Panduan Lengkap Memberantas Kutu Rambut

Peradangan kutu adalah masalah umum untuk anak-anak antara usia 5 sampai 12 tahun. Hati-hati ketika anak-anak bermain atau berdekatan dengan teman-teman sebayanya. Kadang-kadang mereka tidak menyadari bahwa ada salah satu dari mereka yang telah terinfeksi kutu rambut. Nah bukan tidak mungkin jika anak Anda juga akan terkena.

Bahkan, ada banyak sumber datangnya kutu rambut, yang disebabkan oleh sentuhan kepala-ke-kepala dengan individu, berbagi-bantal, kasur, kerudung, helm, topi, handuk, aksesoris rambut, dan ketika penggunaan sisir bersama dengan orang yang rambutnya berkutu. Untuk itu, selalu biasakan membawa barang pribadi, guna meminimalisir penularan kutu. Kadang kala Anda tidak menyadari jika di kepala anak atau bahkan di kepala Anda sendiri terdapat kutu (telah terinfeksi kutu).

**Punya Kutu Rambut? Ini Tanda-tandanya!**

kutu rambutBerikut beberapa gejala yang mengindikasikan anak Anda atau Anda sendiri telah terinfeksi kutu pada rambut:

1. Munculnya bercak merah di kulit kepala / Frekuensi goresan

Kondisi bercak merah ini merupakan salah satu tanda bahwa adanya kutu rambut pada kepala, dan ini berarti kutu rambut telah menggigit bagian kulit kepala tersebut. Bercak merah sebagai tanda munculnya kutu rambut ini akan lebih merah tua dibandingkan dengan bercak merah akibat adanya kontak dengan bahan kimia yang ada didalam produk perawatan rambut.

2. Rasa gatal pada kulit kepala

Seringkali Anda terpikir dan mencari cara menghilangkan gatal di kepala, bisa jadi rambut yang gatal tersebut merupakan ciri-ciri rambut berkutu yang sudah mulai berkembang. Rasa gatal pada kulit kepala dikarenakan adanya reaksi dari air liur kutu rambut yang mengenai kulit kepala pada saat kutu melakukan gigitan pada kulit rambut.

Kontak antara kulit kepala dan air liur tersebut lah yang menjadikan kulit kepala menjadi gatal karena terjadinya reaksi kimia pada cairan penghilang kutu dengan kulit kepala. Bagi anak-anak yang sudah terjangkit kutu, biasanya ia akan terlihat sering menggaruk-garuk kepalanya. Jika itu terjadi, sempatkanlah untuk melihat keadaan rambut mereka, siapa tau kutu sudah meraja rela pada kepalanya.

3. Rasa ada sesuatu merayap di kepala

Jika anak Anda mengeluh, mereka merasakan sesuatu merayap di kepala mereka, Anda harus menganggap serius! Kutu rambut memang merayap di sekitar kulit kepala. Jadi cepatlah sebelum menyebar dan memburuk.

4. Kulit kepala merah (peradangan)

Akibat sering menggaruk, kulit kepala akan meradang (merah-merah) dan luka. Inilah yang ingin kita hindari. Apa lagi jika itu terjadi pada anak-anak kita, itu akan membuat mereka menderita sakit dan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan di kulit kepala mereka.

5. Terjadinya iritasi pada kepala

Gigitan yang dilakukan oleh kutu rambut untuk menghisap darah dapat menyebabkan munculnya iritasi. Iritasi yang terjadi pada rambut, dan seringkali munculnya rasa panas pada kepala juga dapat menjadi ciri iritasi rambut tersebut. Iritasi pada kulit kepala ini ditunjukkan hampir pada semua orang yang memiliki kutu rambut. Untuk mengetahui dengan jelas terkait dengan hal iritasi pada kulit kepala tersebut maka diperlukan kegiatan diskusi lanjutan. Selain gatal, rasa perih dan bercak merah juga merupakan bagian dari endozhel.

6. Adanya telur telur kutu yang menempel pada bagian bawah atau akar rambut

Ciri lainnya yang dapat dimunculkan dari kondisi rambut yang dipenuhi kutu adalah ditemukannya telur telur kutu terutama pada bagian bawah atau akar rambut. Telur tersebut biasanya akan terbawa atau menempel pada sisir dan terlihat seperti kotoran berwarna putih yang sedikit cerah.

Bentuk telur kutu rambut ini secara kasat mata sulit untuk dibedakan dengan kotoran lain dan ketombe yang merupakan sisa kulit kepala yang mengelupas. Telur kutu rambut yang menempel pada sisir inilah yang dapat menjadi media penularan dari orang yang berkutu rambut kepada orang lain.

***Penyebab Kutu Rambut***

kutu di kepalaBanyak sekali yang menjadi pemicu/penyebab munculnya kutu. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa menghindari hal tersebut, sehingga rambut aman dari gangguan kutu.

a. Tempat tinggal yang tidak bersih

Berbicara mengenai tempat tinggal, tentunya menyeluruh mulai dari area tempat tidur, baik itu kasur, sprei, bantal dan guling serta sarungnya. Selain itu juga sofa, dan bagian lain dalam rumah yang sering menempel pada rambut. Semua itu harus rutin dibersihkan, supaya tidak menjadi tempat tinggal yang nyaman buat para kutu.

b. Penggunaan shampoo yang tidak tepat/cocok

Pemicu lain adalah shampoo yang dipakai tidak cocok. Sebagaimana yang kita tahu, bahan kimia yang ada pada tiap shampoo berbeda–beda, dan seringkali tiap orang memiliki kecenderungan untuk cocok dengan jenis shampoo tertentu.

c. Melakukan kontak dengan penderita

Tentunya ini menjadi penyebab yang sering terjadi pada mereka yang memiliki kutu. Biasanya setelah melakukan kontak langsung dengan si penderita, lama-kelamaan rambut Anda akan ikut-ikutan terkena. Dan sering kali ini terjadi pada anak–anak. Dimana saat bermain, mereka tertular dengan temannya yang sebelumnya memang memiliki kutu di rambutnya.

d. Rambut yang jarang dibersihkan

Tentunya ini bukan rahasia lagi. Jika rambut yang kotor atau jarang di bersihkan menjadi pemicu datangnya kutu. Jadi, wajib hukumnya rutin keramas dengan shampoo yang tepat, agar kotoran di rambut bisa hilang.

***Bahaya Akan Kutu Rambut***

Walau tidak mematikan, namun nyatanya keberadaannya ini sangatlah mengganggu. Selain bikin tidak percaya diri, mereka yang memilikinya akan merasa tersiksa, akibat efek gatal dan panas yang dirasakan. Apa sajakah bahaya yang di timbulkan para kutu rambut?

1. Menimbulkan Penyakit Pediculosis Kapiti

Penyakit ini merupakan penyakit gatal–gatal di kulit kepala yang disebabkan air liur kutu rambut. Dan memang inilah keluhan yang seringkali di alami oleh mereka yang memiliki kutu di rambutnya.

2. Timbul Eksim

Ciri–ciri dari eksim di kulit kepala adalah munculnya bengkak, berwarna kemerahan serta radang. Dan umumnya keluhan ini disertai dengan rasa gatal. Eksim ini biasanya dipicu karena kebiasaan menggaruk yang kemudian menyebabkan kulit menjadi lecet, lalu timbul penyakit ini.

3. Impetigo

Ini merupakan salah satu bahaya yang wajib diwaspadai. Perlu diketahui, Impetigo ini ialah penyakit infeksi di kulit manusia, yang mana penyakit tersebut dipicu oleh bakteri staphylococcus/streptococus.

4. Susah Tidur

Ini juga termasuk bahaya yang ditimbulkan. Faktanya, kebanyakan dari mereka yang memilikinya akan kesulitan untuk tidur. Sebab , keberadaan serangga dalam rambut, menggigiti kulit kepala kemudian menghisap darah serta menimbulkan efek gatal dan panas yang sangat terasa.

Dan tentunya selain bahaya diatas, masih banyak lagi kerugian yang kita dapat jika memilikinya. Untuk itu, segera atasi, jika ada tanda-tanda di rambut anda.

***Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya***

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut yang membandel. Mulai dari cara yang murah, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita, hingga dengan aneka produk yang memang khusus diformulasikan membunuh kutu rambut beserta telurnya.

Bagi Anda yang saat ini sedang punya masalah kutu rambut, berikut telah kami rangkum beberapa jenis pengobatan yang bisa di lakukan.

a. Sisir kutu Nitwits 3-in-1

Cara pertama ini paling kami rekomendasikan. Karena selain efektif, penggunaan sisir kutu rambut Nitwits ini terbilang sangat aman dan ampuh. Baik itu digunakan untuk anak-anak maupun dewasa.

Dengan kerapatan gigi yang tepat, serta kandungan Mangdit didalamnya, tentu saja telur dan kutu rambut yang sangat ekstrim bisa dihancurkan dengan mudah. Untuk idealnya, Anda bisa menggunakan sisir ini 3-5 hari sekali, secara rutin hingga kutu dan telornya benar-benar menghilang.

b. Obat

Cara kedua untuk membasmi kutu yaitu menggunakan obat kutu rambut. Sebenarnya penggunaan obat dan salep tidak jauh berbeda. Jika saleb berbentuk krim, obat pembasmi kutu dapat berupa cairan. Adapun obat yang terbukti ampuh yaitu Reditox dan Neutralice Advance.

Reditox dapat Anda temukan dengan mudah di apotek-apotek terdekat dan ampuh untuk mengurangi bahkan membasmi kutu dan telurnya. Caranya pun terbilang praktis, Anda hanya perlu menuangkan cairan ke kulit kepala dan rambut, kemudian ratakan dengan cara memijat atau meremas-remas kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap selama 12 jam, lalu bilas dengan shampoo hingga bersih.

Obat yang kedua berasal dari Australia yaitu Neutralice Advance. Obat ini aman digunakan oleh siapa saja bahkan anak-anak (di atas enam bulan). Bahan-bahan yang digunakan sangat aman dan tidak mengandung pestisida sehingga tidak menyebabkan kerusakan rambut. Harganya terbilang mahal yaitu berkisar Rp 400.000 rupiah dan mungkin masih sulit dijumpai di apotek-apotek kecil. Namun, Anda dapat menemukannya secara online di e-commerce Indonesia.

c. Shampoo

Pilihlah shampoo yang benar-benar terbukti dapat mengusir kutu secara efektif. Misalnya shampoo merang. Meskipun harganya sedikit mahal, namun khasiatnya memang sangat baik untuk rambut. Selain menghilangkan kutu dan telur, shampoo merang juga dapat menghilangkan ketombe serta membuat rambut lebih halus dan sehat.

Penggunaan shampoo untuk mengusir tuntas mungkin membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Maka dari itu perawatan ekstra dapat Anda lakukan untuk mempersingkat waktu, seperti misalnya dengan rutin menggunakan sisir kutu.

d. Salep

Cara berikutnya ialah dengan menggunakan salep pembasmi kutu. Anda dapat membelinya di apotek-apotek terdekat dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Salep yang pertama yaitu salep tambonan anti kutu. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan salep ke kulit kepala (helaian rambut anda) secara merata dan tipis-tipis. Lalu diamkan dengan menggunakan shower cap atau topi mandi selama tiga puluh menit. Kemudian bilas dan keramas menggunakan shampoo hingga bersih. Lakukanlah perawatan ini selama tiga hari berturut-turut untuk hasil yang maksimal.

Salep yang kedua yaitu Aolices. Cara penggunaannya hampir sama, yaitu dengan mengoleskan dan mendiamkannya beberapa saat di kulit kepala atau tiap helaian rambut. Setelah dioles hingga rata, Anda perlu menyisir rambut dengan sisiran kutu atau yang biasa disebut serit lalu bilas hingga bersih menggunakan shampoo. Keringkan dengan handuk, lalu sisir kembali menggunakan serit.

Perlu diperhatikan bahwa salep -salep tersebut merupakan obat luar. Penggunaannya pun harus sesuai dengan petunjuk pada kemasan dan jangan gunakan sebagai perawatan berkelanjutan sebab penggunaan jangka panjang dapat merusak kulit kepala.

e. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki senyawa yang bersifat sifat antibakteri, antimikroba dan antivirus. Minyak kayu putih memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada rambut seperti kerontokan, ketombe, merangsang folikel rambut sehingga membuat rambut menjadi terlihat lebih sehat dan tebal.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan kutu pada rambut atau menggunakan campuran minyak kayu putih, garam, bawang merah dan daun sirsak untuk hasil yang lebih efektif. Atau Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis dengan mencampurnya dengan minyak kayu putih tersebut.

f. Sabun Colek

Tahukah Anda, jika sabun colek menjadi salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk membasmi kutu pada rambut?
Ambil sabun colek secukupnya kemudian tuangkan ke rambut sambil memijat seluruh kulit kepala hingga sabun colek mengeluarkan busa. Lakukan hingga Anda melihat kutu rambut mati dan berjatuhan dilantai.
Selanjutnya bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo.

g. Alkohol

Alkohol absolut dengan kadar 70 persen memiliki kandungan senyawa isopropil. Berikut adalah cara menghilangkannya dengan menggunakan alkohol.

  • Siapkan air dalam sebuah wadah kemudian tuangkan beberapa tetes alkohol didalamnya.
  • Oleskan air yang telah dicampur alkohol ke seluruh rambut dengan menggunakan tangan dan biarkan selama 30 menit.
  • Selanjutnya, sisir rambut secara perlahan dengan menggunakan sisir khusus kutu maka Anda akan melihat mereka yang telah mati beserta telurnya menempel di permukaan sisir.
  • Kemudian bilas rambut dengan menggunakan air dingin.
  • Anda hanya diperbolehkan untuk melakukannya seminggu sekali dan hindari menuangkan alkohol secara berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

h. Baby Oil

Baby Oil sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kulit bayi. Selain itu, ternyata baby oil juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kutu. Baby oil yang diaplikasikan ke rambut akan membatasi gerak dari kutu sehingga akan membuat mereka sulit bertahan hidup dan bertelur. Untuk hasil yang lebih efektif Anda bisa mencoba cara ini:

  • Tuangkan baby oil secukupnya di tangan. Aplikasikan baby oil ke rambut dan kulit kepala dengan rata.
  • Kemudian gunakan sisir kutu untuk menyisir rambut secara perlahan untuk menghilangkan atau mengangkat kutu yang menempel di rambut.
  • Bersihkan rambut dengan menggunakan sabun colek atau detergent yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian dan air hangat untuk membilasnya.
  • Setelah selesai dibilas, semprotkan cuka putih pada rambut secara merata kemudian bungkus rambut dengan menggunakan shower cap. Biarkan selama semalaman.
  • Keesokan paginya, bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo dan conditioner.

i. Baking Soda

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, bahwa baking soda, perasan air lemon dan cuka apel bisa digunakan secara bersamaan untuk menghilangkan kutu rambut. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan dan mengaplikasikannya pada rambut yang berkutu.

j. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga diyakini bisa bermanfaat baik bagi tubuh, termasuk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain dapat menyuburkan pertumbuhan rambut dan menghilangkan ketombe, minyak zaitun juga berfungsi sebagai pembasmi kutu pada rambut.

Caranya yaitu, Anda hanya perlu membeli minyak zaitun asli, pilihlah yang digunakan untuk memasak, bukan produk minyak zaitun yang digunakan untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan, minyak zaitun yang digunakan untuk memasak memiliki kandungan yang masih utuh karena tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Sebelum keramas, usapkan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan rambut sampai merata. Pijat-pijat sebentar selama sepuluh menit lalu diamkan selama satu jam. Anda dapat menggunakan shower cap atau handuk untuk membungkus kulit kepala. Kemudian bilas rambut hingga bersih menggunakan shampoo. Anda juga dapat menambahkan conditioner agar rambut terasa halus.

k. Mayonaise

Mayones terbuat dari campuran minyak, sari lemon, kuning telur dan cuka, dimana bahan-bahan tersebut terbukti ampuh sekaligus mengatasi berbagai macam permasalahan pada rambut termasuk kutu rambut.

  • Oleskan saja mayones ke rambut dan kulit kepala secara merata sambil memijat kulit kepala dengan lembut.
  • Tujuannya agar mayonaise dapat meresap lebih cepat.
  • Bungkus rambut dengan menggunakan showes cap dan biarkan selama lima sampai dengan enam jam.
  • Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo kemudian keringkan rambut dengan menggunakan hair dryer sampai rambut benar-benar kering. Hawa panas yang dikeluarkan oleh hair dryer akan membuat hasilnya menjadi lebih maksimal.
  • Kemudian sisir rambut dengan tujuan untuk membersihkan kutu dan telurnya yang sudah mati dari rambut Anda.
  • Lakukan hal tersebut setiap satu minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

l. Cuka Putih

Cara lain yaitu dengan menggunakan cuka putih. Berikut adalah caranya:

  • Tuangkan cuka putih sebanyak satu cangkir ke dalam wadah bersih, kemudian tambahkan ¼ cangkir air bersih.
  • Aduk hingga cuka putih dan air tercampur menjadi satu.
  • Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan menggunakan shampoo agar tidak ada kotoran yang menempel di rambut atau pun kulit kepala.
  • Kemudian keringkan rambut dengan menggunakan handuk bersih dan sisirlah rambut dengan membaginya menjadi beberapa bagian agar mudah untuk mengaplikasikan cuka putih ke rambut.
  • Untuk mengaplikasikan cuka putih, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau sisir berkuas agar lebih mudah dan cuka putih dapat diaplikasikan secara merata ke rambut.
  • Bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 30 – 60 menit. Sisir rambut dengan menggunakan sisir kutu.
  • Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo.
  • Lakukan ini setiap dua hari sekali secara rutin agar kutu dapat hilang secara menyeluruh.

**Membasmi Kutu Rambut dengan Beberapa Bahan Alami**

Ternyata kutu juga bisa di basmi dengan beberapa bahan alami. Ini bisa di gunakan Bagi Anda yang mungkin memiliki alergi terhadap bahan-bahan pengawet yang terdapat pada obat-obatan pembasmi kutu di atas.

1. Air Beras

Siapa sangka bahwa air beras ternyata memiliki manfaat yang bagus bagi rambut Anda, salah satunya yaitu sebagai pembasmi kutu secara alami. Caranya sangat mudah dan praktis, Anda hanya perlu merendam beras semalaman untuk mendapatkan air rendamannya. Setelah mendapatkan air rendaman beras, bersihkan terlebih dahulu rambut Anda dengan keramas lalu keringkan (tidak perlu benar-benar kering).

Setelah rambut Anda bersih, bilaslah kembali dengan rendaman air beras lalu diamkan sejenak. Bungkus rambut Anda menggunakan shower cap atau handuk agar lebih nyaman dan biarkan selama satu jam. Kemudian Anda dapat membilasnya menggunakan dengan air biasa hingga bersih. Lakukan kegiatan ini secara rutin beberapa hari sekali, sampai mereka benar-benar hilang dari kulit kepala Anda.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dapat menjadi alternatif lain untuk membasmi kutu rambut. Kandungan alaminya membantu Anda membasmi kutu beserta telurnya yang menyebabkan gatal-gatal di kulit kepala. Anda dapat menggunakannya dengan cara berikut ini.

Ambil tiga atau empat buah jeruk nipis lalu belah menjadi dua. Peras air jeruk nipis hingga habis dan tambahkan dengan minyak zaitun, minyak kelapa atau lidah buaya. Usapkan ramuan ini pada kulit kepala dan helaian rambut hingga rata. Pijat sejenak lalu diamkan selama 2 jam kemudian bilas hingga bersih.

Sebelum melakukan cara ini, bersihkan terlebih dahulu rambut Anda agar terhindar dari debu dan kotoran. Dengan begitu ramuan jeruk nipis dapat bekerja lebih efektif.

3. Bawang Merah

Walau terbilang ampuh, menggunakan bawang merah sebagai pengusir alami dapat sedikit berbahaya. Jika kulit kepala terdapat luka maka akan menimbulkan rasa perih, maka dari itu untuk menggunakan bawang merah sebagai obat alami, pastikan bahwa kulit kepala tidak terdapat luka bekas garukan atau luka lainnya.

Caranya terbilang mudah, ambil beberapa siung bawang merah lalu bersihkan dan haluskan hingga lembut. Pijatkan pada kulit kepala dan juga rambut hingga rata, lalu diamkan selama tiga puluh menit. Bilas bersih rambut Anda menggunakan shampoo agar bau bawang tidak menempel.

4. Bawang Putih

Tidak hanya bawang merah, bawang putih juga ternyata mampu Anda manfaatkan untuk membasmi kutu rambut. Cuman mungkin baunya yang agak sedikit menyengat. Untuk caranya sama seperti bawang merah.

5. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh adalah belimbing sayur yang biasanya berasa asam. Selain digunakan sebagai bahan masakan, belimbing wuluh juga dapat dijadikan obat alami pengusir kutu. Caranya yaitu dengan menghaluskan belimbing wuluh dengan cara di blender atau diparut kemudian tambahkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Usapakan pada kulit kepala hingga rata sembari dipijit sebentar. Diamkan sekitar satu hingga dua jam lalu bilas bersih rambut dan keringkan. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu sampai benar-benar menghilang.

6. Daun Sirih

Selain bahan-bahan alami di atas, bahan alami lainnya yang dapat dijadikan obat alami yaitu daun sirih. Terdapat dua acara untuk menggunakan daun sirih sebagai pengusir alami. Pertama yaitu dengan merebus dan mengambil airnya.

Untuk menggunakan cara yang pertama pastikan rambut dalam keadaan bersih dan kering. Bilaskan rebusan air daun sirih yang sudah dingin ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut lalu diamkan satu hingga dua jam kemudian bilas dengan air bersih.

Cara yang kedua yaitu dengan menghaluskan daun sirih dan dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti minyak kelapa, cuka apel maupun minyak zaitun. Kemudian tinggal diratakan sembari memijat kulit kepala. Diamkan sejenak lalu bilas hingga bersih.

7. Daun Sirsak

Kandungan yang ada dalam daun sirsak dapat mematikan kutu-kutu yang ada pada rambut. Cara penggunaannya hampir sama dengan daun sirih, yaitu dapat dengan direbus dan diambil air rebusannya atau dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan bahan alami lainnya.

Lakukan secara rutin dua atau tiga kali seminggu sampai benar-benar menghilang. Salah satu cara memastikan bahwa kutu benar-benar menghilang yaitu dengan menggunakan sisir kutu atau serit. Jika sudah tidak ada kutu yang ikut tersisir maka usaha Anda membasmi kutu dapat di bilang sukses.

8. Garam

Kulit kepala yang terlalu berminyak menjadi tempat yang baik untuk kutu tinggal dan berkembang biak. Garam bisa menjadi solusi buat Anda untuk membasmi kutu, karena garam memiliki kemampuan untuk menyerap minyak yang ada di kulit kepala. Hanya dengan menyiapkan garam dan air bersih secukupnya, kemudian campurkan garam dan air bersih, kemudian aduk hingga garam larut dalam air putih.

Setelah itu basahi rambut dengan air garam disertai dengan pijatan lembut pada kulit kepala selama 5 menit. Baru kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk kering dan biarka selama dua jam.
Setelah itu bersihkan rambut dan air kepada dengan menggunakan shampoo dan conditioner.
Untuk hasil yang lebih maksimal .lakukan secara rutin, minimal 3-4 kali dalam seminggu

9. Lidah Buaya

Lidah buaya kaya akan akan asam amino, protein, mineral serta vitamin A, C, dan E. Vitamin A, C dan E yang terdapat dalam kulit kepala berfungsi untuk melindungi rambut rambut dari kerusakan sekaligus mengobati luka pada kulit kepala yang disebabkan karena infeksi kulit kepala.

Anda bisa menggunakan lidah buaya atau Anda bisa mencampurkan lidah buaya dengan garam dan bawang merah untuk hasil yang lebih efektif.

  • Haluskan bawang merah dengan cara diparut atau dengan menggunakan blender.
  • Kupas kulit lidah buaya untuk mengambil gelnya.
  • Masukan garam, bawang merah yang telah dihaluskan serta gel lidah buaya ke dalam satu wadah.
  • Tambahkan sedikit air agar ketiganya tercampur menjadi satu.
  • Oleskan campur tersebut ke rambut hingga merata disertai dengan pijatan lembut pada kulit kepala.
  • Biarkan selama satu hingga dua jam kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukan minimal tiga sampai empat kali dalam seminggu sampai benar-benar hilang dari rambut.

10. Minyak Kelapa

Tekstur yang licin pada minyak kelapa akan mempersulit mereka untuk bergerak dan berkembang biang. Gunakan minyak kelapa dan cuka apel secara bersamaan untuk menghilangkan kutu pada rambut.

  • Pertama bersihkan rambut terlebih dahulu dengan membilasnya menggunakan cuka apel.
  • Setelah itu, aplikasikan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama enam atau delapan jam.
  • Selanjutnya bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo.

**Pengaruh Kutu Rambut Dikhawatirkan Terutama Bagi Anak-anak!**

Sebagai orang tua kita harus selalu waspada , karena infeksi kutu rambut dapat menyebabkan anak menjadi kurang tidur, Jika anak tidak tidur dengan baik, maka masalah lain akan muncul. Inilah sebabnya mengapa mereka akan malas bangun keesokan harinya karena kurang tidur. Orang tua terlambat bekerja karena mereka harus mengurus anak-anak mereka yang malas bangun pagi untuk sekolah. Jadi ribet kan? Makanya jangan sampai itu terjadi ya !!!

Memiliki rambut yang indah, berkilau, bersih, dan tanpa adanya masalah rambut termasuk terbebas dari kutu merupakan impian pada hampir semua orang terutama bagi mereka yang sangat peduli terhadap kebersihan tubuh dan penampilan diri.

Dengan kondisi rambut ideal yang disebutkan diatas, penilaian orang lain terhadap penampilan seseorang akan sangat positif. Karena kondisi inilah, rambut sering kali disebut sebagai mahkota kepala yang akan menjadikan kepala semakin indah, dan membuat seseorang terlihat semakin cantik. Jadi, jagalah kebersihan rambut agar terbebas dari kutu.

Leave a Reply