Kenali 6 Tanda Bayi Sudah Merasa Kenyang Menyusui

Memberi kebaikan nutrisi kepada anak adalah merupakan perkara yang paling penting dalam hal pengasuhan bayi. Namun masalahnya bayi belum bisa bicara atau menyampaikan apa yang ia rasakan. Mungkin itulah yang kadang membuat kita sebagai ibu merasa kurang paham dalam pengasuhan bayi. Begitu pun dalam hal mengenali tanda -tanda bayi ketika ia sudah merasa kenyang. Apa lagi para ibu yang tergolong masih formula.

Mungkin tidak banyak ibu yang mengetahui jika bayi yang mengalami kekenyangan (minum susu yang melebihi) akan berdampak tidak baik untuk kesehatannya. Untuk itu Anda harus mengetahui atau bisa mengenali apa saja tanda bayi ketika ia sudah merasa kenyang.

bayi menyusuiIni mungkin nampak mudah tetapi agak sulit lebih-lebih lagi ketika kita memberi Asi pada bayi. Hal ini kerana ibu akan sulit untuk memastikan jumlah susu yang sudah diberikan. Mungkin tidak semudah saat memberi susu dari botol yang tentunya kita tau jumlahnya. Jika bayi menyusui berlebihan, apa yang akan terjadi?

Menurut halaman web kesehatan WebMD, memberi bayi terlalu banyak susu yang melebihi keperluannya akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan juga akan menyebabkan beberapa hal seperti:

  • bayi akan menelan lebih banyak udara sehingga membuatnya kembung
  • bayi merasa tidak nyaman karena tidak dapat mencernakan semua susu yang berlebihan
  • kerap muntah (bayi selalu muntah)
  • sering buang air besar
  • kotoran (bab) berbau dan cair
  • sukar tidur / tidur yang terganggu
  • pertambahan berat badan yang mendadak dan melebihi kadar normal

Kadangkala, apa yang ditunjukkan oleh bayi yang kelebihan susu ini disalah sangka sebagai colic, refluks, atau alahan terhadap laktosa (lactose intolerance). Perkara utama yang membedakannya adalah bayi yang kelebihan susu akan memperlihatkan tumbesaran yang sehat manakala bayi yang mengalami masalah colic, refluks, atau alahan akan menunjukkan tumbesaran yang agak membimbangkan.

Kenali Ketika Bayi Sudah Merasa Kenyang, Apa Sajakah Tanda-tandanya?

Untuk menghindarkan bayi dari kelebihan minum susu, ibu perlu mengetahui beberapa isyarat yang ditunjukkan oleh bayi apabila mereka sudah merasa cukup kenyang. Seperti apakah isyaratnya?

1. Melepaskan Puting & Memalingkan Muka

Apabila bayi sudah merasa cukup kenyang saat menyusu, maka dia akan berhenti menyusu dan melepaskan mulut dari puting susu ibu dengan sendirinya. Dan untuk bayi yang meminum susu dari botol (susu formula) juga akan menunjukkan isyarat yang sama. Jadi, tidak perlu minta bayi untuk menghabiskan satu botol susu untuk sekali minum. Jika bayi sudah mulai memalingkan muka berarti itu pertanda mereka sudah merasa kenyang. Jadi tidak usah di beri lagi, untuk menghindari bayi dari kelebihan susu.

2. Bayi Tertidur

Setelah beberapa saat dari melepaskan susu, bayi cenderung akan merasa mengantuk dan mudah tertidur karena kenyang. Ini merupakan isyarat bagi ibu untuk hentikan penyusuan dan biarkan bayi tidur. Apabila bayi tertidur tanpa melepaskan puting susu, lepaskan dengan perlahan atau selitkan jari bersih Anda pada ujung mulutnya agar tidur bayi tidak terganggu. Boleh juga gantikan dengan puting (emping) untuk membuat bayi lebih tenang.

Namun perlu diingat, untuk bayi yang baru lahir sangatlah perlu bantuan ibu bapak untuk membangunkannya, karena biasanya bayi yang baru lahir akan tidur dalam waktu yang agak lama, terlebih lagi untuk bayi yang mengalami jaundis (kuning). Hal ini selalu berlaku pada bayi yang berusia di bawah 1 bulan, sedangkan mereka amat memerlukan nutrisi daripada susu. Untuk itu Anda harus membangunkan bayi setidaknya dua jam sekali untuk memberinya susu. Agar bayi Anda tumbuh dengan sehat.

3. Bayi Akan Seketika Menangis Setelah Menyusu

Ada juga jenis bayi yang tidak mengantuk malah menangis selepas diberi susu. Namun tahukah Anda jika hal ini juga bisa menjadi pertanda jika dia sudah merasa kenyang dan mungkin sudah merasa tidak nyaman. Jika itu yang bayi Anda alami, maka tepuklah bagian belakang bayi dengan lembut agar ia bisa bersendawa dan menenangkannya serta membuatnya lebih nyaman.

4. Postur Badan Yang Rileks

Sekiranya bayi yang sedang merasa lapar, biasanya akan mulai merengek dan cepat memalingkan muka ke arah kita apabila pipi atau bibirnya disentuh, Dia juga akan menggenggam tangannya ketika sedang merasa lapar. Sebaliknya, apabila bayi sudah merasa kenyang maka ia akan terlihat lebih tenang dan selalu meregangkan jarinya, dan ia akan mulai tampak tenang serta terlihat mengantuk.

5. Menyusu dengan Perlahan

Seperti orang yang kekenyangan, maka kecepatan bayi menghisap susu juga akan berkurang disertai dengan berhenti yang lebih lama dan kerap.

6. Tidak Berminat

Bayi yang sudah kenyang akan menunjukkan bahwa dia tidak perlu lagi, itu ia awali dari mulai bermain-main, melihat sekeliling dan hilang tumpuan untuk menyusu. Walaupun kita coba untuk berikan lagi, dia seakan menolak dan mau dilepaskan dari pangkuan. Ini juga merupakan isyarat yang tidak patut kita abaikan supaya bayi tidak terlalu kenyang.

Seberapa sering bayi boleh diberi ASI atau susu formula dalam sehari?

Sebenarnya tidak ada aturan pasti yang mendikte berapa kali bayi boleh minum susu dalam sehari. Pada intinya, si kecil sendirilah yang menentukan berapa banyak susu yang ingin ia minum dalam sehari. Pasalnya, kebutuhan menyusu tiap bayi tidaklah sama, jadi tugas Anda hanyalah memberikan susu sesuai kebutuhannya.

Namun, Baby Centre mengatakan, bayi baru lahir biasanya minum ASI sekitar 3-4 kali dalam sehari. Selang 1-2 hari setelahnya, ia akan menyusu kurang lebih 8 kali, termasuk di malam hari. Anda tidak diwajibkan untuk memberi patokan berapa kali si kecil harus menyusu karena semakin bertambah usia, frekuensi menyusunya juga akan semakin meningkat. Secara otomatis, payudara juga akan memproduksi ASI dalam jumlah yang lebih banyak.

Kadang Kita Akan Salah Mengira

Setiap bayi mempunyai refleks hisapan di mana mereka akan menghisap apa saja yang dihulurkan ke mulut mereka, termasuklah jari sendiri. Ini bisa menjadi salah faham untuk ibu yang menyangka jika bayinya masih merasa lapar. Alangkah baiknya, jika ibu lebih peka terhadap keperluan rutin penyusuan bayi dengan memperhatikan isyarat yang sering bayi berikan apabila ia sudah merasa kenyang.

Amalan ibu untuk memberi susu setiap kali diminta sudah merupakan sebuah tindakan yang benar, kerana bayi mempunyai naluri yang baik dalam keinginan untuk menyusu. Asalkan bayi membesar dengan berat badan yang sehat atau normal, itu sudah menandakan bahwa Anda sudah memberi anak nutrisi yang secukupnya.

Hanya Sebagai Tips

Bagi yang suka menggunakan bedong alangkah baiknya jika Anda melonggarkan ikatan bedong dan lepaskan sarung tangan ketika akan menyusui bayi. Bedong yang rapat akan menghalangi kontak kulit ibu-bayi sehingga membuat bayi malas menyusu. Sarung tangan akan menghalangi fungsi tangan bayi saat menyusu. Tangan membantu manusia untuk makan. Dengan tangan kita memasukkan makanan ke dalam mulut. Tangan membantu bayi menstabilkan tubuhnya saat melekat untuk menyusu. Terimakasih karena sudah membacanya dan semoga saja ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply