Aneka Fakta Cinta dalam Kontak Mata Pandangan Pertama

Inilah beberapa hal yang harus diketahui tentang arti dari tatapan mata. Dari mata turun ke hati, itulah kata pepatah. Melihat mata seseorang, kita akan tahu apa yang dia pikirkan. Konon katanya dengan memandang mata seseorang kita akan bisa mengetahui apakah dia sedang berbohong atau jujur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 1989 oleh Kellerman, Laird dan Lewis yang mengatakan, penglihatan atau kontak mata juga bisa membuat dua orang saling jatuh cinta.

Kontak mata (eye contact) adalah kejadian ketika dua orang melihat mata satu sama lain pada saat yang sama. Kontak mata merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang disebut okulesik dan memiliki pengaruh yang besar dalam perilaku sosial termasuk dalam hubungan cinta.

Kontak mata dan ekspresi wajah memang memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan sosial dan perasaan; orang-orang tanpa sengaja sering memperhatikan mata orang lain untuk menduga perasaan orang tersebut. Melalui pandangan mata atau kontak mata, seseorang juga dapat memeriksa apakah lawan bicara memperhatikannya, dan apakah lawan bicara setuju dengan pembicaraannya. Dalam beberapa konteks, pertemuan mata sering membangkitkan perasaan yang kuat. Kontak mata juga penting dalam mendekati lawan jenis, karena dapat mengukur ketertarikan satu sama lain.

Dalam sebuah hubungan romansa peranan mata sangatlah berpengaruh, karena mampu membuat hati seseorang bergetar saat menatap mata lawan jenis. Dan agaknya hanya butuh beberapa detik saja sampai tatapan tersebut berbekas di hati. Karena jika mata sudah tidak bisa berpaling darinya, maka sadarilah bahwa sinyal-sinyal ketertarikan akan muncul dan bisa dipastikan ada sesuatu yang menarik dari si dia untuk Anda gali lebih dalam. Memang benar adanya jika pandangan mata bisa membuat seseorang merasakan jatuh cinta. Kenapa begitu?

Dalam sebuah percobaan, dua orang tak dikenal ditempatkan bersama dan mereka dipaksa untuk saling memandang tanpa berbicara selama dua menit. Akibatnya, mereka mengatakan bahwa ada perasaan “dekat” dan “rasa ketertarikan” yang muncul darinya. Tidak hanya itu saja, ada alasan lain kenapa pandangan mata bisa membuat seseorang merasakan jatuh cinta. Inilah sederet fakta menarik tentang pandangan mata dalam awal mula sebuah hubungan.

Bicaralah pada mata

Ada istilah yang menyatakan jika “mata adalah jendela jiwa”. Artinya, dari seluruh anggota tubuh matalah yang paling jujur ??. Oleh karena itu, ketika kita bertemu satu sama lain dengan seseorang tanpa berbicara, akan ada hubungan jujur yang akan tercipta atau terkait secara alami.

Mata bikin hati berdebar

Bagaimana jika ada seseorang yang menatap Anda dengan pandangan yang penuh arti dan begitu dalam? Terlebih, jika si dia adalah sosok yang selama ini Anda harapkan. Tentu Anda akan merasa senang bukan?, entah kenapa hati akan berdebar kencang karena tak kuasa merasakan rasa bahagia saat ditatap olehnya. Jika si dia juga merasakan hal yang sama, maka bisa dipastikan bukan cuma hati Anda yang akan berdebar, bisa jadi dua hati akan menimbulkan ritme debaran yang sama. Pandangan mata seseorang yang penuh makna dan kehangatan bahkan dapat mengalahkan seikat bunga terindah ataupun hadiah yang termahal.

Cara seseorang untuk menyampaikan perasaannya

Bisa dikatakan jika pandangan mata bisa menjadi salah satu cara seseorang untuk menyampaikan atau menunjukkan perasaannya. Seseorang cenderung akan menatap sosok orang yang mereka sukai tersebut berkali-kali. Biasanya sekali pandang seseorang akan menghabiskan beberapa menit dalam menatap orang yang mereka kagumi. Terkadang pandangan mata itu dilakukan dengan harapan agar membuat orang yang kita sukai itu tau akan perasaan yang kita rasakan terhadapnya.

Jangan takut untuk menatap mata

Banyak dari kita yang mungkin merasa takut pada mata orang lain, atau melihat mata orang lain. Orang biasa hanya melihat mata orang lain 30-60 persen saat berbicara, dan persentase yang lebih rendah saling menatap satu sama lain. Namun mulai sekarang biasakanlah untuk melihat mata satu sama lain ketika berbicara. Apa lagi ketika berbicara pada orang yang kita sukai. Ini juga akan dapat menunjukkan rasa percaya diri kita dan juga dapat menunjukkan minat kita pada orang tersebut.

Tanda cinta pada pandangan pertama

Para peneliti menilai bahwa saat seseorang saling menatap dengan orang yang mereka suka maka bola mata mereka akan membesar untuk menandakan ketertarikan antar satu sama lain. Dan 90 persen dari penelitian yang sudah dilakukan, peneliti telah membuktikan kebanyakan para pasangan mengaku jika rasa suka yang pertama kali muncul terhadap pasangan dimulai dari sebuah tatapan. Oleh karena itu, mata mempunyai peran yang sangat besar dalam tumbuhnya rasa suka pada diri seseorang terhadap lawan jenis.

Awal kesuksesan sebuah hubungan

Disebutkan di awal jika mata mempunyai peran yang besar dalam menyalurkan sinyal ketertarikan seseorang terhadap lawan jenis. Ya, bahkan hal ini dibuktikan dengan sebuah studi yang menyatakan bahwa pandangan mata akan menyebabkan otak mampu menangkap sinyal tersebut.

Jika Anda menginginkan adanya sebuah progres, maka Anda bisa menatap sosok yang Anda kagumi lebih lama dan tentunya dengan pandangan yang meyakinkan. Karena saat si dia berhasil menangkap sinyal yang Anda berikan, proses inilah yang menjadi penentu kelanjutan hubungan Anda dengan si dia.

Pupil mata akan membesar ketika melihat seseorang yang disukai

Ukuran pupil seseorang dapat menunjukkan banyak hal tentang keadaan seseorang saat itu. Perasaan, emosi, pendirian, dan suasana hati sering merangsang sistem saraf simpatetik dan menyebabkan membesarnya ukuran pupil. Dalam merespon terhadap ancaman atau ketakutan, hal ini sering disebut fight or flight response (respon melawan atau lari), dan memiliki efek terhadap penampilan mata.

Tahukah Anda jika penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda melihat seseorang yang Anda sukai, pupil Anda akan tumbuh, dan ini akan meningkatkan pesona tersendiri bagi seseorang. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa manusia (terutama wanita) sering dinilai menarik berdasarkan besarnya ukuran pupil, sehingga dalam berbagai budaya sering digunakan kosmetik untuk merangsang pembesaran pupil.

Hubungan mata meningkatkan keintiman

Tim Soulpancake di YouTube telah melakukan eksperimen sosial di mana mereka memberi tahu enam pasangan untuk saling bertemu. Ada pasangan kakek-nenek yang sudah menikah selama 55 tahun. Di akhir percobaan, neneknya merasa dia sangat tersentuh karena dia sudah menikah. Mereka tidak pernah melihat satu sama lain dan membentuk hubungan semacam itu. Pasangan lain juga tersenyum satu sama lain dan tertawa dengan nakal saat bereksperimen. Tampaknya benar, kontak mata dapat menciptakan koneksi yang dalam, yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata.

Sebagai cara penghilang stres

Percaya atau tidak, stres yang sedang Anda rasakan ternyata bisa hilang saat Anda menatap wajah seseorang yang Anda suka. Meskipun Anda belum mengetahui apakah si dia menaruh perasaan yang sama atau tidak namun perasaan senang dan lega akan muncul dengan sendirinya ketika Anda berhasil memandang wajah si dia. Stres yang sedang Anda rasakan akan tertutup dengan perasaan senang yang lebih mendominasi.

Akhir kata

Kontak mata adalah dorongan kuat untuk cinta dan kasih sayang. Ketika Anda melihat ke mata seseorang, tubuh mereka melepaskan zat yang disebut phenylethylamine yang dapat membuat orang merasa dicintai. Jadi, jika Anda ingin seseorang jatuh cinta kepada Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melihat mata mereka secara mendalam.

Psikolog Elizabeth T. Santosa, M. Psi., juga menuturkan bahwa setiap hari kita melakukan kontak mata dengan orang lain. Mata yang indah akan membuat orang lain tertarik dengan Anda. Mata bisa menunjukkan bagaimana seseorang mengekspresikan perasaannya. Maka dari itu, penting menjaga kecantikan dan kesehatan mata agar orang lain merasa nyaman saat kontak mata dengan Anda. Kontak mata membantu setiap orang untuk menciptakan koneksi dan komunikasi yang baik. Jadi it’s very important. Bahasa itu tak cuma bicara, ada gerakan tubuh, non verbal.

Elizabeth juga menambahkan, gerak mata juga bisa menunjukkan apakah orang tersebut sedang berbohong atau tidak. Ketika seseorang memutar bola matanya berkali-kali saat berbicara dengan Anda, ada kemungkinan dia menyembunyikan sesuatu. Bahkan saat baru pertama kali bertemu, Anda sudah bisa menilai seseorang hanya melalui gerak matanya.

Sebuah penelitian telah mencoba memasangkan pria dan wanita yang tidak saling kenal hanya bertatapan mata selama empat menit. Hasilnya setelah itu ada yang lanjut menikah, kencan, atau pacaran. Untuk itu coba deh mulai sekarang ajak pasangan Anda untuk bertatapan selama dua menit. Kalau dia sulit menatap Anda atau melihat ke atas atau bawah, berarti ada sesuatu yang membuat dia tak nyaman. Kontak mata itu bisa membangun trust and intimacy,” Apa Anda mau mencobanya??

Sedikit tambahan info untuk Anda

Frekuensi dan arti kontak mata sering bervariasi dalam berbagai budaya manusia.  Dalam beberapa budaya, khususnya Asia Timur, melakukan kontak mata terhadap atasan atau orang yang lebih tua dianggap tidak sopan dan agresif, sedangkan di Amerika Serikat dan Eropa, justru menghindari kontak mata yang dianggap tidak sopan dan menunjukkan bahwa orang yang menghindari kontak mata tersebut tidak dapat dipercaya. Hal ini sering menimbulkan kesalahpahaman antara orang-orang dari kedua budaya tersebut.

Sedangkan dalam agama Islam, orang-orang Muslim diperintahkan untuk menundukkan pandangannya dan menghindari kontak mata terhadap lawan jenis, kecuali terhadap anggota keluarga. Pandangan yang disertai birahi terhadap lawan jenis juga dilarang.

Itu beberapa informasi yang bisa kami sampaikan seputar pandangan mata atau kontak mata. Semoga saja dapat bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Sekian dan Terima kasih.

Tinggalkan komentar