Hal-hal yang Perlu Diingat Sebelum Mudik Lebaran

Kebanyakan masyarakat Indonesia memanfaatkan lebaran untuk pulang ke kampung halaman atau mudik, guna bertemu dengan orang tua dan juga sanak saudara. Untuk melepas rasa kangen atau bersilahturahmi.

Kembali ke rumah adalah salah satu tradisi paling menyenangkan ketika menyangkut Idul Fitri. Sudah waktunya bagi Anda untuk bertemu kerabat di kota Anda. Namun dalam sukacita, jangan lupa tentang beberapa hal yang harus dilakukan sebelum Anda mudik atau meninggalkan rumah.

mudik lebaran

Gambar: okezone.com

1. Sebelum Anda meninggalkan rumah lepaskan semua plug-in kecuali colokan untuk lemari es agar makanan Anda tidak rusak saat Anda pulang ke rumah.

2. Buanglah semua sampah. Jangan meninggalkan rumah sebelum membuang sampah karena ini akan menimbulkan bau busuk ketika Anda pulang ke rumah.

3. Jangan biarkan baju berserakan di luar. Pastikan agar Anda memasukkan baju (jemuran) ke dalam rumah sebelum Anda meninggalkan rumah atau mudik.

4. Periksa beberapa kali suit lampu dan kipas untuk memastikannya sudah benar-benar mati (tidak menyala) atau sudah ditutup.

5. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi seperti, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampo, dan juga handuk.

6. Bagi Anda yang berjilbab, pastikan untuk menyematkan bros yang ingin Anda kenakan di tas. Agar tidak lupa!

7. Yang terpenting, jangan lupa untuk memegang charger ponsel. Bawa uang dan cakup untuk diberikan kepada keponakan atau sanak saudara Anda di kampung halaman.

8. Jangan kelam kabut dan bersikap marah atau jangan juga terlalu gembira ketika dalam perjalanan. Karena perasaan-perasaan itu akan membuat Anda tidak fokus pada perjalanan Anda. Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan!

9. Pastikan Anda sudah mempersiapkan surat-surat penting yang harus Anda bawa. Baik itu KTP atau surat Izin Mengemudi (SIM). Pastikan masih berlaku. Jika Anda kena tilang di daerah yang jauh maka akan menjadi hal yang merepotkan, untuk pengurusan sidang dan pengambilan SIM.

10. Ingat juga untuk membawa obat-obatan. Untuk berjaga-jaga, bisa membekali diri dengan obat luka luar atau obat gosok menghilangkan rasa pegal serta obat mabuk atau masuk angin.

11. Pastikan semua anggota keluarga sudah masuk ke dalam mobil. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya.. ! Ini khusus bagi Anda yang mempunyai keluarga besar atau mempunyai anak yang lebih dari tiga orang.

12. Kemudian cek kendaraan. Faktor yang satu ini juga tidak kalah penting. Lakukan pemeriksaan kendaraan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan mudik. Lakukan pemeriksaan pada tekanan angin ban, perhatikan juga ketebalan ban, jika terlihat sudah tipis maka lakukan penggantian sebelum memulai perjalanan. Lakukan pengecekan pada air radiator, jika jumlah air terlihat kurang maka tambahkan sesuai rekomendasi pabrikan. Oli mesin dan minyak rem juga wajib diperhatikan. Pastikan kondisi keduanya masih prima. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan pengecekan sendiri, maka serahkan pada ahlinya.

13. Sempatkan untuk berdoa sebelum pergi keluar (mudik), baca Al-Fatihah, Kursi ayat dan Bismillahillazi. Kami bertujuan untuk berziarah, niat akan membuat tindakan ibadah kami. Yakinlah bahwa Tuhan akan selalu bersama Anda.

Tambahan Tips Bagi Anda yang Melakukan Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Perlengkapan keselamatan. Khusus bagi pengguna sepeda motor, pastikan helm yang dipakai memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan menutupi seluruh wajah (full face). Gunakan sepatu menutupi mata kaki, lebih direkomendasikan yang tidak memakai tali. Gunakan jaket cukup tebal yang melindungi terpaan angin serta yang berwarna mencolok agar mudah dilihat pengguna jalan lain. Serta, gunakan sarung tangan dan bekali diri dengan jas hujan. Wahai Anda yang akan melakukan mudik, sudahkah Anda mempersiapkan beberapa hal di atas?

Mudik adalah aktivitas yang mungkin cukup melelahkan untuk Anda, apa lagi bagi Anda yang menempuh jarak yang cukup jauh (luar kota). Hampir bisa dipastikan Anda akan bergelut dengan macetnya jalanan dan ramainya tempat umum. Jadi, penting juga buat Anda untuk menyiapkan mental dan fisik sebaik mungkin. Jaga kesehatan dan istirahatlah secukup mungkin agar tubuh Anda tetap bugar selama perjalanan berlangsung.

Itulah tips dan persiapan mudik yang wajib Anda terapkan saat akan pulang ke kampung halaman nanti. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut hari raya!!!

Leave a Reply