5 Strategi Hemat Biaya yang Dilakukan Perusahaan IKEA

Pasti ada sebagian dari kita yang menyukai produk IKEA yang terkenal dengan desainnya yang modern, elegan, dan menarik. Harga produknya cukup wajar dengan kualitas yang ditawarkan. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara IKEA mampu menjual dengan harga yang terjangkau meskipun desainnya sangat eksklusif dan mahal?

Pendiri IKEA, Ingvar Kamprad, memiliki strategi sendiri dalam memberikan harga murah dengan produk berkualitas. Ya, banyak konsumen menginginkan furnitur dan perabotan rumah yang memiliki sentuhan modern dan elegan untuk menghias ruangan atau rumah mereka, tetapi ketika mempertimbangkan harga yang mahal, maka itu menghambat keinginan mereka.

perusahaan ikeaJadi, Kamprad berusaha mencari solusi untuk masalah tersebut dengan menawarkan furnitur yang indah dan modern tetapi harganya masih terjangkau. Namun, pada saat yang sama, hal itu masih tetap menguntungkan bisnis. Kami berbagi tentang cara strategi Ingvar Kamprad dalam menghemat biaya dari berbagai sudut untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

1. Biaya per Unit

IKEA berfokus pada biaya per unit sehingga harga yang ditawarkan terjangkau. Untuk menurunkan biaya satuan barang dan perabotan yang terjual, IKEA hanya memesan pesanan dari produsen dengan kuantitas tinggi saja. Jadi pentingnya negosiasi dengan produsen untuk memastikan mereka mendapatkan harga murah.

2. Biaya Transportasi

Penghematan biaya transportasi dapat dilakukan ketika furniture IKEA mereka dalam bentuk ‘knockdown’ yang diperlengkapi dan dikemas datar. Juga mudah dipindahkan ke gudang atau peti kemas. Semua ‘knockdown’ dapat diangkat menggunakan forklift dengan mudah.

Selain itu pelanggan juga mudah membawa perabot rumah yang dibeli dengan mobil atau truk. Troli khusus yang disediakan memudahkan pelanggan untuk mengambilnya dari konter ke mobil.

3. Biaya Pengiriman

Furniture knockdown adalah sistem sebuah konstruksi pada produk furniture yang waktu pembuatannya agar bisa di bongkar pasang, intinya furniture knockdown adalah furniture yang bisa di bongkar dan di rakit lagi. Karena itu kekuatan pada knockdown adalah baut atau sekrup yang di gunakan untuk merekatkan pada konstruksinya, dan furniture knockdown tanpa menggunakan lem untuk menyambungkan konstruksinya.

Karena fakta bahwa sebagian besar perabotan yang dijual IKEA berbentuk knockdown, maka para pelanggan hanya perlu mengambilnya di toko gudang itu sendiri. Setelah melakukan pembayaran mereka dapat membawa pulang rumah. Namun IKEA tetap menawarkan layanan pengiriman dengan biaya tertentu ketika ada permintaan pelanggan.

4. Biaya Pemasangan

Tidak seperti kebanyakan toko furniture yang sudah selesai dirakit, pelanggan hanya tinggal menunggu perabotan mereka untuk dibawa ke rumah. Di IKEA dengan cara lain. Pelanggan mereka memasang perabotan mereka sendiri saat dibawa pulang. Jadi secara tidak langsung IKEA telah menghemat biaya pemasangan.

Untuk memudahkan pelanggan, mereka menyediakan panduan manual langkah demi langkah kepada pelanggan untuk memasang perabot itu di rumah. Kebiasaannya komponen-komponen perabot itu adalah dalam bentuk mudah dipasang ibarat merakit permainan ‘Lego’ dan akhirnya menjadi sebuah perabot.

5. Margin Keuntungan

Gudang-gudang IKEA beroperasi mengikuti konsep margin keuntungan yang rendah pada kuantitas yang tinggi. Mereka tidak meletakkan margin keuntungan pada tahap yang tinggi dengan menjual barang dengan harga yang mahal. Mereka lebih utamakan jumlah kuantitas yang tinggi walaupun dijual dengan harga rendah.

Ini adalah strategi yang membuat IKEA mampu menawarkan harga 20% lebih murah daripada pesaingnya, dan IKEA masih dapat menghasilkan keuntungan besar karena menerapkan penghematan biaya dan kualitas produk yang memuaskan pelanggan.

Mungkin strategi di atas bisa anda terapkan dalam bisnis Anda. Memang, belum tentu Anda tidak bisa untung dengan menjual harga murah kepada pelanggan tetapi Anda harus berhati-hati dalam merumuskan strategi keuangan.

Strategi harus melibatkan semua proses bisnis seperti operasional, manajemen, pemasaran, pembelian dan penjualan karena dapat mempengaruhi harga yang dapat Anda masukkan pada produk atau layanan. Ingat bahwa banyak penjualan tidak selalu menguntungkan jika kita tidak akrab dengan biaya lain yang sedang terjadi dalam bisnis.

Leave a Reply