Cinta Bertepuk Sebelah Tangan? Begini Cara Agar Tetap Tabah

Pembahasan tentang cinta memang tidak akan pernah ada habisnya. Memang benar jika cinta akan dapat mendatangkan rasa bahagia dan bahkan perdamaian. Namun, ketika cinta tidak sejalan dengan apa yang diimpikan, maka cinta hanya akan mampu mendatangkan duka yang mendalam. Sehingga air mata akan menjadi warna tersendiri akan cinta.

Tidak ada yang bisa memastikan dengan siapa kita akan jatuh cinta. Cinta tidak bisa dipilih atau pun memilih, apalagi direncanakan. Jadi wajar kalau akhirnya cinta itu berlabuh pada seseorang yang tidak tepat. Tidak semua cinta dapat berbalas cinta, terkadang seseorang yang diharapkan tidak memiliki perasaan yang sama terhadap kita, alias cinta bertepuk sebelah tangan.

cowok sedih

Nah, bila ini terjadi, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi problema hati ini?

Biarkan dia memilih dengan bebas, termasuk tidak memilih Anda sebagai kekasih

Kemudian katakan pada diri Anda sendiri, bahwa Anda tidak akan memaksa siapa pun untuk menerima cinta Anda. Apa lagi menggunakan cara yang tidak sah untuk meringankan perasaan yang Anda rasakan. Sungguh menyakitkan ketika cinta ditolak, tetapi membebaskan dirinya untuk memilih maka sama artinya membebaskan hati Anda dari terikat untuk mencintai dirinya sendiri.

Berikan kemungkinan kemungkinan terburuk yang akan Anda rasakan

Hati yang patah akan sangat menyakitkan pada awalnya. Anda harus memahami bahwa ini adalah keadilan dan bukan akhir dari kisah cinta Anda. Tepat dengan patah hati, Anda harus bersiap-siap untuk memenuhi kisah cinta yang akan dimulai. Jangan takut menangis. Menangislah jika itu memang perlu Anda lakukan. Karena dengan menangis akan membuat Anda menjadi lebih baik.

Namun ingat, jangan biarkan pikiran Anda dikuasai perasaan yang akan membuat kondisi Anda semakin kacau. Percayalah masih ada esok hari yang pasti lebih baik jika Anda mau menjalaninya.

Belajar dari mereka yang pernah mengalami hal yang sama

Tidak ada yang lebih berharga daripada pengalaman. Karenanya, dengarkan cerita mereka yang dalam hidupnya pernah mengalami kegagalan akan cinta. Mungkin Anda adalah salah satu yang beruntung yang pernah ditolak. Karena kita tidak tahu seberapa besar cinta didorong keluar dan dapat membuktikan bahwa mereka yang mengalami hal itu masih baik-baik saja sampai sekarang.

Mencoba tersenyum ketika melihatnya dengan orang lain adalah keberanian

Jangan pernah memejamkan mata untuk melihat fakta bahwa orang yang Anda cintai sebenarnya mencintai orang lain. Terima dia secara ekstensif dan tersenyum. Jangan menganggap diri Anda tidak memadai atau kurang baik dari orang yang dicintainya. Tetapi cobalah berpikir jernih dengan meningkatkan perbaikan diri yang lebih baik.

Pejamkan mata, lalu bernapas panjang, yakin Anda dapat mengatasinya

Jika Anda diuji dengan tes cinta langsung, katakanlah dengan tulus kepada diri Anda sendiri, bahwa Anda akan mengatasinya dengan keberanian. Bawa bendera perang melawan perasaan Anda sendiri. Dan biarkan diri Anda mengambil alih sebagai seseorang yang berhak memutuskan untuk bahagia. Termasuk pelepasan cinta bahagia yang bertepuk sebelah tangan dan menerimanya sebagai bumbu kehidupan mudah untuk dilalui.

Selama Anda ingin menerima dan dengan tulus, cinta yang berhembus satu demi satu perlahan akan hilang digantikan oleh cinta sejati yang akan datang untuk saling melengkapi.

Perkaya hidup Anda dengan melakukan aktivitas dan hobi baru

Menyibukkan diri adalah langkah penting untuk mengarahkan kembali fokus Anda dan tidak terus-menerus memikirkan perasaan Anda terhadap orang itu. Jangan beri kesempatan pada diri Anda untuk selalu memikirkan hal itu atau terperangkap pada rasa sakit itu. Jadilah sukarelawan atau terlibat dalam suatu kegiatan yang Anda sukai.

Atau Anda juga dapat melakukan hobi baru seperti, menonton film, mendengarkan musik, membaca buku menarik, bernyanyi, menulis cerita lagu atau puisi, melukis, dan juga belajar menari. Berkonsentrasilah pada studi atau pekerjaan Anda. Itu akan lebih baik dari pada Anda berlarut-larut dalam kesedihan.

Berpikirlah secara positif, keep calm and stay positive

Apa pun kesedihan yang Anda alami akibat cinta bertepuk sebelah tangan, tetap upayakan untuk berpikir secara positif. Dengan berpikir positif, Anda tidak akan mudah larut dalam kesedihan yang bisa berujung dengan kehampaan jiwa.

Jangan langsung menyalahkan diri sendiri sebagai penyebab kegagalan Anda mendapatkan cinta si dia. Bisa jadi ada seseorang yang lebih baik dan lebih menyayangi Anda sedang menunggu di luar sana. Seseorang ini tidak akan pernah bisa ditemukan jika Anda masih selalu dibalut dengan pikiran negatif. Buka pikiran secara positif dan ambil hikmahnya dari setiap kejadian buruk yang Anda alami.

Cintailah diri Anda sendiri. Jangan peduli apa yang mereka katakan

Hormati diri Anda dan tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berkualitas. Meski ditolak, Anda harus bisa menunjukkan bahwa diri Anda punya kelebihan yang tak dimiliki orang lain. Tunjukkan bahwa Anda juga layak dicintai orang lain, orang yang jauh lebih baik.

Terima kenyataan pahit bahwa kesempatan Anda bersama dia sudah berakhir

Bukan berarti cinta ditolak karena Anda kurang menawan atau tidak pantas untuknya. Cinta bertepuk sebelah tangan ini bisa jadi sinyal kiriman dari alam semesta untuk memberi tahu Anda bahwa dia bukanlah orang yang tepat untuk Anda cintai, dan mencintai Anda.

Ingat bahwa masih ada banyak bintang di langit yang menanti Anda. Cinta yang mati satu, akan tumbuh yang lain jika Anda mengizinkannya. Ambil waktu untuk mengingat apa kelebihan diri Anda dan apa tujuan hidup Anda selanjutnya. Ketahuilah bahwa dunia belum berakhir dan masih banyak orang lain yang mencintai Anda apa adanya.

Kata penutup
Seperti syair sebuah lagu, ketika kita memiliki keberanian untuk berlayar berarti kita juga harus siap akan gelombang. Sama halnya dengan cinta. Berani merasakan cinta berarti Anda juga harus siap akan patah hati. Itulah cinta dan juga kehidupan. Kebahagiaan akan selalu beriringan dengan penderitaan seperti siang dan juga malam datang secara bergantian.

Namun percayalah apapun yang kita rasakan dan juga yang kita alami dalam menjalani hidup adalah merupakan sebuah takdir yang tidak akan pernah bisa kita hindari. Jadikanlah setiap kejadian atau pun luka yang di rasakan menjadikan kita pribadi yang lebih kuat dan juga lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply