12 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Seseorang Jadi Mitra Bisnis

Apakah Anda berpikir untuk menciptakan kemitraan bisnis? dan siapakah orang yang Anda pikirkan untuk di ajak menjadi mitra bisnis Anda? Dalam menentukan partner bisnis memang perlu banyak pertimbangan. Ada banyak hal yang perlu dijadikan bahan pertimbangan Anda dalam memilih partner bisnis sebelum menentukan mana yang tepat. Karena pada dasarnya menyatukan dua orang yang berbeda itu tidaklah mudah dilakukan.

Namun, di dunia kewirausahaan sudah menjadi keharusan untuk sang pelaku bisnis memiliki seorang partner kerja, demi meningkatkan usahanya. Mengingat bahwa, menjalankan bisnis sendiri itu akan menjadi terlalu sulit karena berbagai alasan. Misalnya, karena tuntutan ekspansi yang menuntut injeksi keuangan, persyaratan hukum atau beban kerja yang terlalu banyak di perusahaan, yang pastinya itu membutuhkan orang lain untuk membantu kita atau yang di sebut dengan partner bisnis. Artinya, membentuk kemitraan di dunia bisnis akan menjadi suatu kebutuhan.

mitra bisnisKita harus mencari rekan bisnis yang bisa melengkapi kekurangan kita. Karena manusia itu diciptakan dengan adanya kelebihan dan kekurangan, maka kita harus mencari orang yang bisa menutupi kekurangan kita dengan kelebihan yang dia miliki. Sebagai contoh, jika anda menguasai dan hebat dalam hal marketing, maka jangan mencari mitra bisnis yang juga cuma menguasai dan hebat dalam hal marketing. Coba cari mitra bisnis yang mungkin menguasai dan hebat di sales atau di akunting. Begitu juga sebaliknya.

Penting untuk mengevaluasi kualitas seseorang sebelum memilih untuk menjadi mitra untuk memulai bisnis atau apakah itu cukup bahwa kita mengenali dan mempercayai mereka dalam mengembangkan bisnis baru? Guna membantu Anda dalam menentukan partner bisnis yang sesuai maka kami akan berikan beberapa tips atau cara jitu dalam memilih partner bisnis yang tepat. Sehingga dapat Anda jadikan pedoman dalam mengambil keputusan agar dapat menemukan partner bisnis yang sesuai.

Sebelum memulai bisnis, penting bagi Anda untuk mengevaluasi kualitas seseorang sehingga dapat memilih mitra bisnis yang tepat. Tindakan Anda menentukan perjalanan bisnis untuk jangka panjang. Mari kita periksa apa persyaratan kualitasnya ketika memilih seseorang untuk menjadi mitra.

1. Berpengalaman Dalam Bisnis

Memang benar bahwa kita tidak dapat melihat kesuksesan bisnis dengan melihat keberhasilan masa lalu yang telah dilakukan oleh calon mitra. Tetapi dari kami yang bekerja dengan mereka yang tidak memiliki pengalaman, lebih baik dengan mereka yang pernah menjalani bisnis. Tujuannya adalah untuk memiliki eksposur masing-masing dalam menghadapi probabilitas potensial dan telah berada di lingkungan start-up bisnis.

2. Tidak Pasif

Karena dapat dikatakan sebagian besar waktu akan dihabiskan bersama mereka (mitra) untuk membahas perencanaan bisnis. Jadi Anda harus memilih seseorang yang dapat bekerja sama dengan Anda sepenuhnya. Bukan ‘partner tidur’. Yang Anda rasa nyaman dalam memulai bisnis. Mitra kerja sama tidak keberatan dengan masalah yang tidak relevan, tetapi tetap teguh ketika keputusan penting dibuat.

3. Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Seorang pelaku bisnis atau seseorang yang ingin memasuki dunia bisnis haruslah mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan atau terhadap pekerjaan dan tugas mereka. Hal tersebut sangatlah penting karena dengan memiliki rekan usaha yang memiliki tanggung jawab yang tinggi maka tentunya dia akan merasa terus termotivasi agar dapat melakukan yang terbaik. Sehingga secara tidak langsung Anda pun juga akan merasa termotivasi agar melakukan yang terbaik demi kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan.

4. Jaringan Kuat

Pentingnya ‘jaringan’ dalam mengembangkan bisnis, apalagi bisnis start-up. Jika Anda memiliki mitra ‘jaringan’ maka bisnis Anda akan mudah dimiringkan. Sumber ini sangat penting dalam memperluas bisnis baru. Ketika mitra bisnis Anda memiliki jaringan terbatas maka Anda akan terjebak dengan jaringan yang ada. Ini karena seseorang dengan jaringan yang kuat dapat menemukan bisnis Anda dengan peluang baru dalam bisnis karena mereka berpengalaman dalam menangani berbagai bisnis dan industri.

5. Carilah yang Memiliki Jiwa Wirausaha

Pada saat sebelum Anda memilih partner bisnis untuk usaha Anda, pastikan bahwa Anda melakukan survey dahulu terhadap beberapa calon terbaik yang telah Anda tentukan. Berdasarkan dari beberapa calon yang telah Anda tentukan tersebut, pilihlah mereka yang mempunyai jiwa wirausaha yang tinggi. Rekan bisnis yang mempunyai jiwa wirausaha biasanya tak akan mudah merasa putus asa dalam menjalankan bisnis. hal tersebut dapat menjadi nilai positif bagi bisnis Anda apabila Anda merekrut mereka untuk menjadi partner usaha Anda.

6. Carilah Mereka yang Bisa Fokus

Tips yang satu ini sangatlah penting untuk dijadikan bahan pertimbangan Anda. Carilah mereka yang dapat fokus saat sedang mengerjakan apapun khususnya bisnis. Maka dari itu, sebelum Anda memilih seseorang atau lebih untuk Anda jadikan partner bisnis Anda usahakan terlebih dahulu mengenal pribadi mereka yang nantinya akan menjadi partner usaha Anda.

Apakah dia termasuk orang yang senang mencampurkan masalah pribadi ke dalam pekerjaan? Jika iya maka pertimbangkanlah untuk menjadikan dia sebagai partner Anda karena pribadi yang seperti itu biasanya tidak akan dapat fokus dalam mengerjakan pekerjaannya karena ketidakmampuannya dalam memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan.

7. Bersungguh-sungguh

Ketika membuat bisnis baru, semua anggota dan pendiri harus memiliki banyak waktu untuk mengembangkan bisnis. Tidak cukup 5 – 10 jam per minggu waktu yang dialokasikan. Anda bahkan membutuhkan seseorang yang dapat melakukan 30-40 atau 50 jam seminggu dalam memulai bisnis. Masalah ini adalah karena kemungkinan bahwa calon mitra memiliki karier atau komitmen lain, maka waktu yang dialokasikan untuk bisnis Anda akan sangat terbatas. Jawabannya pasti TIDAK!

8. Kejujuran dan Keandalan

Kegagalan dalam ‘start-up’ dan kesalahan yang terjadi adalah kebenaran umum di dunia bisnis. Anda tidak dapat menghindari ketidakpastian apa pun dalam bisnis yang baru saja dimulai ini. Risiko ini dapat dikurangi dengan memilih mereka yang jujur dan dapat diandalkan. Mengapa kualitas ini penting dalam bisnis ‘start-up’? Pentingnya mendapatkan mitra bisnis yang mampu melakukan hal yang benar untuk perusahaan meskipun keputusan itu tidak menguntungkan semua orang.

9. Mereka yang Mempunyai Skill

Dengan mempunyai partner yang memiliki keahlian sesuai bidang bisnis yang akan dijalankan maka akan membantu Anda mempermudah dalam menjalankan bisnis tersebut. Selain itu dia juga akan lebih mudah memberikan masukan demi kelangsungan usaha yang dijalankan. Lain halnya apabila Anda memiliki rekan kerja yang tidak memiliki keahlian sesuai dengan jenis usaha yang sedang dijalankan, tentu Anda tidak akan bisa mendapatkan saran atau masukan apapun apabila bisnis Anda mendapati kendala.

10. Yang Memiliki Kedekatan Emosi

Dalam memilih partner untuk bisnis yang sedang Anda jalankan, mungkin akan lebih baik jika Anda memilih yang sudah Anda kenal sebelumnya. Karena biasanya rekan bisnis yang berasal dari orang-orang terdekat Anda akan memiliki kedekatan secara emosional dengan Anda. Dengan adanya kedekatan tersebut maka pastinya akan mempermudah Anda dalam berkomunikasi. Berbeda halnya saat rekan bisnis tersebut merupakan orang yang baru Anda kenal. Biasanya akan memerlukan lebih banyak waktu bagi Anda dan dia agar dapat merasa dekat secara emosional antara satu sama lain, dan itu tentunya akan dapat menghambat komunikasi Anda.

11. Harus Punya Komitmen yang Sama

Akan sangat sulit bagi Anda untuk bisa mengembangkan bisnis jika cuma Anda yang menggebu-gebu, sementara mitra bisnis Anda cuma bersantai ria. Kontribusinya harus sama. Tapi bukan berarti jika Anda bekerja 10 jam per hari, dia juga harus begitu. Akan tetapi, semua tergantung dari perjanjian awal, dan itu harus sudah menjadi kesepakatan antara Anda dan juga mitra bisnis Anda.

Misalnya, mitra bisnis Anda yang mempunyai dana dan Anda yang bertugas untuk menjalankan bisnis. Mitra Anda mungkin tidak perlu menjalankan bisnis ini sama jumlah jam kerjanya dengan Anda, namun yang penting Anda mempunyai komitmen yang sama, yaitu “memajukan usaha yang di jalankan” Intinya, memegang teguh perjanjian awal ketika memutuskan untuk bermitra dengan seseorang.

12. Dapat Bekerjasama

Tujuan utama dari melakukan pencarian rekan bisnis yaitu untuk menjalin kerjasama yang bisa saling menguntungkan satu sama lain. Agar tujuan tersebut dapat dicapai dengan mudah maka pastikan Anda dapat memilih partner usaha yang tepat. Pilihlah mereka yang dapat diajak untuk bekerja sama karena hal tersebut akan sangat penting mengingat kelangsungan usaha Anda bergantung pada kerjasama yang baik antara partner usaha Anda tersebut dengan diri Anda.

Begini realitanya, manusia akan bekerjasama satu sama lainnya, jika ada keuntungan yang akan didapatkannya atas kerja sama tersebut. Ketika seseorang dapat memiliki tujuan yang sama dengan kita, maka sudah pasti usaha yang di jalankan akan dapat menuai hasil yang maksimal.

Kata Penutup

Jadi pada intinya, Anda harus bisa mengenal karakter yang di miliki oleh orang yang hendak Anda jadikan seorang mitra. Entah itu seseorang yang sudah Anda kenal atau tidak, entah itu sahabat, teman kuliah, teman sekolah, keluarga atau kerabat dekat lainnya. Ketika Anda sudah mengetahui akan karakter yang dimilikinya, maka otomatis Anda akan tau dia layak atau tidak di jadikan seorang mitra.

Karena karakter adalah sesuatu yang sudah menjadi bawaan seseorang dari dulu, karakter berkembang secara natural selama proses hidup, maka akan sangat sulit untuk merubah karakter seseorang. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa karakter seseorang bisa saja mengalami sedikit perubahan karena terpengaruh dari lingkungan, tingkat pendidikan dan lain sebagainya.

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat saat Anda bermitra dengan seseorang. Mungkin banyak pengusaha pemula yang melupakan satu hal ini, yaitu ‘Hitam diatas Putih’, nama lain dari ‘Perjanjian’ atau lebih kerennya yaitu ‘Momerandum of Understanding (MoU)’. Padahal, dalam kerjasama apapun termasuk bisnis, MoU adalah elemen utama yang peting agar Hak dan Kewajiban kedua belah pihak terdeskripsi dengan jelas. Tanpa adanya MoU, maka satu pihak akan dapat sembarangan menganggap kerjasama tersebut.

Bergeraknya atmosfer bisnis di era sekarang ini, seorang pebisnis sangat dituntut memiliki mitra usaha yang kredibel dan dapat diandalkan. Karena era sekarang adalah era kolaborasi dimana persaingan justru muncul dari kerjasama antara orang-orang hebat yang bersatu. Namun ingat, hebat saja tidaklah cukup, ia juga harus memiliki beberapa kriteria di atas agar perusahaan Anda dapat mencapai keberhasilan.

Jangan sampai salah memilih ya!! Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencari yang terbaik!

Leave a Reply