30 Makanan Penghilang Stres yang Efektif

Cara untuk mengatasi stres terbaik adalah dengan cara pengobatan dari dalam diri sendiri secara alami, yaitu dengan melatih dan membiasakan diri untuk hidup sehat setiap harinya. Ketika seseorang sudah terbiasa melakukan hal-hal tersebut, maka pikiran tidak akan mudah terkena stres serta tubuh akan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Yang di maksud dengan pengobatan dari dalam diri sendiri secara alami adalah dengan mengkonsumsi makan-makanan penghilang stres yang bergizi, serta diimbangi dengan olahraga secara teratur untuk membiasakan diri hidup sehat. Tahukah Anda jika ada beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi perasaan kita dan menstabilkan emosi kita. Ini karena ada beberapa makanan yang memiliki senyawa unik yang dapat menjaga kesehatan mental yang baik.

orang stressMungkin sekarang ini ada banyak orang yang dapat mengalami stres bahkan sampai berujung depresi. Entah itu seseorang yang masih muda maupun yang sudah tua. Tentu Anda tidak menginginkannya bukan? Walaupun terkadang stres di anggap sesuatu hal yang biasa, namun jika tidak segera mengatasi ataupun mencegahnya dengan sesegera mungkin, maka tetap saja itu akan menjadi salah satu penyakit yang cukup meresahkan, baik untuk yang mengalami maupun bagi orang-orang terdekat si penderita.

Jadi alangkah baiknya jika Anda berusaha mengatasi atau lebih tepatnya lagi mencegah datangnya penyakit ini dengan mengkonsumsi beberapa makanan bergizi berikut ini. Inilah kumpulan atau daftar beberapa makanan yang akan membuat Anda terhindar dari stres:

1. Ikan

Menurut penelitian, seseorang yang memilih ikan sebagai makanan utama sehari-hari mereka memiliki resiko depresi 17 persen lebih rendah daripada mereka yang jarang makan ikan. Studi lain menemukan bahwa omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan akan meningkatkan efek obat pada orang yang depresi dibandingkan dengan menggunakan obat plasebo. Asam lemak omega-3 dari makanan laut dan lemak sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan mental kita.

2. Bayam

Bayam kaya akan asam folat, vitamin B yang larut dalam air. Tingkat asam folat yang rendah dikaitkan dengan gejala stres dan respons yang lemah terhadap anti stres. Selain itu, vitamin yang terdapat pada bayam dapat mempengaruhi zat kimia yang berkaitan dengan emosi di otak. Menurut Torey Armul, RD Nutrition and Dietetic Academy, kadar serotonin atau yang lebih dikenal dengan hormon bahagia meningkat dengan makanan yang kaya akan asam folat.

3. Cokelat

Biji kakao mengandung flavonoid, nutrisi sayuran kaya gizi yang kaya dapat meningkatkan emosi. Dalam sebuah penelitian yang di lakukan oleh wanita AS, mengkonsumsi flavonoid yang lebih tinggi menghasilkan resiko depresi yang lebih rendah, terytama pada wanita yang lebih tua.

4. Yogurt

yogurtMengkonsumsi yogurt rupanya dapat menurunkan tingkat stres yang berlebih. Yogurt dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang berguna memberikan rasa nyaman bagi Anda yang sedang stres.

5. Salmon

Salmon mengandung vitamin D yang sangat tinggi. Studi telah menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengubah tryptophan menjadi serotonin. Namun begitu kita juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi vitamin D, karena vitamin D juga berpotensi menghasilkan racun dalam tubuh kita.

6. Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menenangkan otak. Menurut penelitian di Jepang, seseorang yang mengkonsumsi teh 4 gelas setiap harinya akan terhindar dari resiko stres dan depresi. Ini karena teh hijau adalah zat cateha dan amine thenine yang dapat menahan depresi. Teh hijau juga dapat membantu lansia menghindari stres dan menjadi lebih realistis.

7. Brokoli

Brokoli mengandung asam folat yang mampu meredakan dan menyembuhkan depresi. Brokoli juga mampu membuat pikiran Anda tenang dan menghindari sindrom panik karena depresi.

8. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin E dan vitamin C di dalam tubuh sama manfaatnya dengan antioksidan dalam melawan radikal bebas, karena radikal bebas termasuk penyebab depresi. Meskipun polusi udara sangat kuat dan menghasilkan radikal bebas, almond dapat digunakan sebagai makanan ringan pada siang dan malam hari.

9. Asparagus

Tanaman bertangkai ramping ini memang diketahui membuat urin berbau aneh. Meskipun begitu, tanaman ini mengandung asam folat tinggi yang penting untuk menjaga agar Anda tetap dingin atau tenang dalam keadaan stres.

10. Es Krim

Makanan dingin yang satu ini memang paling disukai orang yang sedang stres. Tidak hanya itu, hampir semua orang sangat menyukai es krim meskipun tidak stres sekalipun. Kombinasi susu dan krim merupakan perpaduan yang cocok yang bisa memberikan rasa nyaman bagi kamu yang sedang stres. Kandungan amino thrytopan dalam es krim berfungsi untuk menenangkan otak.

11. Alpukat

Buah ini terbukti dapat menghilangkan stres pada tubuh. Alpukat kaya akan glutathione, zat yang secara khusus menghambat penyerapan usus dari lemak tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif, alpukat juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin B dan E, serta asam folat yang lebih banyak daripada buah lainnya.

12. Bawang putih

Seperti banyak tanaman lainnya, bawang putih penuh dengan antioksidan kuat. Bahan kimia ini menetralkan radikal bebas (partikel yang merusak sel kita, menyebabkan penyakit, dan mendorong penuaan) dan dapat mengurangi atau bahkan membantu mencegah beberapa kerusakan akibat radikal bebas dari waktu ke waktu. Di antara senyawa bawang putih adalah allicin, yang telah dikaitkan dengan menangkis penyakit jantung, kanker, dan bahkan flu biasa. Karena stres melemahkan sistem kekebalan tubuh kita, kita membutuhkan teman seperti bawang putih, yang bisa menguatkan kembali.

13. Daging Sapi

Daging sapi yang dimaksud adalah daging sapi yang diberi makan rumput. Karena memiliki lebih banyak antioksidan – termasuk vitamin C dan E dan beta-karoten – dari pada daging sapi yang diberi makan biji-bijian, dan tidak mendapatkan suntikan hormon, antibiotik, atau obat lain secara berlebihan. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan bahwa sukarelawan sehat yang makan daging sapi tersebut memiliki kadar asam lemak omega-3 dalam darah yang meningkat dan menurunkan kadar asam lemak omega-6 pro-inflamasi. Perubahan ini dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari sejumlah gangguan, termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, depresi (termasuk penghilang stres), dan penyakit inflamasi.

14. Havermut (Oatmeal)

bubur oatmealMengonsumsi oatmeal menyebabkan otak Anda menghasilkan serotonin, bahan kimia yang baik. Serotonin tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga menciptakan perasaan menenangkan yang membantu menghilangkan stres. Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak yang makan oatmeal untuk sarapan pagi tetap lebih fokus sepanjang pagi. Beta-glukan merupakan jenis serat larut yang ditemukan di oatmeal, telah terbukti memiliki nilai kenyang lebih besar daripada biji-bijian.

15. Pisang

Pisang memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah. Karena salah satu dampak negatif dari stres adalah meningkatnya tekanan darah. Dengan Anda mengkonsumsi pisang, meningkatnya tekanan darah yang diakibatkan stres itu akan segera mereda.

16. Jeruk

Buah jeruk terkenal sebagai sumber vitamin C yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga bertindak sebagai antioksidan pelawan radikal bebas. Namun banyak yang belum tahu, bahwa buah yang menyegarkan ini juga bisa dijadikan makanan penghilang stres. Kenapa? itu karena, kondisi stres cenderung akan meningkatkan radikal bebas pada tubuh. Sedangkan buah jeruk juga mengandung sebagian besar vitamin A dan B serta berbagai mineral yang berperan untuk menangkal radikal bebas sebagai efek dari stres pikiran.

17. Kerang Tiram (Oyster)

Tak hanya bermanfaat meningkatkan gairah seksual. Tiram juga bermanfaat menghilangkan stres. Penelitian Godzilla of zinc: enam tiram yang biasanya disajikan di restoran sebagai makanan pembuka, memiliki lebih dari separuh RDA untuk mineral penting ini.

18. Madu

Madu kaya akan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk membantu regenerasi sel, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan depresi, sebagai anti peradangan dan juga bisa untuk antibiotik. Rasa manis yang ada pada madu memberikan efek tenang, sedangkan nutrisi yang terkandung pada madu sebagai pendorong energi. Selain madu, royal jelly yang berasal dari sarang lebah madu juga ampuh untuk mengurangi kecemasan dan juga stress.

19. Kismis

Kismis merupakan makanan yang kaya akan selenium, magnesium serta vitamin B yang berperan meredakan stres. Makanan tersebut juga efektif digunakan untuk relaksasi otot. Vitamin E dan B2 yang terkandung pada kismis dapat melawan depresi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kismis juga kaya akan nutrisi dan serat.

20. Ubi

Ketika seseorang dalam keadaan stres, maka kebutuhan karbohidrat dan gula menjadi meningkat dan itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang ada pada ubi seperti kabohidrat, betakaroten, vitamin, gula, dan serat bisa membantu tubuh mengatasi gangguan yang Anda alami. Tidak hanya itu, ubi juga mengandung vitamin B dalam bentuk asam pantotenat yang banyak terdapat pada ubi jalar, kandungan vitamin B bisa membantu memproduksi hormon pereda stres sehingga tubuh tidak kekurangan hormon yang digunakan ketika tubuh sedang stres.

21. Kenari

Kenari mengandung asam alfa-linolenat, asam lemak omega-3 penting, dan polifenol lainnya yang telah terbukti membantu mencegah kehilangan ingatan. Periset di Tufts University menemukan bahwa hewan yang makan kenari mengurangi beberapa tanda penuaan otak.

22. Blewah

buah blewah penghilang stresTak hanya berfungsi sebagai pelengkap minuman disaat berbuka, ternyata blewah juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan memperbaiki fungsi limpa dan ginjal. Karena blewah mengandung vitamin C, provitamin A, mineral kalium dan serat makanan yang cukup tinggi. Jadi, akan sangat baik jika dikonsumsi di saat Anda sedang stres. Setidaknya itu akan membuat Anda merasa lebih tenang karena tekanan darah Anda akan stabil.

23. Kedelai

Tempe, tahu, atau susu kedelai bisa menjadi pilihan Anda untuk meredakan stres. Menurut Prevention Magazine’s Nutrition Advisor, kandungan kedelai dari kadar protein, vitamin B, kalsium dan magnesium di dalamnya mampu menghilangkan stres dan menyehatkan. Stres hilang, kesehatan tubuhmu pun juga akan terjaga.

24. Mentimun

Mentimun mengandung mineral mangan, silika, kalium dan magnesium selain itu juga lengkap dengan kandungan vitamin B, vitamin A dan C. Kandungan itulah yang menjadikan mentimun memiliki efek ‘mendinginkan’ sehingga bermanfaat untuk menghilangkan stres berkepanjangan.

25. Jamur Tiram

Tak hanya lezat, jamur tiram juga mengandung zat bergizi yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah vitamin B1, Vitamin C dan Vitamin B2. Vitamin B1 yang terkandung dalam jamur tiram inilah yang sangat berguna untuk mengatasi radikal bebas yang banyak terdapat pada orang-orang yang sedang mengalami stress-oksidatif.

26. Anggur

Buah anggur mengandung banyak sekali zat-flavonoid dan senyawa aktif lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat aktif itulah yang berfungsi untuk meningkatkan atau melancarkan aliran darah dalam tubuh. Alasan inilah yang membuat anggur digadang-gadang menjadi camilan buah yang masuk dalam daftar makanan penghilang stres. Buah anggur juga bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung tetap stabil yang erat kaitannya dengan stres.

27. Berry

Berry adalah salah satu buah yang kaya antioksidan. Semua buah-buahan yang termasuk berry seperti raspberry, blackberry, strawberry, blueberry mengandung vitamin C yang tinggi dan mampu untuk melawan stres.

28. Susu

Kandungan kalsium di dalam susu berguna untuk mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf, karena itulah susu termasuk bagian dari makanan penghilang stres. Dengan minum susu stres Anda pasti akan segera reda.

29. Keju

Keju mempunyai tekstur lembut dan cita rasa yang sedikit manis, kandungan protein hewani di dalamnya bisa membantu memproduksi serotonin. Protein di dalamnya juga tinggi akan asam amino tryptophan yang efeknya bisa menimbulkan rasa bahagia sama seperti serotonin. Khasiat asam amino di dalamnya akan lebih efektif jika dikonsumsi bersama dengan makanan berkarbohidrat. Hal ini bisa membuat otak merasa lebih tenang sehingga dapat menjadi pertahanan diri dari stres dan depresi. Rasanya yang enak gurih lembut di mulut. Membantu mencerdaskan otak dan kamu siap beraktivitas lagi.

30. Air Putih

Saat Anda sedang stres, air putih juga bisa menjadi pertolongan pertama buat Anda. Karena air putih juga sangat baik untuk meredakan stres. Jadi, saat sedang stres harus banyak minum air ya!!

Itulah beberapa kumpulan makanan yang akan dapat membantu Anda untuk meredakan stres. Namun bukan berarti stres Anda akan menghilang selamanya, karena stres itu akan selalu datang atau lebih tepatnya lagi akan selalu ada selama kita masih bernafas dan hidup. Karena yang namanya hidup itu sudah pasti akan selalu berpikir. Entah itu tentang pekerjaan, persoalan rumah tangga bahkan tingkah laku anak-anak pun kadang mampu membuat kita stres. Jadi, beberapa kumpulan makanan bergizi di atas hanya berfungsi untuk menghindari dan mengurangi stres yang Anda rasakan.

Dengan gaya hidup sehat, makan makanan yang bergizi, mempunyai banyak teman dan selalu berpikiran positif akan mampu menjadi benteng pertahanan yang sangat kuat, yang akan membuat Anda terhindar dari stres ataupun depresi. Semoga bermanfaat dan terimakasih!!

Leave a Reply