Cara Mengobati Sakit Telinga Berdenging

Nyeri telinga adalah bentuk rasa sakit, rasa sakit atau ketidaknyamanan di telinga. Rasa sakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau pun perlahan (lambat). Tingkat rasa sakit yang disebabkan oleh sakit telinga berbeda pada setiap individu, tergantung pada tingkat keseriusan penyakit

Untuk orang dewasa, penyakit ini mungkin karena gangguan atau kondisi di bagian lain dari tubuh yang melemahkan telinga. Ini karena ada banyak saraf atau jaringan ikat yang saling berhubungan dengan struktur kepala dan leher. Rasa sakit di telinga saat memegang makanan biasanya terjadi karena eustachius tersumbat, radang tenggorokan atau peradangan sinus.

Sedangkan rasa sakit di daerah telinga anak, kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi telinga tengah. Infeksi telinga tengah pada anak sering disertai infeksi saluran pernafasan seperti flu.

Apakah Yang Penyebabkan Sakit Telinga?

sakit telingaAnatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Telinga bagian dalam juga berperan untuk mengatur keseimbangan tubuh. Gangguan pada salah satu bagian telinga dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan ada pada telinga dalam, dapat pula terjadi gangguan keseimbangan atau vertigo.

Jika Anda merasakan gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga, mungkin Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi berikut ini.

1. Telinga luar

Heliks dan aurikularis membentuk bagian luar tulang rawan telinga dan bagian ini mungkin meradang atau terinfeksi. Infeksi dapat terjadi karena berbagai alasan termasuk “Infeksi kulit atau selulitis”

Sunburn / “sunburn”
Irritasi kulit yang kronik seperti dermatitis atopik yaitu cedera traumatis yang umum atau biasanya terjadi cedera setelah atau akibat dari perkelahian Ketika gumpalan darah terbentuk, akan terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan kerusakan pada tulang rawan telinga. Tidak hanya itu kondisi ini juga dikarenakan akibat perubahan tekanan udara atau air saat seseorang mendaki gunung, bepergian dengan pesawat, atau menyelam di kedalaman tertentu, ‘Telinga perenang’ – peradangan yang disebabkan oleh air yang tergenang atau disimpan di liang telinga. Gelap, lembab, dan panas di telinga dapat menarik perhatian bakteri dan menyebabkan infeksi.

Saluran telinga juga bisa menjadi penyebab penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau trauma, seperti:

  • Gangguan terhadap lapisan kulit yang menyelaputi saluran telinga yang mungkin disebabkan oleh trauma yang kecil seperti mencoba untuk membuang kotoran telinga dengan menggunakan cotton bud atau benda tajam. Ini akan menyebabkan gesekan pada kulit yang dapat terinfeksi oleh kuman.
  • Tahi telinga yang terlalu banyak.
  • Objek asing yang tersumbat di telinga seperti manik atau kacang.
  • Efek samping obat-obatan tertentu

Mengingat rentannya telinga terhadap gangguan-gangguan di atas, ada baiknya jika Anda lebih cermat dalam menjaga kesehatan telinga. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan:

  • Hindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara yang kencang untuk durasi lama. Beri jeda sesekali jika Anda mendengarkan musik melalui earphone. Jangan sekali-sekali tidur dengan earphone menyala yang masih terpasang pada telinga.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara.
  • Hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan benda-benda tajam (jepit rambut).

2. Ear Headband

Bagian tengah telinga dipisahkan dari saluran telinga melalui gendang telinga. Di sinilah letak komponen dan saraf yang terlibat berkumpulan. Ini adalah ruang tertutup dan apa pun yang meningkatkan tekanan di bagian ini akan menyebabkan penyakit:

Biasanya infeksi telinga terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika tuba Eustachius tersumbat atau bengkak, sehingga menyebabkan penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, atau produksi lendir berlebihan.

Infeksi telinga adalah penyebab ‘otitis media’ terutama di kalangan anak-anak. Karena sekitar 75 persen anak di bawah usia 10 tahun pernah menderita gangguan ini. Ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi cairan tetap di tengah-tengah telinga (Infeksi batang telinga).

Walau infeksi ringan pada telinga dapat sembuh dengan sendirinya, gejala yang muncul dapat diredakan dengan beberapa cara berikut:

  • Mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti dekongestan, atau pereda nyeri.
  • Menggunakan obat tetes telinga untuk meredakan peradangan.
  • Menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi.
  • Dianjurkan untuk memeriksakan telinga ke dokter spesialis THT jika sakit telinga tidak kunjung mereda atau jika terdapat tanda-tanda infeksi yang lebih berat, seperti demam, sakit kepala, dan pusing. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi telinga tersebut.

Gejala infeksi telinga antara lain:

-berkurangnya pendengaran
-nyeri dari dalam telinga
-keluar cairan dari telinga menyerupai nanah.

3. Di dalam Telinga

Bagian ini adalah area di mana sistem ‘labyrinth’ akan mengirim pesan ke otak untuk membantu dari segi keseimbangan. Proses peradangan di bagian ini dikaitkan dengan silau atau pusing, tidak selalu sakit saja.

4. Tahi Telinga Keras

Seringkali liang telinga dapat diangkat dengan sendirinya dari telinga. Orang tua hanya perlu membersihkan kotoran di lubang telinga. Namun, jika prosesnya terganggu atau telinga selalu diparut, itu akan menyebabkan proses tidak berfungsi dengan baik dan kotoran telinga akan menumpuk di dalam lubang.

Anting-anting keras ini terkadang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini juga dapat menyebabkan telinga menjadi tersumbat dan kehilangan pendengaran dari telinga akan berkurang.

Upaya untuk menghapus pita telinga keras ini menggunakan cotton bud hanya akan mendorong lubang suara lebih dalam. Ini dapat menyebabkan luka di telinga, gatal dan infeksi di daerah tersebut.

Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan beberapa poin ‘ baby oil ‘ yang berfungsi untuk melunakkan telinga dan telinga itu sendiri akan menghapusnya secara otomatis dengan menggunakan gerakan ‘ silia ‘ (rambut halus) di dinding lubang telinga.

Jika Anda masih tidak bisa, temui dokter Anda sehingga mereka dapat menghapusnya secara manual. Seringkali di klinik kesehatan atau klinik swasta, mereka akan menggunakan semprotan untuk disemprotkan ke lubang suara dengan harapan dapat didorong keluar. Jika masih gagal, pasien akan berkonsultasi dengan dokter spesialis sehingga telinga dapat dihirup menggunakan alat khusus.

5. Tekanan Udara

Tekanan udara harus disamakan dengan kedua telinga sehingga bisa berfungsi dengan baik. Saluran yang terlibat adalah tabung eustachian yang mengatur saluran masuk udara. Jika tersumbat, akan mengganggu dan tekanan udara tidak bisa disamakan antara kedua telinga.

Perubahan ketinggian tinggi seperti lift, naik pesawat, atau naik kereta akan menyebabkan tekanan di telinga berubah dengan cepat. Ini akan menyebabkan rasa sakit di telinga.

6. Kuman infeksi

Ketika seseorang flu, menderita sinus atau infeksi sinus, itu akan menyebabkan tabung eustachian tersumbat. Tidak hanya itu, akan menyebabkan penumpukan cairan di tengah telinga dan menyebabkan kuman di daerah tersebut juga.

Istilah medis untuk ini adalah Otitis media. Ini adalah salah satu penyebab utama masalah sakit telinga.

7. Penyakit lain yang bisa menyebabkan sakit telinga

Kadang ada rasa sakit lain yang menyebabkan telinga merasakan sakit seperti:

Sakit gigi
Misalnya sakit gigi, ketika sakit gigi maka telinga juga akan terasa ikut sakit ( pada hal telinga tidak ada masalah).
Ini karena saraf yang terhubung di wajah dan leher sangat dekat satu sama lain. Ini akan menyebabkan rasa sakit di bagian lain wajah menyebabkan bagian lain menjadi menyakitkan.  Infeksi pada daerah yang sakit gigi menyebabkan sakit gigi.

Peradangan sendi temporomandibular
Sendi temporomandibular adalah sendi rahang yang memungkinkan untuk gerakan mulut. Hingga nyeri pada telinga akan dapat Anda rasakan.

Sakit Tenggorokan
Nyeri tenggorokan yang berlebihan yang disebabkan oleh tonsilitis atau faringitis dapat menyebabkan sakit telinga.

8. Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang secara subjektif mendengar suara mendenging di dalam telinga yang bukan berasal dari luar tubuh. Gangguan ini sering muncul saat terjadi sakit telinga akibat infeksi telinga tengah atau dalam, namun penyebab pasti tinnitus masih belum diketahui dengan jelas.

Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Setelah kondisi penyerta diketahui, penanganan akan disesuaikan dengan kondisi penyerta tersebut. Beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengobati tinnitus antara lain:

-Jika kondisi ini disebabkan gangguan pada pembuluh darah, maka akan ditangani dengan obat-obatan atau operasi.

-Menghilangkan kotoran telinga untuk mengurangi gejala tinnitus.

-Tinnitus dapat muncul karena efek samping obat-obatan tertentu, sehingga mengganti obat dapat mengurangi kondisi ini.

-Suara yang terlalu kencang dapat menjadi salah satu pemicu tinnitus, sehingga yang dapat dilakukan adalah sedapat mungkin menghindari bunyi yang terlalu keras.

9. Penyakit Meniere

Kondisi yang umumnya terjadi pada salah satu telinga ini, disebabkan oleh ketidaknormalan cairan di telinga yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utama penyakit Meniere. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang yang berusia 20-50 tahun, dan ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi.

Beberapa Obat Alami Untuk Mengatasi Nyeri Pada Telinga

Selain mencari bantuan dari spesialis THT, Anda juga dapat mengobati telinga Anda dengan beberapa bahan alami yang akan mampu meringankan rasa nyeri atau sakit pada telinga, sehingga dapat membantu Anda mendengar jelas tanpa adanya rasa nyeri. Berikut beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan telinga,

Daun Kemangi
Daun kemangi mengandung beta-karoten, vitamin C, eugenol, dan borneol, yang memiliki antibakteri yang menakjubkan dan sifat antiseptik yang bermanfaat dalam pengobatan sakit telinga. Berikan dua tetes ekstrak jus dari daun kemangi ke dalam telinga untuk mengobati rasa sakit.

Bawang putih
Bawang putih mengandung antioksidan yang kaya dan memiliki sifat antibakteri juga, yang membantu mengobati sakit telinga. Rebus tiga-empat siung bawang putih dalam air dan tambahkan sedikit garam. Bungkus dalam kain dan letakkan di telinga yang sakit.

Minyak Mustard
Minyak mustard juga dikatakan memiliki sifat antibakteri dan dapat mengurangi keparahan sakit telinga. Pakai minyak mustard hangat (dua-tiga tetes) ke telinga yang terinfeksi dan biarkan sesaat.

Kompres air hangat
Untuk mengurangi nyeri telinga dan menenangkan telinga Anda, rendam handuk bersih di air hangat dan kompres dekat telinga yang terinfeksi selama sekitar 20 menit.

Campuran Eucalyptus Oil, Vicks, dan Air
Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih dan satu sendok teh Vicks ke dalam mangkuk air mendidih. Tarik napas uap melalui hidung sampai rasa sakit hilang, karena hal ini akan mengurangi tekanan dan membantu untuk mengeringkan cairan dari telinga.

Bawang
Celupkan bola kapas dalam ekstrak bawang yang dihancurkan dan tekan telinga. Ini mengurangi lapisan meradang dan menghilangkan aktivitas bakteri yang menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan gatal-gatal.

Vitamin C dan Zink-kaya Foods
Sertakan makanan dalam diet Anda yang kaya vitamin C dan zink, seperti lemon, jeruk, jambu biji, stroberi, pepaya, kacang mete, dan kuman gandum untuk mengurangi sakit telinga.

Permen Karet
Mengunyah permen atau permen karet saat berada di ketinggian, baik di pesawat terbang atau selama melakukan perjalanan, akan melepaskan tekanan dari telinga tersumbat dan dalam proses menghilangkan rasa sakit telinga.

Minyak Mineral
Saat berenang, biasanya orang mengalami sakit telinga dan kemerahan di telinga. Untuk mencegah hal ini, menambahkan beberapa tetes minyak mineral ke telinga sebelum berenang bisa sangat membantu.

Semoga apa yang kami jelaskan di atas akan bermanfaat untuk Anda yang menyempatkan diri untuk membacanya. Terimakasih!!

Leave a Reply