Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil agar Bening Kembali Tanpa Harus Mengeluarkan Uang Banyak

Awalnya mungkin lampu mobil akan terlihat baik-baik saja alias masih terlihat kinclong. Namun lama kelamaan lampu mobil pasti akan terlihat semakin buram seiring waktu. Khususnya untuk lampu di bagian depan, karena ia merupakan salah satu bagian yang paling vital dalam berkendara.

Perubahan warna pada mika lampu mobil bisa jadi disebabkan karena panas yang muncul dari bohlam lampu dengan watt yang cukup besar. Panas tersebut yang kemudian menyebabkan mika berubah menjadi kekuningan. Selain itu, faktor lain seperti cuaca, usia pemakaian, karena debu atau kotoran, jamur kaca hingga goresan karena pemakaian juga dapat menjadi penyebab menurunnya performa lampu depan mobil Anda.

mobil bersihHal itu jangan dibiarkan begitu saja, karena akan berbahaya untuk Anda sendiri atau buat pengendara yang lain. Misalnya, saat kondisi malam hari, atau pas di jalan ada hujan, mika kaca lampu mobil yang kusam akan membuat sinar lampu yang dihasilkan menjadi kurang maksimal. Akibatnya, jalanan yang Anda lihat akan menjadi kurang terang. Nah di situlah bahayanya..!!

Sebenarnya, ada berbagai cara dan produk yang bisa digunakan. Atau biar lebih gampang dan juga praktis Anda hanya perlu membawanya ke salah satu perawatan mobil, namun untuk hal itu Anda harus menyiapkan sejumlah dana yang lumayan banyak. Bagi yang punya uang sih nggak masalah, tapi bagi yang keadaan dompetnya lagi tipis akan jadi masalah. Untuk itu disini kami akan bagikan bagaimana cara untuk membuat lampu mobil yang sudah buram menjadi terang kembali, tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Bagaimana caranya, yuk kita simak selengkapnya!!

Materi yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Kain lap bersih dengan tekstur yang halus
  • Air sabun (bisa sabun cuci mobil atau sabun biasa)
  • Ampelas ukuran 600 (untuk awal)
  • Ampelas dengan ukuran 1500 secukupnya (Jika kaca lampu banyak terdapat baret halus)
  • Cairan pembersih khusus kaca lampu (Autosol metal polisher). Bisa didapatkan di toko perlengkapan otomotif atau dapat digantikan dengan car wax dan juga sikat.

Langkah-langkah Yang Harus Di Lakukan adalah sebagai berikut:

Pertama, ambil amplas kelas 600 untuk menghilangkan lapisan kuning dan buram dan juga agar kotoran yang menempel hilang (Anda juga dapat menggunakan kain lap atau sikat pada tahap ini)

Kemudian gosok atau cuci kaca lampu mobil dengan air sabun. Bilas dengan air bersih, dan lap sampai benar-benar kering. Selanjutnya jika kaca mobil terdapat goresan-goresan halus, Anda dapat menggunakan ampelas ukuran 1500 yang telah dipersiapkan.

Gosok bagian yang tergores dengan ampelas hingga goresan mulai tidak terlihat. Jika dirasa perlu, maka anda dapat menggunakan amplas yang sudah dibasahi dengan air. Oleskan kompon atau cairan pembersih lampu mobil secara merata. Gosok dengan menggunakan lap bersih dengan gerakan memutar dan sedikit ditekan. Tunggu hingga sampai benar-benar kering, kemudian lap dengan menggunakan lap bersih.

Lakukan langkah ini hingga permukaan mika terlihat benar-benar bening dan tidak ada lagi goresan-goresan. Pastikan lampu sudah benar-benar terlihat bening dan jernih. Dan itu juga menjadi pertanda jika Anda sudah melakukannya dengan baik.

Anda akan mendapatkan mika kaca lampu mobil menjadi lebih bening dan halus. Jika dirasa perlu, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas hingga hasilnya benar-benar memuaskan. Dengan demikian, sorot lampu yang dihasilkan juga akan lebih terang dan tidak redup lagi. Nampak seperti baru lagi kan??

Bahaya jika Anda membiarkan lampu mobil Anda tetap buram. Jadi, mari kita lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan cara di atas. Sangat mudah dan juga aman, dan yang paling penting tidak harus mengeluarkan banyak uang.

Berikut juga akan kami berikan beberapa tips untuk mencegah terjadinya buram kembali pada lampu yang sudah dibersihkan:

  • Gunakan lampu dengan daya yang sesuai.
  • Perhatikan karet penutup bohlam.
  • Karet penutup bohlam ini kadang-kadang robek/ getas, jika ini terjadi segera ganti dengan yang baru karena karet penutup bohlam yang getas/ robek dapat menyebabkan masuknya debu atau kotoran lain pada rumah lampu.
  • Perhatikan seal penutup mika. Seal penutup mika ini sangat mudah dilihat karena berada di luar rumah lampu. Jika seal ada yang robek/ berlubang/ getas maka akan sangat mudah bagi air dan debu masuk rumah lampu, ganti atau benahi seal ini.
  • Jaga kebersihan kap mesin terutama untuk mesin mobil yang di depan. Kotornya mesin dapat membuat debu/kotoran dari ruang mesin masuk melewati bohlam lampu, jika perlu gunakan isolasi untuk merapatkan lubang-lubang yang mungkin menjadi jalan masuk debu dari ruang mesin ke rumah lampu.
  • Parkir di tempat teduh. Sinar UV yang berasal dari matahari dapat memberikan dampak kaca headlamp menjadi menguning lebih cepat akibat panas yang berasal dari sinar UV.
  • Gunakan Cairan anti UV atau Wax sebagai pelindung kaca lampu mobil. Saat ini sudah banyak toko sparepart mobil menjual Cairan anti UV ini dan dapat anda gunakan sebagai pelindung kaca lampu kendaraan anda.
  • Cuci kaca headlamp setelah hujan. Air hujan dan kotoran dapat membuat kaca headlamp mobil Anda mengalami goresan, sehingga berdampak masuknya partikel kotoran kedalam sel-sel kaca headlamp. Hal ini akan berdampak pada keawetan kaca headlamp itu sendiri. Sebaiknya segera cuci kaca headlamp menggunakan air bersih setelah mobil Anda terguyur hujan.

Leave a Reply