Mengenal Warna Hangat dan Dingin serta Penggunaannya

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI sendiri, kata “warna” dapat merujuk pada kesan yang diterima oleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenalnya; corak rupa, seperti hijau dan biru. Atau singkatnya, warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam cahaya sempurna (berwarna putih).

Warna adalah suatu elemen yang paling dominan dan juga aspek yang paling relatif dalam desain dan kehidupan. Persepsi terhadap warna melibatkan respon psikologi dan fisiologi manusia. Apabila ditinjau dari psikologis atau emosi manusia, makna dan arti warna-warna yang ada itu bisa menunjukan kesan perasaan akan sesuatu, objek, cahaya, mata dan otak terlibat dalam proses sensasi dan persepsi yang kompleks.

warna warni arti

Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

Secara psikologis diuraikan oleh J. Linschoten dan Drs. Mansyur, warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat diamati saja, warna dapat mempengaruhi kelakuan dan memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda.

Dari penjelasan di atas dapat dijelaskan bahwa selain hanya dapat dilihat dengan mata, ternyata warna bisa menyampaikan pesan untuk mempengaruhi perilaku seseorang, mempengaruhi penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya seseorang pada suatu benda.

Arti dari setiap warna dari segi emosi ini pun sudah pernah diteliti sejak dulu. Seperti Lois B.Wexner (1954) sudah pernah melakukan penelitian tentang keterkaitan warna dengan suasana hati (mood). Bahkan Psikolog Amerika, Frank H. Mahnke (1996) juga pernah memimpin eksperimen tentang keterkaitan warna dengan emosi (UK Essays Film Studies: 2015).

Penerapan warna akan sangat berpengaruh pada hasil akan suatu hal, misalnya dalam pembuatan logo pada suatu perusahaan, pengolahan warna menggunakan ilmu psikologi agar logo yang dihasilkan bisa menyampaikan pesan tersembunyi dari perusahaan itu, sekaligus menggambarkan brand yang kuat untuk konsumen. Contoh yang lainnya adalah pada iklan, selain grafik dan scene yang bagus, pemilihan warna adalah hal mendasar yang menjadi bahan pertimbangan. Warna adalah aura yang menjelaskan karakter dari suatu objek maupun subjek, bisa benda bisa berupa sifat, yang berkaitan dengan sifat adalah kepribadian seseorang berdasarkan warna kesukaan.

Para fotografer dan juga videografer sering menggunakan psikologi warna untuk menciptakan efek emosi dengan tujuan karyanya bisa dirasakan sepenuhnya oleh orang lain yang melihatnya. Di dunia film, juga digunakan pengolahan makna warna untuk efek emosi (color grading). Seperti film horor yang sering menggunakan warna biru nuansa gelap untuk membangun suasana takut, dan lain-lain.

Sedangkan di dalam karya seni teori warna merupakan panduan praktis yang utama dalam mencampur warna dan juga merupakan efek visual dari kombinasi warna tertentu. Pada teori warna untuk melukis misalnya, terdapat istilah Warna Hangat dan Dingin.

Apa itu Warna Hangat dan Dingin?

Setiap warna memiliki bias tertentu yang biasa disebut dengan hangat dan dingin. Dan merupakan elemen penting dalam proses pencampuran warna karena bisa memengaruhi hasilnya. Sebagai kelompok, merah dan kuning dianggap sebagai warna-warna hangat, sedangkan biru dalam warna yang dingin. Tapi jika membandingkan warna merah yang berbeda (atau biru atau kuning), kita bisa melihat ada berbagai versi hangat dan dingin pula untuk setiap warna. Sebagai contoh, merah cadmium jelas lebih hangat dibandingkan alizarin crimson (meski mungkin akan lebih hangat dibandingkan biru misalnya).

Warna panas atau hangat adalah warna yang bisa menimbulkan suasana menjadi semangat, riang serta mendatangkan keceriaan. Warna panas juga bisa mendatangkan sensasi dekat dan panas, dimana warna ini mengelabui perasaan kita sehingga seolah merasa ada kedekatan maupun terhimpit/sempit. Sensasi panas timbul ketika melihat warna warna panas seperti merah api dan kuning matahari.

Warna dingin adalah kelompok warna yang mensimbolisasikan kesejukan, ketenangan, kelembutan, dsb. Dalam cakram warna, warna dingin dimulai dari Hijau sampai Ungu, kebalikan dari warna panas. Sensasi yang bisa ditimbulkan warna dingin adalah ilusi dekat.

Pada intinya, warna yang bagus atau tepat akan membuat apapun menjadi lebih terlihat indah. Entah itu ruangan, logo, hasil lukisan, pakaian, atau bahkan langit ketika berwarna biru pun akan terlihat sangat menarik. Hal itu juga dapat menyadarkan kita, betapa warna itu sangatlah penting untuk kehidupan kita.

Leave a Reply