Tips Membuat Rumah Terlihat Bersih dan Rapi Menggunakan Kotak

Mengelola rumah agar terlihat bersih dan rapi mungkin sudah menjadi hal yang biasa untuk semua orang. Namun harus diakui jika itu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Memiliki banyak barang itu memang menyenangkan, dan itu merupakan sebuah anugerah. Tapi terkadang banyaknya barang yang kita punya malah membuat kita menjadi bingung sendiri. Parahnya lagi, kita juga akan sulit menemukan barang yang kita cari di antara tumpukan-tumpukan barang tersebut, atau karena lupa menaruhnya di mana karena saking banyaknya barang yang kita miliki.

Seseorang pernah berkata jika rumah bersih merupakan kunci kebahagiaan buat penghuninya. Karena itu akan membuat mereka merasa nyaman dan juga merasa betah untuk berada di dalam rumah. Selain membersihkan secara rutin setiap hari, sebenarnya anda juga perlu mengetahui tips atau trik khusus yang bisa semakin menghadirkan rumah bersih dan rapi setiap saat.

Jangan bingung atau pun stres, karena kami memiliki satu tips yang efektif untuk membuat rumah anda terlihat selalu bersih dan rapi. Tidak hanya itu, tips yang satu ini juga akan membuat barang-barang anda tertata dengan rapi, dan menjadikan barang-barang anda aman dan awet (tahan lama).

kotak rumahTidakkah anda mengetahui jika sebuah kotak akan mampu menjadikan rumah anda menjadi terlihat bersih dan juga rapi? Bagi anda yang menginginkan rumah terlihat rapi dan bersih, anda bisa mengamalkan trik ini!

1. Kotak sebagai media pembersih dan pengepakan

Kotak ini dapat membuat hidup kita lebih teratur di mana Anda benar-benar dapat menggunakan kotak sebagai media penyimpanan yang optimal dengan tujuan menjadi pembersih dan pengepak.

2. Menjadi lebih efisien

Menggunakan kotak untuk mengatur barang-barang di dalam rumah, lemari dan juga laci, adalah salah satu tips yang sangat efisien untuk menjadikan rumah anda selalu dalam keadaan bersih dan juga rapi. Akan lebih baik jika anda mencari kotak yang menarik seperti pola atau warna untuk membuatnya lebih menarik dan membuat hati anda senang dan tidak bosan atau malas berkemas.

3. Bangun rasa peduli pada barang

Cara ini mampu menciptakan rumah yang nyaman tanpa adanya barang-barang yang berserakan. Dengan menganggap jika semua barang itu memiliki nyawa, maka itu akan memunculkan perasaan peduli anda terhadap barang-barang yang yang anda miliki. Sehingga anda akan merasa sayang untuk menyebarkan atau membiarkannya berserakan dan juga membuangnya begitu saja.

Yang perlu anda lakukan adalah mengumpulkan barang-barang atau benda-benda tersebut di suatu tempat sebelum mulai berkemas dan memasukkannya ke dalam kotak. Dengan cara itu Anda akan melihat antara barang-barang lama yang mungkin tidak Anda butuhkan dan kemudian dapat diisolasi untuk didaur ulang atau diberikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan atau bahkan menjualnya!

4. Cukup lipat kecil atau memasukkan barang-barang ke dalam kotak

Mungkin selama ini anda terbiasa jika pakaian adalah barang yang paling sering digantung. Jika itu dalam jumlah yang sedikit, tidaklah apa-apa. Tapi bagaimana jika barang atau pakaian yang anda punya itu cukup banyak? Maka sudah pasti akan terlihat berantakan. Tidak hanya buruk di pandang, namun itu akan membuat anda kesulitan untuk mencari pakaian yang anda cari.

Untuk itu disarankan menggunakan teknik pelipatan kecil agar tidak membutuhkan banyak ruang di lemari dan mudah dilipat karena tidak memerlukan teknik “terlalu rapi”. Begitupun dengan barang-barang yang lainnya, anda bisa mengemas atau mengepaknya ke dalam sebuah kotak. Bila perlu isi lebel pada setiap kotak, sebagai pengingat barang apa yang anda taruh di dalam kotak tersebut. Dengan begitu, anda akan lebih mudah menemukan atau mencari barang yang diinginkan.

5. Tumpuk kotak dan muat dalam satu kelompok sesuai dengan asal ruangan

Setelah anda selesai menempelkan label atau angka yang anda gunakan sebagai pengingat, anda hanya cukup menumpuk dan mengelompokkan kotak-kotak tersebut sesuai dengan asal ruangan. Misalnya, kotak yang berisi berbagai jepitan rambut atau pengikat rambut bisa anda letakkan di dalam kamar atau dekat meja rias, sedangkan kotak yang berisikan berbagai macam mainan anak-anak anda bisa menaruhnya di ruang keluarga dan lain sebagainya.

6. Mudah dan ekonomis

Tidaklah sulit untuk menciptakan rumah bersih setiap saat dengan menggunakan media kotak ini. Anda hanya cukup memasukkan barang-barang anda ke dalam kotak-kotak tersebut. Mudahnya lagi, anda hanya cukup menggunakan kotak bekas pakai atau kotak biasa yang harganya relatif murah. Sangat mudah dan ekonomis bukan?

7. Terlihat bersih lebih menyeluruh

Harus diakui jika cara ini dapat mendorong kita untuk mengubah gaya hidup ” jorok” kita menjadi lebih bersih secara menyeluruh. Secara tidak langsung, cara ini akan membuat kita lebih mudah untuk menjaga “kebersihan” itu sendiri. Dan yang pasti akan lebih mudah untuk anda mengendalikan kenyamanan rumah.

8. Barang atau pakaian akan lebih tahan lama (awet)

Tips membersihkan rumah dengan menggunakan kotak ini, pastinya akan membuat barang-barang atau pakaian anda menjadi lebih tahan lama. Apa lagi jika itu pemberian dari seseorang yang istimewa sebagai hadiah. Karena terkadang dengan melihat barang tersebut kita akan teringat akan momen-momen indah yang pernah dilalui.

9. Akan membuat hati selalu merasa nyaman

Mampu mempraktikkan cara ini, akan membuat hati anda selalu merasa nyaman untuk berada di dalam rumah. Keadaan rumah yang bersih, rapi dan tidak berantakan akan mampu menimbulkan rasa nyaman dalam hati. Dengan hati yang nyaman maka akan terlahir keluarga yang bahagia dan juga sehat tentunya.

Selalu bersyukur secara spiritual terhadap barang-barang yang anda miliki. Dengan cara ini, kita sebenarnya akan membuahi perasaan cinta kita untuk masing-masing barang kita untuk menjaga dan selalu mengelolanya dengan baik. Semoga bermanfaat!!!!

Leave a Reply