10 Cara Mengelola Uang Saat Menganggur

Menjadi pengangguran tentu saja akan menciptakan perasaan yang tidak menyenangkan. Selain tidak adanya sumber keuangan, Anda juga harus waspada dalam menggunakan sisa tabungan. “Menghemat” mungkin akan menjadi satu-satunya jalan terbaik pada saat itu.

Berkaca pada masalah tersebut, kami akan mencoba memberikan beberapa tips agar Anda dapat mengelola keuangan dengan baik dikala Anda tengah menjadi pengangguran.

atur uang

1. Hentikan Penarikan Uang

Lupakan pakaian baru, sepatu baru, gadget baru, dan sebagainya saat tidak ada pekerjaan. Hidup tanpa adanya pekerjaan bukanlah waktu yang tepat bagi Anda untuk menghabiskan lebih banyak uang. Hindari sering-sering melakukan kegiatan yang dapat menguras tabungan Anda seperti jalan-jalan, berbelanja dan makan di restoran mewah.

Bijaklah menggunakan uang selama dalam masa menganggur. Terlebih lagi untuk rokok. Bukan hanya bisa berpengaruh buruk terhadap kondisi psikologis dan kesehatan, namun rokok juga akan membuat Anda mengeluarkan lebih bayak uang. Percaya atau tidak, uang yang dikeluarkan akibat hal itu sangatlah banyak. Satu bungkus rokok yang Anda beli setiap hari, rupanya cukup untuk membeli kebutuhan makan selama satu kali atau untuk biaya transportasi ketika datang untuk wawancara kerja. Jangan perburuk situasi dan segeralah berhenti.

2. Masak Sendiri di Rumah

Jika Anda masih lajang, satu cara mudah untuk menghemat adalah memasak dan makan di rumah. Daripada makan di restoran atau makan di luar yang membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang. Bukankah memasak sendiri di rumah akan lebih baik dan juga lebih sehat. Anda bisa memasak makanan favorit Anda sendiri atau masak sesuai selera Anda.

3. Cari Diskon atau Membeli yang Murah

Saat berbelanja barang, Anda dianjurkan untuk menghemat uang dengan membeli barang yang murah, atau yang diberi diskon, atau dalam jumlah besar untuk memperoleh potongan pembelian. Anda juga dapat berburu kupon voucher untuk memanfaatkan harga diskon.

4. Bekerja Patuh Waktu

Anda dapat menambahkan suplay keuangan Anda dengan melakukan kerja paruh waktu. Di luar sana, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus terikat dengan kontrak atau kendala waktu luang Anda. Anda juga dapat memanfaatkan keterampilan komunikasi dan manajemen yang Anda miliki di pekerjaan paruh waktu.

5. Buat Perencanaan Belanja

Keberhasilan akan tercapai jika memiliki perencanaan yang kuat. Anda juga dapat berhasil membelanjakannya jika Anda merencanakan dengan hati-hati. Anda juga akan lebih mudah untuk mengontrol keuangan yang tersedia ketika mempraktekkan strategi ini. Hindari menghabiskan uang Anda untuk sesuatu yang tidak penting. Namun, desain harus serealistik mungkin.

6. Gunakan Transportasi Alternatif

Pengeluaran untuk membeli bensin dapat dikurangi, jika Anda menggunakan transportasi alternatif. Jika Anda mau pergi ke suatu tempat untuk keperluan tertentu, cukup gunakan transportasi publik lokal untuk menghemat pengeluaran di sektor ini. Usahakan pula untuk tidak mampir ke tempat lain yang berpotensi membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang disamping untuk bensin.

7. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Jangan pernah mencoba untuk menambah hutang saat Anda berstatus sebagai pengangguran. Untuk itu, hindarilah penggunaan kartu kredit saat melakukan pembayaran. Uang tunai yang terbatas membantu Anda untuk tidak boros atau mengeluarkan dana lebih besar daripada kebutuhan.

8. Bersenang-senang dengan Cara Baru

Bersenang-senang yang dimaksud disini adalah melakukan hal yang dapat membuat hati senang tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Sebagai manusia sudah pasti kita akan dihadapkan oleh perasaan-perasaan jenuh akan suatu hal. Belum mendapat pekerjaan kadang menjadi pemicu yang cukup kuat untuk Anda merasakan stres. Untuk itu, Anda perlu mendapatkan udara segar sambil memikirkan bagaimana langkah selanjutnya.

Mencari hiburan hati atau hanya untuk sekedar bersenang-senang, bukan berarti harus ke tempat yang mewah atau harus menghabiskan banyak uang. Percayalah Anda pasti akan merasa lebih baik hanya dengan berjalan-jalan di taman atau di pantai terdekat. Satu hal yang pasti, saat stres otak kita tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

9. Turunkan Gengsi

Belajar berani untuk menolak segala ajakan teman-teman saat Anda dalam kondisi tidak memiliki pekerjaan (masih menganggur). Di saat seperti ini jangan biarkan hati Anda terlalu menuruti gengsi, karena itu hanya akan membuat keadaan menjadi tambah buruk. Akan lebih baik Anda memfokuskan diri untuk mencari pekerjaan baru daripada mempertahankan perasaan gengsi!

10. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga dan Berdoa

Jika Anda masih tidak yakin apakah lamaran pekerjaan yang Anda ajukan akan berhasil atau tidak, maka sebaiknya Anda banyak berdoa dan mencoba memperbanyak waktu berkumpul bersama keluarga, sembari menggali inspirasi untuk mencari penghasilan.

Leave a Reply