Rahasia Karir Sukses Menurut Para Ahli

Siapa yang tidak ingin sukses dalam karir? Sudah pasti itu menjadi dambaan setiap orang. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang dapat meraih kesuksesan dalam meniti karirnya. Karena mungkin kebanyakan orang hanya mampu berbicara dan bermimpi tanpa melakukan apa-apa. Sukses tanpa aksi hanya untung, karena kesuksesan nyata dibangun pada proses panjang, bukan nasib.

Pada dasarnya tujuan hidup setiap orang itu selalu dihubungkan dengan yang namanya karier. Tetapi kesuksesan karir itu tergantung pada setiap orang, atau bagaimana seseorang itu menjalankan karirnya. Untuk mendapatkan kesuksesan dalam karir, setiap orang harus memiliki karir yang baik, serta langkah dalam berkarir-pun juga harus tepat. Ketika Anda mampu menjalankan karir dengan cara yang baik dan juga tepat, maka bukan suatu hal yang mustahil jika kesuksesan dalam berkarir dapat Anda raih.

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup yang berbeda-beda dan juga memiliki cara yang berbeda demi mencapai tujuannya. Namun satu hal yang pasti, setiap orang harus bercita-cita untuk berhasil dalam situasi apa pun. Banyak langkah yang digunakan oleh orang bijak untuk bisa berhasil dalam karirnya. Menurut salah satu ahli setidaknya ada sejumlah fakta mengapa orang bisa sukses dalam karirnya.

1. Ciptakan Komitmen

Orang-orang sukses selalu membuat komitmen untuk bisa tumbuh dan berkembang setiap harinya. Tetapi salah satu kesalahan yang dilakukan orang adalah terlalu fokus pada sesuatu yang salah. Jika Anda membuat target yang tepat untuk terus berkembang setiap hari, maka segera Anda akan mulai melihat hasil yang positif dalam hidup Anda.

2. Menghargai Proses

Peristiwa tertentu adalah sumber yang baik tentang bagaimana membuat keputusan, tetapi proses perubahan dan pertumbuhan memiliki nilai yang permanen. Jika Anda ingin berada dalam tingkat yang lebih tinggi, maka bertekadlah untuk terus meningkatkan potensi Anda.

3. Jangan Tunggu Inspirasi

Pemain basket terkenal Jerry West pernah berkata, “Anda tidak bisa melakukan banyak hal dalam hidup Anda, jika Anda hanya bekerja pada hari-hari yang Anda pikir adalah baik.” Banyak orang semakin sukses karena mereka memotivasi diri dan memberikan yang terbaik dalam kehidupan mereka , tanpa mengabaikan apa yang mereka rasakan. Untuk berhasil, haruslah terus berjuang.

4. Mengorbankan Kesenangan untuk Peluang

Seperti kata pepatah, “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.” Dalam hidup ini Anda harus membayar semuanya. Perbedaannya adalah Anda harus membayar dahulu atau nanti. Jika Anda membayar hari ini, Anda akan mendapatkan imbalan yang lebih tinggi di kemudian hari. Penghargaan ini tentu akan lebih manis daripada imbalan yang diperoleh.

5. Bermimpi Tinggi

Tidak ada batasan dalam mimpi, jadi jangan pernah takut untuk bermimpi. Karena ketika seseorang mengejar impian mereka, maka mereka akan pergi jauh melampaui batas mereka. Potensi manusia tidak terbatas, dan masih banyak yang bisa atau belum dieksplorasi. Tetapi ketika Anda berpikir tentang keterbatasan, pada saat yang sama, Anda juga membuat batasan.

6. Prioritaskan Prioritas Anda

Kesamaan yang sukses dalam karir mereka adalah bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mengatur waktu. Henry Kaiser, pendiri perusahaan yang sukses, pernah berkata, “Setiap menit yang diinvestasikan dalam rencana menghemat dua menit selama eksekusi.” Anda tentu tidak ingin kehilangan waktu, karena waktu tidak dapat kembali.

7. Mengorbankan untuk Meningkatkan

Tidak ada yang berharga yang diperoleh tanpa pengorbanan. Hidup dipenuhi dengan peristiwa-peristiwa kritis ketika Anda mendapat kesempatan untuk mengubah barang-barang berharga Anda dengan barang-barang lainnya. Pastikan mata Anda terbuka dengan semua kejadian, dan pastikan Anda tetap berada di landasan bukan ke bawah.

8. Izinkan Dirimu untuk Gagal

Kegagalan memang menyakitkan tetapi sebenarnya adalah jalan menuju kesuksesan. Chanie Wilschanski, seorang pelatih kepemimpinan untuk anak usia dini, berkata, memaksa diri untuk keluar dari zona nyaman akan membantu kita mengembangkan keterampilan baru dan mendorong kita untuk mengambil lebih banyak risiko. Perlahan Anda akan mulai merasa lebih nyaman dengan proses ‘gagal maju’ ini. Anda mungkin tidak akan menang tetapi Anda masih atau harus terus melangkah maju. Berjanjilah pada diri sendiri untuk terus mencoba sesuatu yang baru, sehingga Anda tidak takut akan kegagalan.

9. Jangan Takut Terlihat Lemah

Alasan orang takut meminta pertolongan adalah mereka takut terlihat tidak kompeten, kata Wilschanski. Jika Anda terjebak dalam kesulitan, meminta bantuan bisa menjadi satu-satunya cara untuk melangkah maju. Untuk mendapatkan dorongan tanpa merasa lemah, coba hampiri seseorang yang mungkin pantas Anda jadikan teladan. Mintalah nasehat, saran, serta mencari tau apa yang menjadi kunci suksesnya selama ini. Janganlah takut bertanya pada orang yang tepat, hanya karena tidak ingin terlihat lemah. Seperti kata pepatah “malu bertanya sesat di jalan”.

Semoga aneka tips di atas akan mampu memberikan manfaat bagi Anda yang sedang meniti karir. Kami hanya bisa mendoakan semoga apa yang Anda cita-citakan akan menjadi kenyataan. Satu hal yang harus Anda ingat, jika Anda melakukan hal yang baik, maka sesuatu yang baik pula yang akan Anda dapatkan. Itulah hukum alam!!! Terimakasih.

Tinggalkan komentar