Begini Bahayanya Sakit Perut Sebelah Kiri

Sakit di sebelah kiri perut dapat disebabkan oleh masalah pada organ dan struktur di bagian kiri perut maupun pengaruh dari masalah organ lain yang terletak jauh dari perut. Rasa sakit di sisi kiri bawah perut adalah rasa sakit yang dihadapi banyak orang sekarang ini. Rasa sakit di daerah perut sering menyebabkan banyak rutinitas harian seseorang menjadi terganggu. Dan itu tentu saja akan membuat kita menjadi tidak nyaman.

Sakit perut sebelah kiri yang ringan biasanya akan berkurang dalam waktu satu atau dua hari. Tapi jika Anda pernah mengalami cedera akibat kecelakaan, segera periksakan ke dokter (jika Anda mengalaminya). Begitu pula jika keluhan sakit perut sebelah kiri terus menerus dirasakan dan tidak kunjung membaik, agar dapat ditangani sesuai dengan penyebabnya.

sakit perutSakit Perut Sebelah Kiri Inflamasi

Meskipun sebagian besar sakit perut biasanya merupakan penyakit yang umum, sakit perut juga bisa menjadi gejala penyakit serius, terutama sakit perut kiri. Ini tidak boleh diremehkan karena mungkin merupakan gejala awal atau gejala penyakit berbahaya. Jadi mari kita lihat penyebab sakit perut di sebelah kiri sehingga Anda lebih peka terhadap kesehatan Anda.

Sembelit, Perut Kiri Dibalik Kiri

Sering disebabkan oleh diet yang tidak seimbang yaitu diet yang tidak mengandung sayuran dan buah-buahan. Makanan dengan kandungan serat tinggi memfasilitasi gerakan usus dalam sistem pencernaan dan membantu buang air besar.

“Bowel Obstruction”/Usus Tersumbat
Sakit Perut Sebelah Kiri Usus

Ini terjadi ketika usus Anda tidak bisa bergerak sehingga isi usus Anda akan tersumbat dan Anda tidak bisa menyingkirkan tinja. Selain nyeri di bagian kiri atau perut di bagian lain, Anda juga akan mengalami mual, muntah dan mungkin demam jika ada infeksi bakteri karena obstruksi di usus Anda. Di antara hal-hal yang dapat menyebabkan ini terjadi adalah operasi dari masa lalu dan angin. Ini adalah keadaan darurat yang harus ditangani oleh seorang ahli bedah. Pemeriksaan seperti sinar-X digunakan untuk mendapatkan diagnosis ini.

Batu Karang
Sakit Perut Sebelah Kiri Batu Karang

Batu ginjal di ginjal dapat menyebabkan rasa sakit di pinggang ketika ginjal terjebak di saluran antara ginjal dan kandung kemih. Rasa sakitnya juga berdenyut. Urin Anda mungkin juga memiliki noda darah. Cara mengatasi nyeri perut ini adalah dengan obat yang mengendurkan ginjal. Jika ginjalnya kecil, ia bisa keluar dengan sendirinya melalui saluran kemih. Jika batu itu besar, Anda mungkin perlu menjalani operasi kecil untuk memfasilitasi batu itu keluar.

Infeksi Ginjal / Infeksi Saluran Kemih
Perut Sisi Kiri dari Kiri Ginjal

Selain sakit perut kiri, infeksi akan membuat Anda merasa lelah, demam dan menggigil. Anda mungkin juga lebih sering ke kamar mandi atau terasa nyeri saat buang air kecil. Air kencing juga bisa berbusa dan mungkin memiliki efek perdarahan. Anda memerlukan obat demam dan antibiotik untuk membunuh infeksi. Infeksi saluran kemih dapat dideteksi dengan memeriksa urin Anda.

Sakit Otot
Sakit Perut Sebelah Kiri Appendiks

Perut dan pinggang mengandung banyak jenis otot. Otot-otot ini cenderung menyakitkan setelah olahraga atau penurunan berat badan yang berada di luar kendali Anda. Nyeri otot dapat diuji dengan meremas otot yang sakit. Nyeri otot dapat dihilangkan dengan minyak yang tahan-nyeri dan tertiup angin di area tersebut. Istirahat juga penting dalam proses pemulihan.

Kanker Ginjal / Ginjal
Sakit Perut Sebelah Kiri Ginjal

Selain sakit perut di sebelah kiri, seseorang dengan kanker ginjal juga akan mengalami pendarahan urine, kehilangan berat badan secara dramatis. Jika dokter Anda mencurigai Anda menderita kanker, Anda akan dirujuk ke spesialis untuk menjalani pemeriksaan seperti CT scan, ultrasound dan lain-lain. Perawatan kanker bervariasi sesuai dengan tingkat kanker. Di antara perawatan kanker adalah operasi, terapi radio, kemoterapi dan penghilang rasa sakit.

Gastritis
Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Yang Terasa Perih

Gastritis dapat terjadi ketika terdapat iritasi pada lapisan lambung. Gastritis dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri H. pylori yang selanjutnya dapat mengakibatkan luka. Obat penghilang rasa sakit tertentu dan minum terlalu banyak alkohol juga dapat mengakibatkan gastritis. Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa perih atau terbakar (yang mungkin membaik setelah makan), mual dan muntah, serta perasaan perut atas penuh setelah makan. Gastritis dapat terjadi tiba-tiba (gastritis akut), atau dapat terjadi perlahan dari waktu ke waktu (gastritis kronis). Dalam beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan borok dan peningkatan risiko kanker lambung. Bagi kebanyakan orang gastritis tidak serius dan dapat cepat pulih dengan pengobatan.

Akibat Bedah
Sakit Perut Terasa Nyeri

Beberapa risiko bedah adalah infeksi bakteri di bagian bedah. Anda akan mengalami demam dan rasa sakit pada infeksi. Jika infeksi ini terjadi, Anda akan diberikan antibiotik untuk membunuh kuman. Jika ada nanah di area infeksi, infeksi mungkin perlu dihilangkan dengan pembedahan.

Angin Pasang Atau Hernia
Sakit Perut Sebelah Kiri Sakit Belakang

Angin pasang surut atau “hernia” adalah suatu kondisi di mana organ-organ internal muncul dari isi perut. Di antara faktor-faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah operasi karena memperlemah lapisan dalam organ. Pria juga menghadapi risiko lebih tinggi daripada wanita. Menambah berat badan berlebih juga menyebabkan tingginya persentase penyakit ini.

Sakit Tulang Rusuk
Sakit Perut Sebelah Kiri dan Sakit Otot

Anda memiliki 12 pasang iga dan yang kesebelas dan dua belas tulang rusuk berada di daerah perut (perut). Nyeri dari tulang rusuk dapat menyebabkan Anda merasakan sakit perut kiri atau kanan. Tulang-tulang ini dapat memiliki rasa sakit jika mereka memiliki retakan atau roboh. Obat-obatan yang resisten dapat meredakan rasa sakit. Jika rasa sakit tidak berkurang meskipun minum obat, pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter sangatlah diperlukan.

“Diverticulitis”
Sindrom Perut atau Perut Kiri

Diverticulitis adalah kantung kecil membuncit yang dapat terbentuk di lapisan sistem pencernaan Anda. Kantung ini paling sering ditemukan di bagian bawah usus besar. Diverticulitis adalah kondisi umum terutama setelah usia 40-an, dan jarang menimbulkan masalah. Namun, terkadang Diverticulitis bisa meradang dan terinfeksi, hingga bahkan pecah. Peradangan inilah yang disebut Diverticulitis.

Diverticulitis dapat menyebabkan sakit perut parah yang konstan dan bertahan selama beberapa hari. Biasanya, keluhan sakit perut dirasakan di sebelah kiri, tapi dapat terjadi di sebelah kanan, terutama pada orang-orang berdarah Asia. Selain sakit perut sebelah kiri, Diverticulitis juga dapat menyebabkan bengkak di perut kiri bawah. Usus besar di dalam pipa berbentuk perut di mana dinding adalah sejenis otot.

Terkadang, dinding usus ini membentuk saku yang disebut “diverticula”. Jika kantong ini infeksi, maka Anda akan merasakan sakit perut dan mungkin juga mengalami demam. Cara mengatasi nyeri perut ini adalah dengan melakukan diet seimbang dan minum air putih yang cukup.

Ulcerative Colitis
Sakit Perut Sebelah Kiri

Ulcerative Colitis (UC) adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala dan keluhan yang paling sering dilaporkan adalah sakit perut dan diare, feses berdarah dan berlendir. Buang air besar dapat menghilangkan rasa sakit perut sebelah kiri. Gejala lain yang ditimbulkan termasuk kelelahan, turunnya berat badan, anoreksia, dan demam. UC dapat melemahkan dan kadang dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Meskipun tidak diketahui obatnya, pengobatan dapat sangat mengurangi tanda dan gejala penyakit, dan bahkan membawa remisi jangka panjang.

Pankreatitis Akut
Nyeri Di Daerah Perut Bagian Atas (atau Epigastrium)

Pankreatitis akut adalah peradangan yang menyakitkan dari pankreas, yang terletak di sisi kiri atas perut Anda. Keluhan biasa terjadi mendadak dan menyebabkan nyeri di daerah perut bagian atas (atau epigastrium). Nyeri sering menjalar ke punggung. Pankreatitis akut juga dapat melibatkan organ lain. Kondisi ini juga dapat berkembang menjadi pankreatitis kronis jika Anda memiliki keluhan menetap dan berlanjut.

**Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Untuk Wanita**

Atas nama wanita, pertanyaan sering ditanyakan tentang kehamilan. Contoh pertanyaannya adalah apakah nyeri perut lebih rendah daripada tanda-tanda kehamilan atau apakah sakit perut tertinggal dalam kekhawatiran wanita. Ada dua kondisi yang harus diketahui wanita:

Kista Indung Rahim
Sakit Perut Sebelah Kiri atau Nyeri Panggul

Kista indung rahim adalah pertumbuhan tumor jinak berisi cairan yang bertumbuh di dalam atau permukaan indung rahim. Wanita memiliki satu pasang indung rahim, masing-masing berukuran sebesar kacang almond yang terletak di setiap sisi rahim. Banyak wanita memiliki kista indung rahim pada beberapa titik selama hidup mereka. Kebanyakan kista ovarium sedikit menghasilkan, atau tidak sama sekali, ketidaknyamanan dan tidak berbahaya. Mayoritas kista ovarium menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun, kista ovarium ( terutama yang telah pecah) kadang menghasilkan gejala serius seperti sakit perut sebelah kiri atau nyeri panggul yang parah dan menyerang secara tiba-tiba, atau rasa sakit yang disertai demam atau muntah. Tanda gejala umum yang mewakili syok seperti panas dingin, kulit lembab; napas cepat; dan kepala pusing terasa berkunang-kunang atau kelemahan, itu menunjukkan bahwa keadaan sedang darurat dan memerlukan perhatian medis dengan segera.

Di luar rahim (Kehamilan ektopik)
Sakit Perut Sebelah Kiri Saat Mengandung

Jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah sisi kiri perut bagian bawah adalah kemungkinan dan keadaan darurat yang merupakan rahim di luar rahim juga dikenal sebagai “kehamilan ektopik”, Anda akan merasa sakit ketika zigot tertanam di luar rahim di perut lainnya, indung telur atau tabung Falopian.

Jika Anda hamil, menstruasi Anda akan berhenti. Di luar rahim dapat menyebabkan Anda merasakan sakit perut di kiri atas wanita atau bawah atau ke kanan. Anda mungkin juga mengalami pendarahan, nyeri bahu. Ini adalah keadaan darurat karena dapat menyebabkan pendarahan kritis. Sayangnya, ketika kandungan luar rahim terjadi, konten Anda tidak dapat disimpan. Anda mungkin diberikan obat atau melalui operasi kecil untuk menghapus konten.

Penyakit Radang Pelvis
Perut Sisi Kiri dari Organ

Penyakit ini merupakan jangkitan organ wanita seperti rahim, ovari dan tiub Falopian. Penyakit ini disebabkan oleh bakteria termasuk jangkitan secara seksual seperti gonorrhae dan chlamydia. Antara tanda-tanda penyakit ini adalah sakit perut, demam, sakit apabila membuang air kecil, keputihan dan merasa pusing. Jika itu yang sedang Anda alami maka, akan lebih baik jika Anda segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Antibiotik boleh diberikan untuk menangani jangkitan ini.

Angina
Sakit Perut Sebelah Kiri

Angina adalah istilah yang digunakan untuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Angina adalah gejala dari penyakit arteri koroner. Angina biasanya digambarkan sebagai sensasi seperti dada diremas, atau tekanan, berat, sesak atau sakit di dada Anda. Angina, juga disebut angina pectoris, bisa menjadi masalah yang berulang atau tiba-tiba.

Gejala angina yang dimiliki wanita dapat berbeda dari gejala angina klasik. Misalnya, perempuan akan lebih sering menunjukkan gejala seperti mual, sesak napas, sakit perut sebelah kiri, atau kelelahan ekstrem, dengan atau tanpa nyeri dada. Atau, mereka mungkin merasakan ketidaknyamanan di leher, rahang, atau punggung, atau nyeri yang terasa menusuk bukan menekan dada yang umum. Perbedaan ini dapat menyebabkan keterlambatan dalam mencari pengobatan.

**Bagaimana Cara Mengatasinya?**

Penanganan sakit perut sebelah kiri harus disesuaikan dengan penyebabnya. Kondisi-kondisi yang ringan umumnya bisa ditangani dengan perawatan sederhana ala rumahan atau dengan obat bebas yang dijual di apotek.

Namun, ada pula yang perlu diatasi dengan penanganan khusus dari dokter, jika penyebabnya tergolong serius. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika sakit perut berkelanjutan, bertambah parah atau disertai gejala-gejala lain seperti demam, muntah-muntah dan diare.

Sebagai penanganan awal, Anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan melakukan hal-hal sederhana di rumah seperti di bawah ini.

*Ketika rasa sakit menyerang perut sebelah kiri, lebih baik Anda berbaring dan beristirahat hingga rasa sakit berkurang.

*Sambil berbaring, Anda juga bisa mengompres perut yang sakit dengan handuk yang telah direndam air hangat.

*Perbanyak mengonsumsi air putih dan minum secara perlahan-lahan. Hindari mengisi perut Anda dengan minuman berkafein atau berkarbonasi, seperti teh, kopi, atau minuman soda. Hindari juga minuman beralkohol.

*Hindari mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid, seperti aspirin

*Hindari makanan pedas dan berlemak tinggi guna menghindari rasa sakit menjadi makin parah.

**Sekedar Tips**

Dalam kondisi seperti ini, meski seringkali nafsu makan menjadi berkurang, namun perut Anda tetap perlu diisi oleh makanan. Konsumsi makanan yang lembut, seperti nasi, pisang, biskuit, atau roti. Cobalah konsumsi dalam jumlah sedikit untuk menghindari perut bekerja terlalu berat.

**Penutup**

Sekiranya jika Anda menghadapi salah satu daripada penyakit-penyakit di atas, sudah semestinya jika Anda melakukan perawatan yang tepat dan juga cepat. Agar tidak sampai terjadi suatu hal yang tidak di inginkan. Bagi Anda yang belum (hanya mengalami sakit perut biasa) Alangkah baiknya jika Anda membiasakan diri untuk mengamalkan gaya hidup yang sehat dan senantiasa peka dengan simpton awal penyakit.

Seperti kata pepatah, “menyediakan payung sebelum hujan”. Jadi, kita harus tetap menjaga serta membiasakan diri dengan gaya hidup yang sehat walaupun kita tidak mempunyai penyakit yang serius. Dengan begitu kita pasti akan selalu sehat. Benarkan??? Semoga Bermanfaat dan Terimakasih!!

Leave a Reply