10 Makna Mencintai Diri Sendiri yang Harus Anda Pahami

Tahukah Anda, bagaimana caranya untuk bisa mencintai diri kita sendiri? Mungkin tidak semua orang dapat memahami arti dari mencintai diri sendiri. Kata-kata ini memang gampang sekali terucap, namun terkadang sulit untuk dimengerti sepenuhnya makna dari kata-kata tersebut. Mungkin akan terasa lebih mudah untuk memahami arti dari mencintai orang lain. Bahkan kita terus mengasah kemampuan tersebut. Namun sadarkah Anda, jika mencintai diri sendiri merupakan langkah yang sangat penting sebelum bisa mencintai orang lain?

Banyak orang masih belum memahami arti penting hal ini. Kita lebih sibuk dengan membahagiakan orang lain hingga lupa membahagiakan diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah tentang penerimaan diri, penguasaan diri dan rasa hormat kepada diri sendiri. Hal inilah yang akan menjadi kekuatan dalam melangkah dan menjalani hidup yang bahagia.

cintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri tidak harus menjadikan Anda Seorang narsistik! Namun, pergunakanlah makna dari mencintai diri sendiri untuk membuat Anda mampu menghargai diri Anda sendiri. Ada banyak orang yang terkadang ingin mudah dicintai dan dihargai orang lain, namun lupa jika itu semua harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Mencintai diri sendiri tidak pernah menjadi suatu yang buruk selama Anda tahu bagaimana melakukannya dengan cara yang baik dan tidak berlebihan. Seorang praktisi psikologi, Margaret Paul Ph.D mendefinisikan mencintai diri sendiri sebagai perilaku memahami nilai sebenarnya dalam diri, tentang apa yang sebenarnya ada di dalam diri Anda, bukan menilai diri berdasarkan penampilan fisik atau performa diri. Mencintai diri sendiri adalah perihal menghargai diri Anda sendiri, tentang kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Agar Anda tidak selalu terpaku pada kekurangan Anda sendiri yang hanya membuat Anda jauh dari rasa mensyukuri. Lalu, seperti apa gambaran mencintai diri sendiri?

1. Tak ada gunanya membandingkan diri dengan orang lain

Kita terlahir dengan keunikan dan cerita masing-masing. Membandingkan diri kita dengan orang lain hanyalah membuang-buang waktu. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, berusahalah untuk menghilangkan pikiran negatif tentang diri Anda, dan mulailah untuk menerima diri Anda sendiri apa adanya, karena di sanalah letak awal kebahagiaan bermula.

Yang harus Anda lakukan adalah bersyukur. Anda tidak perlu merasa marah maupun sedih. Karena marah hanya akan membuat Anda menderita, dan sedih justru semakin membuat Anda tersiksa. Apa yang Anda miliki sekarang adalah sebaik-baik nikmat yang telah Tuhan berikan kepada Anda. Dengan bersyukur, akan membuat Anda mampu memandang segala permasalahan dengan lebih positif.

2. Cintai dirimu sendiri sebelum orang lain

Kita tidak akan bisa mencintai orang lain dengan benar sebelum kita bisa mencintai diri kita sendiri dengan tepat. Mencintai diri sendiri adalah tentang menghormati dan menerima diri Anda apa adanya. Banyak orang yang tidak menjadi dirinya sendiri demi mendapatkan perhatian orang lain.

Namun untuk Anda yang bisa memahami diri, pasti Anda akan selalu menjadi diri Anda sendiri tanpa mengkhawatirkan pandangan negatif orang lain terhadap Anda. Karena tidak selalu pandangan orang lain itu membawa dampak yang baik buat diri Anda. Dengan mencintai diri sendiri pastinya akan mampu membentuk diri kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi berbagai macam keadaan.

3. Mencintai diri sendiri akan memfokuskan diri Anda pada kekuatan yang dimiliki

Banyak orang menderita karena terlalu mengkhawatirkan kritik dan pandangan buruk orang lain terhadap kelemahannya. Namun jangan jadikan itu sebagai suatu masalah besar, yakinlah selalu bahwa dibalik setiap kelemahan selalu tersimpan kekuatan. Fokuslah pada kekuatan-kekuatan yang Anda miliki untuk meraih berbagai impian. Fokus dengan kekuatan akan membuat Anda menjadi lebih produktif dalam menjalani hidup, dan satu hal yang harus dipahami adalah akan selalu ada orang yang menghalangi langkah Anda dalam meraih impian. Jangan dengarkan mereka, fokuskan saja pada diri Anda sendiri.

4. Jadikan masa lalu untuk lebih mencintai diri sendiri

Setiap orang tentunya memiliki masa lalu yang tak menyenangkan dalam hidup ini. Namun masa lalu adalah pengalaman yang bisa Anda jadikan pelajaran untuk menjadi diri yang lebih baik lagi di masa depan. Terimalah hal tersebut, namun jangan biarkan masa lalu merenggut kebahagiaan Anda. Jadikanlah masa lalu sebagai pembangkit naluri agar Anda bisa mencintai diri sendiri. Misalnya, di masa lalu seseorang telah meninggalkan Anda demi orang lain, rasa kecewa, sedih, bahkan marah memang tidak bisa di pungkiri hingga akan membuat Anda terlarut dalam kesedihan.

Namun, ketika Anda mampu memahami arti dari mencintai diri sendiri, maka akan membuat sudut pandang Anda berbeda dengan sendirinya. Yakinkan pada hati, jika Anda berharga dan berhak untuk mendapatkan yang lebih baik lagi. Jadi tidak pantas ditangisi. Dialah yang tidak beruntung karena tidak mendapatkan Anda, bukan Anda yang tidak berharga.

5. Hidup adalah tentang menjadi dirimu sendiri

Hidup bukanlah tentang kompetisi dirimu menghadapi orang lain, melainkan melawan dirimu sendiri untuk lebih baik lagi dari hari kemarin. Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri, karena setiap orang akan memiliki cerita kehidupannya masing-masing. Berbanggalah dengan apa yang Anda miliki. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalani hidup.

6. Luangkan waktu untuk self-talk

Sebenarnya Anda sendirilah yang paling tahu tentang diri Anda sendiri. Luangkanlah waktu melakukan self-talk untuk menyemangati diri Anda sendiri. Salah satu cara sederhana adalah dengan memberikan kalimat-kalimat positif setiap pagi untuk diri Anda sendiri. Hal ini sangat penting dilakukan, karena Anda akan mendengarkan apa yang Anda ucapkan sendiri. Kata positif yang Anda dengarkan setiap hari, secara tidak langsung itu akan berpengaruh dalam cara Anda memandang diri sendiri serta apa yang Anda yakini. Jadi, cobalah untuk melakukannya!

7. Anda tidak seperti yang orang lain pikirkan

Seperti yang telah diungkapkan di atas, akan selalu ada orang lain yang nyinyir tentang diri Anda, tak peduli sesukses apapun yang telah Anda raih. Namun, Anda bukanlah apa yang orang lain katakan tentang Anda. Daripada capek-capek memikirkan penilaian orang lain, bukankah lebih baik memulai menerima diri Anda sendiri.

8. Percayalah jika seseorang yang hidup itu pasti memiliki kekurangan

Tegaskan selalu pada diri Anda bahwa tidak akan ada yang sempurna di dunia ini, sebaik apapun Anda menilai seseorang atau sesuatu. Orang paling cantik yang pernah Anda temui saja mungkin memiliki kekurangan yang tidak Anda ketahui, atau orang yang Anda anggap paling pintar juga mungkin memiliki ketidakmampuan melakukan sesuatu. Setiap orang pasti memiliki kekurangan. Bagaimana Anda mampu menghargai kekurangan yang Anda miliki, akan membuat Anda mampu menghargai kekurangan yang dimiliki orang lain.

9. Bisa mencintai diri sendiri akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik

Berawal dari mencintai diri sendiri dengan baik, membuat kita menjadi pribadi yang lebih rendah hati dalam menilai orang lain. Jika setiap orang mampu menghargai kekurangan dan kelebihan dirinya sendiri dengan baik, ia akan mudah untuk menghargai kekurangan dan kelebihan orang lain. Dengan demikian, bukankah dunia akan lebih menyenangkan?

10. Mencintai diri sendiri itu berbeda dengan seorang narsistik!

Hal yang akan membuat Anda berbeda dengan seorang narsistik adalah Anda mencintai dan menghargai diri sendiri untuk kebahagiaan Anda, bukan untuk memuaskan pandangan orang lain terhadap Anda. Kurangi perilaku memberikan “hukuman” pada diri Anda sendiri dengan menilai semua kekurangan Anda secara berlebih lalu menghakimi diri Anda. Pahami bahwa kekurangan adalah bagian dari nilai diri yang Anda punya. Semua kekurangan akan berdampingan dengan kelebihan. Beri perhatian yang sama dengan kelebihan diri Anda. Sadari, ada orang di luar sana yang mungkin menghargai kelebihan yang Anda miliki.

Ingat, mencintai diri sendiri mampu membuat energi positif terpancar dari dalam diri Anda

Ketika Anda sudah merasa nyaman dengan diri Anda sendiri, maka orang-orang di sekitar Anda pun akan merasa hal yang sama, yaitu merasa nyaman berada di dekat Anda. Secara tidak langsung, itu akan membuat Anda terlihat menarik di mata orang lain, bahkan dari lawan jenis. Memang benar adanya, jika mencintai diri sendiri akan mampu memancarkan energi positif seseorang. Itu akan menjadi daya tarik serta keunikan tersendiri untuk seseorang.

Leave a Reply