Bagaimana Stres Membuat Anda Menuai Keberhasilan dalam Pekerjaan?

Hampir semua orang pernah mengalami stres. Sampai-sampai kata stres sudah menjadi salah satu kata yang populer dan menjadi bahan candaan di kalangan masyarakat. Dan mungkin sudah banyak orang yang mengetahui akan dampak atau bahaya yang di sebabkan oleh stres. Apalagi jika terlalu banyak atau berlebihan. Tapi ternyata, terlalu sedikit juga bukanlah sesuatu yang ideal. Riset mengatakan bahwa sedikit mengalami stres baik bagi kesehatan Anda dan tidak selalu buruk. Hal ini disebut dengan “good stress” atau “stres yang baik.”

Pada dasarnya stres dapat dibagi menjadi dua, yaitu “good stress” (stres yang baik) dan “bad stress” (stres yang negatif atau buruk). Stres yang buruk ini adalah stres yang kita kenal selama ini sebagai suatu masalah kesehatan yang harus kita hindari, yaitu stres kronis. Stres ini tidaklah terkontrol, hal ini dapat saja terjadi karena adanya tekanan berlebih kejiwaan seseorang, seperti kehidupan keluarga yang buruk, beban pikiran yang berlebih dan lain sebagainya.

STRESS PEKERJAANSedangkan stres yang berdampak baik bagi kesehatan, hal ini dikenal dengan nama “good stress” yaitu sebuah stres jangka pendek yang hilang dengan cepat dan tidak terlalu membebani pikiran seseorang. Seperti saat Anda terjebak macet, gelisah karena presentasi (tentang masalah pekerjaan) dan sejenisnya. Stres memang sangat mengganggu sang penderita, apa lagi jika itu berlebihan (stres kronis), tetapi tahukah Anda jika kadang stres juga dibutuhkan, selama Anda mampu mengelolanya dengan baik, karena itu akan mampu membawa dampak positif bagi Anda. khususnya dalam hal menangani bisnis atau masalah pekerjaan.

Misalnya, Anda sedang mengalami stres dalam mengembangkan suatu bisnis. secara tidak langsung kita pasti akan terus berusaha untuk mendorong diri kita agar menemukan cara atau ide-ide yang terbaik untuk mengembangkan bisnis. Tapi ingat, stres tanpa tindakan juga tidak berguna. Jangan stres tanpa memikirkan solusinya. karena Itu hanya akan membebani dan membuat kepala Anda pusing saja ! Dan pada akhirnya hanya akan membuat Anda berakhir pada stres berat (kronis).

Itulah hal yang perlu kami ingatkan pada Anda, sebagai manusia yang terlahir dengan mempunyai pemikiran, memanglah sulit untuk menghindarkan diri dari yang namanya stres. Namun perlu Anda ingat ! Apapun masalah yang membuat kita stres, pastikanlah untuk memikirkan solusinya. Jangan malah stres memikirkan apa yang telah terjadi. Yang terjadi biarlah terjadi yang paling penting buat diri Anda keluar dari masalah itu dengan memikirkan solusinya dan apa langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan.

Apa yang perlu disoroti di sini adalah bagaimana Anda mengendalikan stres sehingga Anda bisa menjadi seorang pemimpin yang hebat bagi staf Anda dan bukan hanya seorang bos. Bisakah stres membuat Anda menjadi seorang pemimpin atau menjadikan Anda mencapai keberhasilan dalam hal pekerjaan?

Mungkin sudah di jelaskan di atas, jika stres tidak selalu berdampak buruk apa bila Anda mampu mengelolanya dengan baik. Kami akan jelaskan beberapa hal-hal positif yang menjadikan stres berdampak positif bagi Anda dalam hal mencapai keberhasilan dalam pekerjaan. Mari kita simak selengkapnya!

Pikiran Cepat

Jika stres berlanjut kepada Anda maka itu akan mengganggu kesehatan, tetapi jika ada sedikit stres itu benar-benar membantu Anda untuk tetap di jalur dan berpikir lebih cepat. Pahami prioritas Anda dan jangan mendiskreditkan diri Anda dengan politik kantor. Stres yang muncul dari masalah serius dapat diatasi dengan kekuatan mental yang kuat.

Membentuk Tim yang Lebih Baik

Pengusaha yang tertekan dan khawatir bagaimana menyelesaikan tujuan mereka akan bertindak lebih cepat ketika bekerja dengan orang lain untuk memecahkan masalah. Sama seperti pemain sepak bola yang merasa gugup sebelum mereka menghadapi pertandingan besar. Perasaan cemas dan khawatir akan membantu dan memotivasi mereka untuk melakukan lebih baik daripada sebelumnya.

Latih Diri Anda untuk Mengelola Stres

Apabila Anda selalu berhadapan dengan stress, lama-kelamaan Anda akan terbiasa mengatasinya dan bertindak secara optimum ketika berada di situasi yang kritikal. Usahawan yang sudah biasa berhadapan dengan stress akan lebih ‘cool’ dan tenang. Membantu pasukannya mengendalikan masalah yang dihadapi oleh bisnis. Sehingga dapat terhindar dari suasana panik dan menuding jari antara satu sama lain.

Andai kata masalah dalam bisnis pada tahap yang menggusarkan, usahawan yang bijak mengawal stres akan menghadapinya dengan tenang. Apabila orang lain khususnya staff melihat Anda tenang, maka mereka akan meletakkan kepercayaan kepada Anda dan menggalakkan mereka untuk berfikir lebih positif dalam menyelesaikan masalah yang sedang menimpa bisnis.

Menjadikan Pemikiran Lebih Kreatif

Bisnis yang berada dalam zona aman, memang akan membuat Anda merasa santai dan biasanya akan membuat Anda menjadi lebih tenang (Tidak sampai membuat Anda merasa stres). Namun, Anda juga harus siap jika suatu saat nanti usaha bisnis Anda akan berjalan begitu-begitu saja, bahkan mungkin saja itu yang akan membuat Anda kalah dalam persaingan.

Apakah Anda pernah menyadari, di saat Anda merasa ” stres “dalam menangani pekerjaan, itu sama artinya jika Anda sedang berusaha menampilkan ide-ide yang terbaik yang mungkin akan mampu untuk menjadikan Anda mendapatkan keberhasilan dalam pekerjaan.

Usahawan yang tidak merasakan tekanan (takut merasakan stres) dan membiarkan tekanan itu 100% ditanggung oleh team untuk menyelesaikan masalah tersebut sebenarnya, merupakan titik awal para usahawan mendapatkan kegagalan dalam bisnisnya. Usahawan yang tidak mau bekerja keras untuk bisnisnya, bisa di katakan usahawan yang gagal memberi inspirasi kepada pekerja mereka untuk bekerja secara konsisten dan bersemangat.

Jadilah ketua yang kreatif dalam meningkatkan produktivitas pekerja, dengan memberi solusi yang kreatif dan memberi inspirasi kepada pekerja. Serta mengajak mereka bekerja sebaik mungkin, tidak takut akan tantangan, dan juga tidak takut akan stres. Dengan begitu, sudah pasti Anda akan berjaya dan berhasil dalam pekerjaan Anda.

Stres dalam pekerjaan akan bisa menjadikan Anda berhasil serta mampu menjadi seorang pemimpin yang kuat dan juga hebat. Secara tidak langsung, stres yang tidak berlebihan akan mampu membawa dampak positif buat Anda dalam menjalani bisnis atau pekerjaan. Tidak hanya dalam hal pekerjaan, ternyata stres juga dapat berdampak positif akan beberapa hal. Berikut 5 dampak positif dari sedikit stres bagi diri Anda:

1. Dapat membantu Anda menjadi lebih kreatif (creative stress)

Anda mungkin pernah mengalami saat-saat dimana Anda kehabisan ide kreatif dan Anda terus memikirkannya dalam waktu yang cukup lama, hingga tiba-tiba ada sebuah ide cemerlang yang terlintas di benak Anda. Hal itu juga sering terjadi ke para seniman atau penulis buku ternama.

Hal ini disebabkan karena jika pikiran kita selalu tenang dan santai, maka pikiran kita tidak akan pernah melihat suatu hal dalam sudut pandang yang berbeda. Berbeda halnya saat kita mengalami stres karena berusaha menemukan pemikiran kreatif, pikiran kita akan berusaha melihat semua alternatif yang ada dalam sudut pandang yang berbeda-beda dari pemikiran kita biasanya.

2. Baik untuk sistem ketahanan tubuh Anda (stress help immune system)

Penelitian lain membuktikan bahwa stres jangka pendek dapat meningkatkan ketahanan tubuh Anda. Pada saat kita mengalami stres, tubuh kita akan merilis sebuah hormon yang dikenal dengan nama cortisol (hormon stres), hormon ini akan meningkatkan ketahanan tubuh kita.

Di sisi lain, jika kita terlalu sering mengalami stres dan tekanannya sangat tinggi (stres kronis), hal ini akan berdampak sebaliknya. Anda akan mengalami kelebihan hormon cortisol yang akan mengarah ke penyakit seperti obesitas dan diabetes.

3. Membuat Anda lebih Sehat (good stress: exercise)

Tahukah Anda bahwa olahraga sebenarnya merupakan salah satu bentuk memberikan stres jangka pendek (good stress) ke tubuh Anda? Mengangkat beban, berlari, bersepeda dan olahraga lainnya merupakan bentuk nyata “good stress.” yang jika dilakukan secara berkala pada akhirnya akan mengurangi tingkat stres dan meningkatkan hormon endhorphin yang akan membuat Anda merasakan sensasi ‘rasa enak (segar)’ pada tubuh Anda.

4. Menjaga orang-orang terkasih seperti anak Anda (stress protect children)

Berdasarkan beberapa ahli, ibu yang mengalami stres dalam menjaga agar anak mereka selalu aman akan benar-benar secara praktikal meningkatkan tingkat keamanan anak mereka. Hal ini juga membuktikan kepedulian dari seorang ibu akan anaknya dimana jika Anda tidak mempedulikan apapun Anda tidak akan memikirkannya. Tetapi Anda harus berhati-hati terhadap stres berlebih atau kewaspadaan berlebih yang malah mengarah ke ketakutan dan reaksi berlebihan.

5. Membuat Anda lebih termotivasi (help focus and motivation)

Tingkat stres yang optimal dan tepat dapat membuat Anda lebih bersemangat, terfokus dan termotivasi. Tanpa adanya stres yang cukup, Anda tidak akan memberikan upaya sepenuhnya dan akan sering melakukan kesalahan. Jika Anda terlalu santai, itu berarti Anda tidak berusaha mendorong diri Anda keluar dari zona aman dan mengambil resiko untuk meningkatkan karir Anda. Berhasil menangani stres adalah cara nomor satu untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam kerja dan lingkup kehidupan lainnya.

Nah apakah sekarang Anda sudah lebih menyadari, jika tidak selamanya stres itu merugikan penderitanya. Yang terpenting Anda dapat mengelolanya dengan baik. Jika Anda selalu mampu berpikir positif maka, rasa stres-pun bisa menjadi hal yang baik dan berguna untuk Anda sendiri atau pun orang lain. Semoga saja penjelasan di atas akan bermanfaat buat Anda.

Leave a Reply