Malas Bangun Pagi? Ini Tips Menghindari Penyakit Dysania

Pernahkah Anda merasakan sulit untuk beranjak dari tempat tidur meski alarm telah berkali-kali bunyi dan matahari telah meninggi? Meski telah tidur malam selama berjam-berjam, tubuh rasanya tetap sulit bangkit dari tempat tidur. Bahkan, Anda akan kembali ke tidur meski sempat meninggalkan kasur. Hal semacam ini bisa saja terjadi bukan karena kita pemalas tetapi karena suatu kondisi yang disebut dysania. Mungkin belum banyak orang yang mengetahui akan kondisi ini.

penyakit susah bangunDysania merupakan keadaan yang membuat kita sulit untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari. Mereka yang menderita dysania sulit meninggalkan tempat tidur di pagi hari, dan hal tersebut lebih dari sekedar rasa kantuk. Bahkan, dysania juga bisa menyerang kita meski telah tidur berjam-jam lebih lama dari yang direkomendasikan. Dysania memang belum diakui sebagai kondisi formal, tetapi itu adalah istilah yang masih digunakan oleh profesional medis.

Mereka yang menderita dysania biasanya memiliki kondisi kesehatan mental yang serius, seperti depresi. Dr Mark Salter dari Royal College of Psychiatrists menyebut gejala ini seringkali terlihat pada penderita gangguan depresi akut. Banyak orang tak bisa membedakan antara dysania dan kelelahan biasa, karena keduanya sama-sama menimbulkan kelelahan dan letih saat tiba waktunya bangun di pagi hari.

Padahal, ada perbedaan besar di antara keduanya. Jika malas atau kurang tidur, seseorang mungkin akan lambat ketika bangkit dari kasur dan merasa lemas. Sementara Dysania dapat menyerang meski telah mendapatkan tidur yang cukup atau telah tidur berjam-jam lebih lama dari waktu normal. Para pengidap Dysania akan sulit bangun tidur karena mengalami rasa cemas. Kecemasan ini berhubungan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti depresi, kelelahan kronis hingga fibromyalgia, yaitu gangguan yang memengaruhi otak dalam memproses sinyal sakit. Selain merasa lelah, penderita dysania akan merasa frustasi, stres, gelisah, kewalahan atau bahkan lemah oleh pikiran.

Tidak ada pengobatan atau perawatan untuk mengatasi dysania ini. Namun, ada beberapa langkah kecil yang bisa kita ambil untuk mengurangi gejalanya. Untuk alasan ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dysane ini. Ikuti 11 tips berikut ini.

1. Kualitas tidur

Banyak orang mengklaim tidur yang cukup tetapi masih mengantuk. Ada kemungkinan kualitas tidur kurang. Penting untuk mendapatkan tidur yang baik sehingga ketika bangun tidur, tubuh Anda akan segar dan siap untuk kegiatan pagi.

2. Diet sehat

Poin pertama adalah pentingnya pertemuan cairan tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik meningkatkan kualitas tidur. Hal berikutnya adalah hindari makan makanan yang membuat Anda tetap terjaga seperti makanan dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

3. Menu sarapan yang menarik

Tidur semalaman akan membuat perut Anda kosong. Oleh karena itu, sangat penting bahwa Anda merencanakan menu sarapan favorit Anda. Ini dapat membuat Anda bangun dari tempat tidur segera untuk mendapatkan makanan favorit Anda.

4. Berhenti menunda-nunda

Banyak orang memasang alarm untuk bangun di pagi hari tetapi kemudian ketika itu tidak segera bangun tetapi menekan tombol push. Dalam 5 atau 10 menit alarm akan berbunyi kembali. Kebiasaan ini tidak baik untuk Anda karena akan membuat Anda terbiasa menunda untuk bangun.

5. Olahraga

Latihan atau melakukan olahraga bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga akan memicu produksi hormon serotonin. Hormon serotonin memiliki peran dalam tubuh untuk mengontrol tidur, nafsu makan, dan suasana hati untuk tetap baik.

6. Beri diri Anda hadiah

Tidak salah untuk menghadiahi diri sendiri. Jika Anda bisa bangun lebih awal secara teratur, beri diri Anda kredit. Tidak perlu barang mahal, cukup dengan menu makan siang yang lezat atau menghabiskan waktu di sore hari ke tempat pilihan.

7. Lihatlah sesuatu yang berwarna

Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong,” ujar Leatrice Eiseman, direktur eksekutif dari Pantone Color Institute. Untuk itu gunakan warna-warna cerah seperti merah, orange atau kuning pada bantal, selimut atau apapun yang berada dekat area kasur ketika Anda membuka mata untuk pertama kalinya.

8. Gambarkan harimu sejenak

Ketika Anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan penuh semangat dan positif. “Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas,” ujar Dana Lightman, PhD, psikolog dai Abington, PA.

9. Biarkan sinar matahari masuk

Sinar matahari yang menyentuh kulit akan membuat Anda lebih terbangun. Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang” ujar James B. Maas, PhD, seorang profesor psikologi di Cornell University.

10. Beri sedikit pijatan di wajah

Memijat area di sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur. Mulailah memijat dari daerah kening, pipi, pukul-pukul dengan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat Anda berpijar dengan cepat.

11. Bunga Mawar

Melihat sekuntum bunga mawar ketika terbangun, terutama bagi wanita akan meningkatkan mood dan semangatnya yang akan bertahan sepanjang hari,” ujar Nancy Etcoff, PhD, anggota Harvard Medical School and the Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative.

Hanya Sekedar Tambahan Tips

Jika sulit sekali untuk bangun pagi walaupun sudah berusaha sekuat tenaga, juga keadaan Dysania / Clynomania mirip sekali dengan kondisi diatas. Sudah waktunya untuk mencari obat yang dapat bekerja untuk masing-masing individu. Dari buku yang kami baca untuk menyembuhkan penyakit ini, kita dapat meminum suplemen serotonin. Suplemen serotonin hanya sebuah terapi, pilihan yang terbaik adalah untuk melatih diri untuk melakukan sesuatu yang akan membuat diri kita keluar dari tempat tidur pada waktu yang dijadwalkan. Memang terdengar sulit, ada bisa karena biasa kan?

Apakah Anda siap untuk bangun pagi dan melakukan kegiatan dengan segera? Ayolah, jangan buang waktu hanya bersantai di tempat tidur!

Leave a Reply