12 Tips Agar Rumah Sejuk Meski Tanpa AC

Indonesia adalah salah satu negara yang tergolong panas. Maka tidak heran disaat musim panas kita akan merasa kepanasan walau sedang berada di dalam rumah. Bagi sebagian orang yang berada mungkin dengan memakai Ac merupakan jalan keluar yang sangat efektif.

Namun tidak semua orang terlahir beruntung (memiliki banyak uang), nyatanya masih ada banyak orang di luar sana yang hidupnya serba kekurangan. Jangankan untuk membeli Ac, untuk makan dan keperluan sehari-hari saja susah.

ac rumahTetapi bagi Anda yang menyukai “kesederhanaan” atau bagi Anda yang memang terlahir kurang beruntung alias hidup pas-pasan tidak perlu berkecil hati. Karena kami akan mencoba memberikan Anda beberapa tips agar bisa merasa sejuk ketika berada di dalam rumah meski tanpa Ac. Berikut tipsnya:

1. Menggunakan es batu dan kipas angin

Letakkan es batu pada wadah (baskom), tapi ingat peletakannya harus di tempat yang aman (agar tidak dapat dijangkau anak-anak). Letakkan wadah yang sudah berisi es batu tersebut di depan kipas angin. Angin yang terpapar es akan mendingin, sehingga dapat mengurangi panas di dalam ruangan.

2. Tempatkan wadah dengan air di dalam ruangan

Mengapa di kamar mandi ruangannya terasa lebih dingin dari pada di kamar yang lain? Itu karena, di kamar mandi selalu ada wadah air atau selalu di siram dengan air. Jadi jika kita melakukan hal yang sama di dalam ruangan yang lain (ruang tamu atau kamar tidur), maka juga akan terasa sejuknya. Tidak mesti menyiram lantai cukup dengan menggunakan atau meletakkan wadah (baskom besar) yang berisi air.

Kenapa ruangan bisa sejuk hanya dengan meletakkan wadah air? Itu terjadi karena uap panas di dalam rumah akan diserap ke dalam air pada wadah tersebut. Untuk mempercantik ruangan Anda dapat menggunakan wadah yang seperti pot yang berbentuk kolam kecil. Dan Anda juga dapat menambahkan bunga sebagai hiasan dan mempercantik tampilannya.

3. Arahkan kipas ke jendela

Mungkin terkadang Anda merasa bingung ketika masih merasakan hawa panas walaupun telah menggunakan kipas angin. Mungkin juga Anda akan mengira jika udaranya terlalu panas sehingga kipas angin tersebut tidak mempan (udara lebih panas dari pada angin yang dihasilkan kipas angin).

Tahukah Anda jika ada trik tersendiri yang sebenarnya belum Anda ketahui sepenuhnya. Yaitu memasang atau mengarahkan kipas ke jendela. Kipas angin di kamar itu panas karena udara panas hanya melayang di kamar dan tidak keluar. Jadi, memasang kipas angin pada jendela itu bertujuan agar supaya udara panas bisa didorong keluar. Untuk lebih mengurangi udara panas di dalam ruangan Anda juga dapat menggunakan stand fan.

4. Menggunakan lampu yang bertegangan rendah

Jika Anda pernah beralih ke CFL, atau lampu neon, ketahuilah bahwa lampu pijar mengkonversi sekitar 90 persen dari total energi yang ada ke dalam panas saat memancar. Disarankan untuk menggunakan bulb fluorescent. Jenis cahaya ini menawarkan jumlah cahaya yang sama dengan lampu pijar tetapi cahaya ini tidak terlalu menghasilkan panas.

Oleh sebab itu, dengan mengurangi penggunaan lampu pijar akan membuat perbedaan kecil dalam upaya mendinginkan atau menyejukkan rumah sambil menurunkan tagihan listrik Anda. Ingat! matikan juga lampu di ruang yang tidak digunakan.

5. Tempatkan tanaman ekor kucing di rumah

Selain memberi kesan segar di rumah ada beberapa jenis tanaman yang membantu mendinginkan ruangan. Di antara tanaman hias yang cocok ditempatkan di rumah adalah ekor kucing, pohon palem, Anthurium sp, Caladium sp, dieffenbachia sp, Begonia sp, dan lain sebagainya. Ternyata oksigen dari beberapa tanaman hias tersebut dapat membantu menyejukkan rumah Anda.

6. Beli pelembab udara

Ia tidaklah semahal “air-cond”. Namun cukup membuat sejuk ruangan. Pelembab udara juga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kelembaban udara dengan tetesan-tetesan uap airnya. Selain melembabkan udara, ia juga menciptakan ruang memberi kehidupan dan kesegaran.

7. Ganti seprai

Mengganti seprai juga menjadi salah satu tips untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk. Terutama di kamar tidur. Untuk menghindari tidur yang tidak nyaman karena udara panas, Anda bisa mengganti seprai Anda. Jika bisa akan lebih baik jika Anda menggunakan seprai yang berbahan lembut agar lebih sejuk. Tidak percaya? Coba saja lakukan sendiri!

8. Tutup gorden

Ketika cuaca panas, tutup jendela rumah dengan tirai untuk mengurangi cahaya yang berlebihan masuk ke dalam rumah. Terpapar cahaya matahari terlalu lama hanya akan membuat suasana rumah menjadi semakin hangat.

9. Tidur di bagian bawah

Tahukah Anda udara yang lebih rendah itu akan terasa lebih dingin atau sejuk. Maka dari itu saat cuaca panas akan lebih baik jika Anda menaruh kasur di bawah saja. Itu akan mampu membuat Anda merasa lebih sejuk dan nyaman tentunya.

10. Cerahkan nuansa ruangan

Warna sejak lama diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi dan emosi manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna.

Bahkan, ada ilmu yang menggunakan warna untuk terapi warna atau yang disebut colourology (menggunakan warna untuk menyembuhkan). Metode ini sudah dipraktikkan oleh banyak kebudayaan kuno seperti Mesir dan Cina.

Nah walaupun hanya mencerahkan nuansa sebuah ruangan kamar , minimal kita sudah memiliki nuansa sejuknya dulu . Anda bisa memilih warna cat yang berkesan Sejuk seperti : Biru Muda , Putih , Hijau Muda , Ungu . Warna-warna sejuk cenderung berpengaruh memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya. Termasuk membuat perasaan Anda menjadi lebih sejuk ketika berada dalam ruangan tersebut.

11. Ventilasi

Bagi Anda yang menyukai hidup sederhana alias hidup tanpa Ac, alangkah baiknya jika Anda memiliki ventilasi. Ventilasi sangatlah krusial bagi kamar yang tidak memiliki AC , karena tanpa ventilasi , maka udara yang berputar di kamar hanya udara yang sudah kotor dan “basi” .

Lebih disarankan lagi membuat Ventilasi silang yaitu Ventilasi yang saling berhadapan Ventilasi silang memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya, tanpa harus mengendap terlebih dahulu, di dalam ruangan. Udara yang masuk dari satu jendela, akan langsung dialirkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya, dan berganti dengan udara baru, begitu seterusnya

12. Minimaliskan Barang di Kamar Anda

Selain berguna untuk menyejukkan kamar Anda, ternyata tips yang satu ini juga sangat berguna untuk kesehatan Anda. Karena semakin banyak barang yang Anda letakkan pada sebuah ruangan, maka akan semakin sempit ruangan tersebut. Pernahkah Anda menyadari jika semakin sempit sebuah ruangan maka akan semakin sedikit udara yang masuk. Sehingga secara tidak langsung ruangan tersebut akan terasa lebih panas.

Tidak hanya itu, semakin banyak barang maka akan semakin banyak pula debu yang menumpuk dan semakin mencemari ruangan atau kamar Anda . Bukankah itu Polusi?

Makanya kurangi barang-barang yang tidak penting, dan bisa dimasukkan ke gudang. Agar ruangan terlihat lebih luas, bersih dan yang paling penting ada banyak udara yang akan masuk dan mampu menyejukkan ruangan tersebut.

Demikianlah informasi ini kami sampaikan. Semoga saja dapat mendatangkan manfaat untuk Anda. Terimakasih.

Leave a Reply