingga handuk untuk mengeringkan wajah setelah dicuci senantiasa bersih dan terbebas dari kuman.

g. Terlalu sering mencuci wajah

Meskipun mencuci wajah dapat membantu menjaga kelembaban kulit, namun bukan berarti Anda boleh mencuci wajah terlalu sering. Wajah mengandung lapisan lilin yang melindungi kulit. Jika terlalu sering mencuci wajah, maka kulit wajah akan kehilangan lapisan tersebut dan menjadi penyebab kulit kering. Jika wajah kering, otomatis akan menjadi mudah timbul keriput. Cucilah wajah seperlunya saja, namun rutin.

Tips Tambahan: “Jangan Menunda”

Meski sadar bahwa menunda bukanlah kebiasaan baik, harus diakui sulit sekali untuk menghindarinya, terlebih saat tubuh terasa sudah lelah setelah seharian bekerja atau beraktivitas di luar rumah. Tapi, wajah Anda tetap perlu segera dibersihkan. Sebab, semakin ditunda, bakteri yang menempel di wajah Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk berkembang biak. Saat jumlahnya kian banyak, bakteri akan dengan mudah menyumbat pori-pori kulit sehingga terjadilah peradangan yang kita kenal dengan istilah jerawat.

Mencuci muka sebelum tidur, dianjurkan menggunakan air hangat, karena air hangat dapat membuka pori-pori dan menghasilkan keringat. Dan keringat akan membawa racun keluar dari tubuh. Bagi wanita, wajah itu sangat lah penting. Jadi rajin-rajinlah untuk memperhatikan dan merawat kulit yaitu dengan mencuci muka secara teratur di malam hari atau setelah seharian beraktivitas,sehingga wajah Anda tetap bersinar dan segar sepanjang hari. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!!!

Leave a Reply