6 Tips Penting untuk Ibu Rumah Tangga di Bulan Ramadhan.

Ramadan tiba lagi. Bagi para ibu, rutinitas harian Anda pasti berubah, karena Anda harus bangun pagi untuk menyiapkan makanan bagi keluarga tercinta Anda. Sebagai pengurus rumah tangga, semua tugas ini harus dilakukan dengan sempurna.

Di sini, kami memiliki beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat energi di bulan Ramadhan ini, serta membuat pagi Anda menjadi lebih efisien.

ramadhan1. Menyediakan Peralatan Anak-anak pada Malam Hari

Mungkin ada beberapa ibu yang biasa menyiapkan perlengkapan anak-anak mereka pada waktu pagi sebelum anak ke sekolah. Sebagai contoh, menyeterika baju, membantu anak mengemas buku dan lain sebagainya.

Namun pada bulan Ramadan ini, ibu harus bisa sedikit mengubah rutinitas yang biasa Anda lakukan, dengan melakukannya pada malam hari. Agar Anda tidak kelabakan (terlalu repot) saat di pagi hari. Itu akan dapat menghemat tenaga Anda pada ke esokan harinya saat sahur. Jadi Anda tidak akan terlalu capek kan?

2. Pastikan Anak-anak Tidur Lebih Awal

Pada bulan Ramadhan ini, usahakan anak-anak Anda untuk tidur lebih awal, supaya mudah untuk membangunkan mereka di saat sahur nanti. Jika anak Anda dapat beristirahat dengan cukup, maka mereka akan mudah bangun untuk bersahur, dan Anda sebagai ibu tidak perlu terlalu khawatir jika anak Anda tidak mau bangun karena terlalu mengantuk.

3. Lakukan Pekerjaan Rumah yang Mudah pada Malam Hari

Sebagai seorang istri atau ibu, Anda pasti sudah mengetahui bahwa pekerjaan rumah adalah sesuatu yang tidak pernah berakhir. Pada bulan puasa seperti ini, alangkah baiknya jika Anda melakukan pekerjaan rumah pada waktu malam atau semasa menyediakan juadah sahur.

Pekerjaan rumah yang bisa Anda lakukan saat di malam hari adalah seperti, mencuci baju, mengemas ruang tamu atau mempersiapkan alat-alat masak, menyiapkan wadah (tempat masakan), atau menyiapkan bahan-bahan masakan(mengupas,mencincang,dan memotong). Bukankah itu akan memudahkan Anda saat di pagi hari untuk mempersiapkan sahur?

4. Menyediakan Makanan Sahur pada Malam Hari

Jika Anda risau tidak dapat bangun awal untuk menyediakan makanan sahur, Anda juga boleh memasak pada waktu malam hari. Seperti menyiapkan nasi pada magic com ataupun memasak dan menyiapkan lauk untuk berbuka. Jadi, Anda akan lebih gampang saat bangun sahur, tidak perlu terlalu repot hanya cukup panaskan saja.

5. Sediakan Makanan Kesukaan Anak-anak Semasa Sahur

Ketika membangunkan anak untuk bersahur bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, apa lagi untuk menyuruh mereka makan pada waktu pagi.

Sebagai seorang ibu kita harus bisa mencari solusinya tanpa harus marah atau meneriakinya agar ia bisa bangun untuk sahur, yaitu dengan menyediakannya makanan kesukaan, supaya anak-anak menjadi lebih bersemangat. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi melihat anak-anak menangis atau memberontak karena tidak mau bersahur.

6. Sediakan Makanan yang Membuat Bertenaga Sepanjang Hari

Anda tidak perlu gusar memikirkan makanan apa yang sesuai untuk diberikan kepada anak-anak dan juga suami agar mereka tidak mudah lapar dan juga lemas. Jadi, Anda harus menyediakan beberapa jenis makanan yang akan mampu membuat mereka tidak mudah lapar dan juga bertenaga sepanjang hari. Contohnya, telur, karena telur kaya akan protein dan paling bergizi. Telur tidak hanya membantu Anda untuk mempertahankan energi Anda tapi juga membuat perut kenyang.

Anda dapat membuat telur berupa omelet., atau produk makanan dari susu (segelas susu, yoghurt dan milkshake). Makanan yang dibuat dari produk susu merupakan sumber nutrisi yang sehat, dan juga makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran, makan buah-buahan dan sayuran saat sahur akan membuat diri Anda berenergi sepanjang hari. Tingkat energi Anda tetap terjaga sampai waktu berbuka puasa tiba.

Itulah 6 tips yang dapat kami bagikan kepada Anda yang ingin menjalani ibadah puasa-nya dengan lancar. Semoga bermanfaat ya…

Leave a Reply