Cara Mudah dan Praktis Membersihkan Karpet Kotor

Karpet dapat menjadi pelengkap keindahan rumah dengan menambahkan warna, pola, dan tekstur, sehingga akan mempercantik sebuah ruangan. Selain itu, karpet juga berguna sebagai alas agar tubuh tidak terkena dinginnya lantai saat menonton TV, bermain dengan anak maupun kegiatan lain yang lebih nyaman dilakukan secara lesehan. Namun disisi lain karpet juga bisa menjadi sarang bakteri dan kuman apabila tidak dirawat dengan baik. Karena karpet cenderung menyerap kotoran, noda dan bulu hewan serta jamur dan lumut.

Untuk itu, sangat perlu menjaga kebersihan karpet. Merawat karpet dengan baik akan mencegah tungau debu, kutu dan serangga karpet hidup di sana. Merawat karpet memang perlu penanganan khusus, tapi bukan berarti sulit untuk dilakukan. Mungkin selama ini Anda selalu membawanya ke jasa laundry, tapi Anda pasti tahu jika Anda harus menyediakan bajet untuk itu. Kalau Anda lebih memilih menggunakan cara yang lebih alami, dan juga ekonomis mari kita gunakan cara berikut ini. Cara yang satu ini juga sangat cocok ketika keadaan keuangan lagi menipis, di akhir bulan misalnya.

Cara Cepat Membersihkan Karpet

cara membersihkan karpetSebenarnya untuk mencuci karpet agar bersih dan terlihat baru lagi, tidaklah terlalu susah, dan tidak mesti juga harus selalu menggunakan alat-alat canggih yang super mahal. Untuk membuat karpet bersih seperti baru lagi Anda hanya cukup menyediakan:

– alat pel (jika bisa pakai yang baru)
– 2 sendok makan garam
– deterjen atau cairan detol secukupnya
– air secukupnya

Cara atau langkah yang harus Anda lakukan:

1. Pertama, panaskan air hingga mendidih dalam jumlah yang cukup untuk merendam pel.

2. Ketika air sudah mendidih tuang ke dalam ember bersamaan dengan garam dan juga dettol

3. Masukkan alat pel dan peras dengan sangat kuat, sampai tidak ada air yang menetas

4. Lalu kemudian pel karpet dengan sedikit tekanan

5. Setelah selesai Anda akan melihat pel yang berwarna agak kecokelatan. Dan itu menandakan jika karpet telah bersih. Dan biarkan karpet sampai mengering.

Cara ini cukup mudah dilakukan, tidak membutuhkan banyak waktu, dan ekonomis juga! Bukankah itu yang terbaik?? Semoga bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply