Jenis Makanan yang Baik dan Tidak Cocok untuk Kulit Berminyak

“Apakah wajahmu sangat berminyak, apa itu membuat Anda merasa tidak nyaman atau menjadi kurang PD??” Memiliki jenis kulit berminyak memang tidak bisa dianggap sepele, karena itu akan membuat penampilan seseorang menjadi tidak optimal. Menurut Emmy Graber, MD, seorang ahli dermatologi dari Boston University School of Medicine, kulit berminyak adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Baik itu seorang pria maupun wanita.

Sebagian masalah yang ditimbulkan karena memiliki jenis kulit berminyak adalah masalah jerawat dan komedo. Karena biasanya, orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih rentan berjerawat apabila tidak melakukan perawatan wajah yang benar.

Kulit berminyak terjadi akibat kelenjar minyak (sebaceous) yang berada di bawah permukaan kulit manusia terlalu banyak menghasilkan sebum atau minyak. Sebum sendiri dihasilkan dari lemak tubuh dan bermanfaat untuk melembabkan kulit, tetapi apabila produksinya terlalu banyak maka akan menyumbat pori-pori sehingga akan muncul jerawat, komedo, kulit kusam dan noda hitam.

Sebagian besar masalah kulit yang berminyak berasal dari penyebab alami, namun makanan yang kita makan juga mempengaruhi seberapa parah tingkat produksi minyak di kulit. Pemilihan makanan untuk kulit berminyak memiliki peran yang besar karena dengan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda bisa mengontrol produksi sebum di kulit.

Jika kulit wajah kita terlihat begitu bersinar, pasti akan terlihat cantik. Tapi ketika terlihat bersinar secara berlebihan alias berminyak pasti akan bikin malu!! Apa lagi kulit yang kelebihan minyak akan menimbulkan jerawat dan juga membuat iritasi bekas jerawat, komedo dan noda hitam. Oh…Tidak!!

Aneka Makanan yang Kurang Baik bagi Kulit Berminyak

makanan tak sehatBagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah yang terbebas dari minyak yang berlebih, cobalah untuk melihat bagaimana pola makan Anda. Apakah mungkin ada beberapa makanan di bawah ini yang perlu Anda hindari ??

1. Makanan Berminyak

Makanan berminyak akan memperparah kondisi kulit berminyak Anda, karena ia akan mendorong kelenjar kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak asam lemak omega-6 akan lebih rentan berjerawat, misalnya jenis makanan yang digoreng menggunakan banyak minyak seperti kentang goreng, kerpik dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung banyak minyak tersebut memiliki jumlah asam lemak omega-6 yang tinggi dan menjadi salah satu pemicu yang kuat untuk muka Anda yang berminyak.

2. Daging Merah

Daging merah kaya akan lemak trans yang mengeluarkan banyak minyak pada kulit. Coba batasi konsumsi daging merah dan ganti dengan ayam atau ikan. Itu akan membuat kulit berminyak Anda menjadi semakin berkurang.

3. Produk Susu

Susu atau produk susu juga meningkatkan risiko kulit berminyak. Produk susu ini menyebabkan hormon menyumbat pori-pori sehingga membuat kulit menjadi lebih berminyak dan memicu datangnya jerawat. Nah bagi Anda pecinta susu, fakta yang satu ini mau tidak mau harus Anda terima. Pasalnya mengonsumsi susu dalam jumlah yang banyak bisa memberikan dampak yang cukup besar jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak. Jika kulit Anda sensitif terhadap hormon di dalam susu, Anda bisa beralih ke produk susu lain seperti susu almond.

4. Makanan & Minuman Manis

Apakah Anda suka makanan dan minuman yang manis? Makanan manis atau minuman yang manis akan mengubah kadar glukosa darah dan menyebabkan produksi minyak berlebih lo..! Ternyata selain dapat mempengaruhi kondisi mood atau mental seseorang, nyatanya mengonsumsi makanan manis juga bisa memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak minyak di wajah.

Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan atau minuman yang manis ( tinggi gula ) akan mampu meningkatkan kadar hormon dan gula darah, yang kemudian dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Ditambah, indeks glikemik gula cukup tinggi dan berbahaya bagi kulit.

5. Makanan Kaya Karbohidrat

Berapa besarkah pengaruh karbohidrat dalam makanan dapat menjadi memicu untuk kulit berminyak?
Ya, memang cukup besar pengaruhnya. Makanan seperti roti barger, nasi putih, pasta dan karbohidrat lainnya memanglah mengandung indeks glikemik yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan signifikan pada kadar gula darah Anda. Penelitian sudah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak dan juga jerawat di wajah.

6. Alkohol

Selain membuat kulit menjadi kering, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol akan membuat kulit rentan berjerawat. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengonsumsi alkohol, indeks panas tubuh akan naik sehingga menyebabkan tubuh Anda akan lebih hangat sehingga minyak akan ikut keluar bersamaan dengan keringat yang berlebih. Nah, saat tubuh mengeluarkan minyak bersamaan dengan keringat berlebih, efeknya akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang kemudian menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Camilan Asin

Makanan yang mengandung garam tinggi dapat merusak kesehatan kulit dengan menyebabkan peradangan. Makanan cemilan yang asin seperti keripik kentang atau kentang goreng, seringkali mengandung lemak yang memyebabkan peradangan yang disebut sebagai lemak trans. Lemak trans juga dapat memperburuk kondisi kulit yang berminyak dan menjadi penyebab kulit berminyak saat bangun tidur. Untuk mengatasinya agar kulit tidak tampak terlalu berminyak, bagi wanita cobalah menggunakan bedak untuk kulit berminyak yang bagus dan cocok.

8. Tepung Olahan

Tepung olahan didapat ketika gandum murni diolah sehingga menghilangkan kandungan serat dan nutrisi aslinya. Hasilnya seperti roti, sereal, pasta dan lainnya dicerna dengan kurang efisien di dalam tubuh sehingga dapat memberikan efek lebih tinggi pada gula darah yang akan menyebabkan berlebihnya produksi minyak di kulit.

9. Junk Food dan Fast Food

Makanan cepat saji dan berminyak menciptakan peradangan dalam tubuh. Peradangan menyebabkan munculnya jerawat. Belum lagi ketidak seimbangan hormon yang kerap terjadi sebagai hasil dari mengonsumsi makanan cepat saji, dan resiko naiknya kadar gula darah yang juga akan mempengaruhi kondisi wajah yang berminyak.

Itulah beberapa daftar makanan yang perlu Anda hindari atau lebih tepatnya lagi di kurangi, bagi Anda yang memiliki masalah muka yang terlalu berminyak. Nah, mungkin setelah Anda mengetahui tentang beberapa makanan di atas, maka akan membuat Anda merasa sedikit bingung untuk menentukan jenis makanan yang mestinya di kosumsi bagi yang memiliki masalah pada wajah yaitu kulit yang terlalu berminyak. Tidak perlu bingung lagi, karena di sini juga akan kami bagikan jenis-jenis makanan yang pas untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang berminyak.

Makanan yang Baik Untuk Kulit Berminyak

makanan sehat untuk kulitProduksi minyak ini dipengaruhi oleh faktor hormon dan genetik, sehingga hal ini tidak bisa dihilangkan, namun masih bisa diatasi! Selain melakukan perawatan sehari – hari yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kulit berminyak, adalah dengan mengimbangi serta memperhatikan asupan makanan Anda.

Jika Anda mengonsumsi makanan yang tepat maka kondisi kulit akan membaik dan produksi minyak di kulit juga akan berkurang. Selain menggunakan pelembab untuk kulit berminyak, beberapa jenis makanan akan bisa menjadi cara merawat kulit berminyak agar tidak menjadi semakin parah.

Untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah, kita harus mengonsumsi makanan tertentu yang cocok dengan kondisi kulit berminyak. Makanan yang baik untuk kulit berminyak di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sayuran berdaun hijau

Sayur-sayuran yang berdaun hijau adalah salah satu sayuran yang terbaik untuk kulit berminyak. Vitamin C yang diproduksi dalam sayuran berdaun hijau bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang terekspos ke wajah kita setiap hari. Memang tidak semua orang dapat memakan sayuran dengan sukarela, namun ada beberapa cara agar bisa terbiasa mengonsumsi sayuran. Misalnya membuat salad, di bikin jus, smoothies sayuran, atau menambahkan sayuran sedikit demi sedikit dalam menu makanan sehari – hari.

2. Makanan Rendah Gula

Seperti yang sudah di jelaskan di awal, jika makanan manis akan menaikkan kadar insulin dalam tubuh sehingga mengakibatkan peradangan dan naiknya kadar hormon yang akhirnya akan menyebabkan pori – pori tersumbat. Ketika pori tersumbat dan meradang, maka sudah tentu itu akan membuat kulit wajah Anda menjadi berminyak serta berjerawat. Untuk itu Anda harus mencari sumber bahan makanan yang rasa manisnya lebih alami.

3. Makanan yang Mengandung Air

Makanan yang mengandung air dalam jumlah banyak sangat baik untuk kulit berminyak Anda. Seperti, jeruk Bali atau mentimun. Dalam buah jeruk bali terdapat banyak kandungan air, vitamin C dan serat yang berguna untuk menyerap kelebihan minyak di kulit sehingga menjadi salah satu makanan yang tepat untuk kulit berminyak. Begitu juga dengan mentimun, di dalam mentimun terdapat 95% kandungan air.

Yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari kulit dan menghidrasi kulit dengan baik. Pada dasarnya air mampu mengeluarkan berbagai racun dari dalam tubuh. Jadi, minum air putih yang cukup juga sangat di sarankan bagi Anda yang memiliki kulit yang berminyak.

4. Makanan yang Mengandung Omega 3

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak asam lemak omega 3 yang akan membantu mengeluarkan racun dari kulit dan membuat kulit tetap terhidrasi serta terjaga kelembabannya. Contohnya ikan salmon dan tuna. Selain itu juga ada kedelai, alpukat, dan kacang – kacangan yang memiliki banyak manfaat anti peradangan kulit.

5. Makanan Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan alami yang dibutuhkan untuk kebaikan pembuluh darah, pembentukan kolagen dan sendi, juga mengurangi jerawat yang meradang. Selain itu juga membantu pembentukan kolagen untuk memulihkan kulit yang mengalami bekas jerawat. Makanan yang kaya vitamin C adalah jeruk lemon, jeruk sunkist, dan berbagai macam jeruk serta buah goji, acai, dan semua beri – berian, dan sayuran hijau. Manfaat jeruk lemon untuk wajah salah satunya menjadi cara mengatasi wajah berminyak dengan asupan vitamin C.

6. Makanan yang Kaya Serat

Serat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan memberikan nutrisi yang esensial untuk tubuh. Memakan makanan tinggi serat juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencerahkan warna kulit. Sumber makanan berserat yang bagus adalah oatmeal, kacang -kacangan, berbagai jenis jeruk, jagung dan nasi merah.

7. Makanan Mengandung Probiotik

Dikenal bisa membantu mengurangi peradangan pada usus yang dapat mengurangi jerawat, makanan yang mengandung probiotik sangat disarankan bagi mereka yang memiliki masalah kulit berminyak. Makanan yang mengandung probiotik yaitu contohnya kol, yogurt, kefir, coklat hitam, acar, tempe, kimchi, dan teh kombucha.

8. Minum Jus

Buah dan sayuran yang banyak mengandung beta karoten dapat membantu mengurangi minyak pada wajah dan mengurangi jerawat, juga peradangan di dalam tubuh. Selain itu juga mengeluarkan segala macam racun dari dalam tubuh. Cobalah untuk rajin meminum jus buah – buahan dan sayuran yang tidak ditambahi gula setiap harinya.

Menjaga kulit agar tetap tampak mulus dan tidak berminyak atau mengalami serbuan jerawat terkadang adalah perjuangan yang lumayan menguras waktu dan kadang tenaga. Dengan berbagai macam pilihan produk perawatan kulit, dikombinasikan dengan keadaan cuaca, pengaruh lingkungan, stres dan lain sebagainya, tetap akan ada kemungkinan kulit mengalami masalah yang tidak diinginkan.

Menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah cara penunjang yang baik untuk tetap menjaga tubuh sehat dan memiliki kulit yang bebas masalah walaupun tipe kulit Anda berminyak. Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Leave a Reply