Tips Tampil Yakin dan Pede Dalam 8 Situasi Penting

Berikan kesan yang baik saat seseorang pertama kali melihatmu! Alexander Todorov, profesor psikologi di Princeton, AS, menunjukkan bahwa orang-orang bisa membuat penilaian tentang apakah orang tersebut menyenangkan, tingkat kepercayaan, dan kompetensi seseorang setelah melihat wajah mereka kurang dari sepersepuluh detik.

Dari gaya Anda berpakaian, gestur tubuh saat Anda berbicara, atau seberapa sering Anda tersenyum saat berbicara dengan orang lain. Sehingga orang lain akan dapat berasumsi tentang kepribadian seseorang. Di saat kita di hadapkan akan sesuatu yang harus menuntut kita terlihat sempurna, kadang akan membuat kita merasa sibuk sendiri. Dan itu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Memang sebagai seorang manusia kita pasti akan selalu merasa nyaman ketika kita bisa menjadi diri sendiri. Namun terkadang akan ada saatnya tiba, dimana kita harus bisa mengendalikan keadaan atau berusaha menampilkan yang terbaik demi sebuah alasan. Dan itu harus kita lakukan!

percaya diriMungkin rasa percaya diri akan bisa menjadi modal utama untuk memiliki mental yang kuat dan berani. Karena dengan memiliki rasa percaya diri, di yakini kita akan mampu untuk menghadapi segala kondisi. Rasa percaya diri yang kuat akan membuat kita mampu untuk berfikir secara lebih matang dan yang pasti tidak akan membuat kita lari dari masalah. Rasa percaya diri juga mendukung pelaksanaan dan tekad yang kuat, sehingga secara tidak langsung akan membuat kita bisa untuk menghargai diri kita sendiri.

Kekuatan mental seseorang turun karena terlalu sering membanding- bandingkan diri dengan orang lain. Cobalah untuk lebih menghargai diri sendiri dan menganggap bahwa diri Anda juga tidak kalah dengan yang lainnya. Identifikasi kekuatan atau keahlian yang Anda miliki dan tunjukkan. Setelah Anda merasa yakin akan rasa percaya diri yang Anda miliki sehingga dapat membuat Anda menghargai diri sendiri, berarti itu menandakan bahwa Anda sudah siap menampilkan diri untuk menghadapi beberapa situasi penting yang mungkin akan terjadi dalam hidup Anda.

Dikatakan sangat wajar ketika kita hidup bermasyarakat, kita akan saling menilai antara satu sama lain. Mereka akan membuat titik tentang Anda dan juga kepribadian Anda, sepanjang waktu, begitupun sebaliknya.
Namun Anda tidak perlu merasa tertekan ataupun mengabaikannya. Jika Anda tahu kapan dan bagaimana mereka membuat asumsi semacam itu, maka Anda dapat mengendalikan situasi agar Anda mampu mendapat kesan yang baik saat awal pertemuan dengan seseorang.

Disini akan kami bahas beberapa situasi yang mungkin mengharuskan Anda untuk terlihat sempurna, sehingga mampu membuat orang yang Anda hadapi menerima serta mengakui akan pribadi Anda. Ini juga bisa menjadi salah satu tips bagi Anda yang mungkin sedang mengalami salah satu situasi di bawah ini, yang sekiranya membuat Anda merasa bingung untuk menghadapinya. Cara atau tips tampil yakin dan hebat dalam 8 situasi penting berikut ini:

1. Lanjut dengan Seseorang yang Disukai

– Ketika Anda keluar untuk bertemu seseorang yang Anda sukai, maka pastikan Anda bisa mendapatkan kursi di sebelahnya. Karena jika Anda duduk berhadapan sebenarnya akan membuat Anda sedikit sulit untuk mengobrol.

– Tidak ingin terlihat rakus (banyak makan), karena mungkin Anda merasa takut tidak terlihat elegan akan hal itu, sehingga Anda hanya memesan salad. Tapi tahukah Anda jika itu akan semakin membuat Anda terlihat agak norak (tidak usah sampai sebegitunya juga). Akan lebih baik jika Anda memesan makanan yang layak.

– Selalu ingat jika Anda tidak sendiri di tempat tersebut. Akan ada orang lain yang bisa Anda anggap sebagai teman yang perlu Anda sapa atau hanya memberi senyum (tanda ramah). Karena sudah pasti dia juga ingin tau bagaimana Anda menangani suasana sosial semacam itu.

– Jangan sekali-kali memulai percakapan dimana Anda menyebutkan orang lain atau membahas akan kelemahan atau keburukan seseorang. Misalnya, mengatakan jika Anda merasa jengkel pada bos atau mengeluh tentang pekerjaan Anda, karena itu akan membuat ia berpikir jika Anda itu tipe seseorang yang manja dan tidak baik.

2. Berhadapan dengan Ibu atau Bapak Mertua

– Bagi para menantu yang baik, berhadapan dengan ibu atau bapak mertua ataupun masih calon, terkadang akan membuat kita merasa gugup bahkan ada rasa takut jika kita tidak di sukai atau di setujui gara-gara adanya kesalahan atau kekurangan yang kita miliki. Sehingga terkadang kita mencari cara untuk bisa mengambil hatinya sehingga mereka dapat membuka diri untuk menerima kita sebagai menantunya. Misalkan membuat ia merasa nyaman di saat bertemu atau berkunjung.

– Tidak perlu tempat lilin penuh dengan satu rumah, tetapi cukup pilih botol bunga segar untuk memperharum ruangan sehingga akan membuatnya merasa nyaman dan betah.

– Cukup tau bagaimana cara membuat minuman entah itu kopi, teh ataupun jus dan juga upayakan untuk setidaknya tau dan bisa memasak beberapa jenis makanan yang mungkin tidak terlalu sulit.

– Jangan lupa untuk membersihkan kamar mandi, karena ibu atau bapak mertua biasanya akan bisa membaca apakah Anda tipe cleaner atau sebaliknya.

– Jangan lupa untuk menanyakan keadaan serta kesehatannya.

3. Ingin Bos Menyukai Anda

– Tunjukkan bahwa Anda memiliki keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan sosial. Mungkin Anda bisa meletakkan foto Anda dengan teman-teman terbaik Anda dan selalu berhubungan baik dengan rekan kerja Anda.

– Sebaiknya jangan menghias meja kerja yang berlebihan dengan item berwarna merah muda atau pena berbulu dan benda lain yang tidak cukup berguna.

– Jika Anda ingin terlihat serius dan juga dewasa, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan pena barbie atau pena yang berwarna norak (aksesoris yang membuat Anda terlihat seperti kurang dewasa)

– Selalu cekatan, menunjukkan kinerja yang baik dan juga selalu siap di andalkan.

4. Buat Klien Merasa Terpukau

– Hidangkan biskuit yang tampak mewah, ini secara halus akan membuat klien Anda merasa diberi layanan istimewa.

– Jika Anda hendak menghantar proposal atau proyek besar kepada mereka, sebaiknya gunakan font yang fancy, dan perlakukan ia dengan baik serta jangan pernah bosan untuk mendengar walaupun Anda kurang mengerti akan apa yang di katakan.

– Pastikan laporan Anda simple dan E-mail yang dihantar tiada emoticon.

4. Ingin Bersosialisasi terhadap Lingkungan Sekitar dengan Baik

tampil hebat– Dapat dibayangkan ketika kita ke suatu tempat atau masuk ke sebuah ruangan yang di penuhi dengan orang-orang asing yang tidak kita kenal, pasti akan membuat kita merasa tidak nyaman. Namun, kita juga tidak bisa terus menerus tinggal di dalam rumah, karena itu tidak akan baik untuk Anda ke depannya. Jangan khawatir karena yang perlu Anda lakukan hanya, menunjukkan ekspresi wajah yang bahagia, tunjukkan pesona yang Anda miliki, menaik-turunkan alis, temukan kesamaan, dan juga amati bahasa tubuh mereka. Jika itu yang Anda lakukan pasti Anda akan bisa berteman dengan 10 orang baru, atau makan siang bersama besok harinya, atau mendapatkan janji pengenalan tentang seluk-beluk suatu bisnis.

– Seringlah untuk berbagi pengalaman dengan teman. Kurangnya informasi yang Anda dapatkan tentang lingkungan baru akan menghambat dalam beradaptasi dan menjadi takut. Untuk mempersiapkan dan melatih mental yang kuat, Anda perlu menggali banyak informasi dari teman atau kenalan Anda yang paham mengenai suatu kondisi atau tempat. Sehingga Anda akan bisa lebih siap untuk menghadapi orang-orang baru.

– Selalu bersikap ramah pada setiap orang, tidak peduli jika ia seorang anak, orang yang lebih tua, perempuan atau laki-laki, kaya ataupun miskin. Bersikaplah sama tanpa memilih !

5. Nampak Hebat Di Hari Ulang Tahun Anda

– Jangan menunggu orang lain untuk mengucapkan selamat ulang tahun lebih dulu pada Anda, namun buatlah party itu sendiri. Dengan begitu pasti orang-orang akan berdatangan dan mengucapkan selamat pada Anda.

– Jangan berlagak seperti putri manja yang mengadakan sesi membuka hadiah, karena itu hanya akan membuat Anda mengabaikan tamu dan menyebabkan tamu lain membuat perbandingan nantinya.

– Perlakukan setiap tamu dengan istimewa tanpa terkecuali dengan menyuguhkan makanan atau minuman yang ada dan berkata “selamat menikmati semua”.

6. Untuk Mendapatkan Gelar Menjadi Seorang Istri yang Baik

– Mencintainya dengan tulus. Suami yang merasa dicintai dengan tulus oleh istri akan selalu diliputi kebahagiaan. Anda disebut istri yang baik jika suami selalu terlihat bahagia.

– Melakukan kewajiban sebagai istri yaitu mengurus kebutuhan suami, mencintai, dan menghormatinya. Sebagai bentuk penghormatan terhadap suami, Anda harus menjaga nama baik suami karena nama baik suami merupakan nama baik Anda juga. Sebagai balasannya Anda juga berhak untuk mendapatkan sikap hormat suami karena Anda merupakan teman hidupnya.

– Selalu ada untuk suami kapan-pun dan dimana-pun jika memang perlu dan memungkinkan.

7. Disayang Guru atau Pengajar

– Selalu memberikan salam dan juga menyapa. Di mana pun Anda berpapasan dengan guru (baik yang kamu kenal maupun tidak), sapa dan berikan salam dengan hormat. Tidak perlu malu!

– Harus rajin!! Selain rajin, Anda- pun wajib untuk selalu bersikap disiplin. Tidak datang terlambat ke sekolah, mengumpulkan tugas pada waktu yang ditentukan, dan tertib saat ada di kelas.

– Aktif, kreatif, dan inisiatif. Misalnya ketika sedang ada tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, libatkan diri Anda semaksimal mungkin. Jika anda aktif, maka guru akan menyadari kehadiran Anda. Selain itu, Anda jangan ragu menawarkan bantuan tanpa guru Anda memintanya terlebih dulu. Meskipun ia merasa diri Anda masih kurang pandai dibanding teman-teman lain, namun guru akan mengapresiasi segala keaktifan, kontribusi, ide, dan inisiatifmu.

8. Dapatkan Decak Kagum para Tamu Di Sebuah Pesta

– Anda harus tampil dan terlihat hebat dari atas ke bawah. Usahakan untuk menggunakan warna (berpakaian ) yang dapat membuat Anda terlihat menawan.

– Berikan satu statement piece, yang bisa Anda jadikan bualan yang akan dapat menghibur para tamu di awal sebagai membuka.

– Tampillah dengan rasa percaya diri yang kuat serta usahakan agar terlihat santai dan natural.

– Tidak perlu mengucapkan terlalu banyak kata yang kurang penting. Karena itu akan membosankan !

– Sesekali ajaklah tamu berinteraksi jika itu memang perlu di lakukan (cari waktu yang pas atau tepat ).

Kata penutup

Itulah beberapa tips untuk mengatasi beberapa situasi yang kadang membuat kita merasa bingung dan tidak tau harus berbuat apa. Semoga saja beberapa situasi di atas akan mampu menjadi solusi dan juga dijadikan tips di saat Anda mengalami hal yang sama tentunya.

Namun ingatlah akan satu hal, ketika seseorang memiliki rasa percaya diri dan mental yang kuat, maka juga akan memiliki keberanian untuk berbicara di depan umum atau di depan seseorang yang diseganinya ataupun pada seseorang yang di sukai, mengambil resiko, dan mampu bertanggung jawab akan suatu hal. Mental yang kuat dan keberanian dalam bersikap sangat dibutuhkan untuk menjalani kehidupan ini.

Leave a Reply