Cara Buat Emas Lebih Berkilau, Bisa Dilakukan Di Rumah

Bagaimana cara efektif membersihkan perhiasan emas tanpa harus keluarkan uang dan yang tentunya bisa Anda lakukan di rumah? Saat kilau Emas mulai memudar, biasanya yang sering kita lakukan adalah membawa perhiasan emas yang kita miliki ke toko emas untuk dibersihkan atau disepuh ulang sehingga kilau emas dapat kembali seperti semula. Tapi Anda harus mengeluarkan uang yang cukup untuk itu!

Sebenarnya, tidak mesti Anda selalu melakukan hal itu. Karena Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dan yang pasti Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Mungkin tidak sepraktis saat Anda membawanya ke toko emas, karena Anda hanya perlu duduk manis dan mengeluarkan uang setelahnya. Namun apakah Anda sadar jika itu akan lebih merepotkan dari pada Anda melakukannya sendiri di rumah? Waktu untuk jarak tempuh, harus ngantre, keluar uang pula, apa lagi sedang hujan, belum lagi ketemu pencopet misalnya, jadi semakin repot kan?

emas perhiasanNah untuk itu di sini akan kami berikan beberapa tips untuk membuat perhiasan Anda kembali berkilau yang tentunya bisa Anda lakukan di rumah dengan cara yang mudah dan tanpa keluarkan banyak uang. Sebenarnya cara membersihkan emas sendiri di rumah sangatlah mudah untuk di lakukan, hanya saja belum terbayangkan oleh kita. Emas tidak seperti perhiasan perak yang dapat memudar atau menjadi kusam seiring berjalannya waktu. Kusamnya perhiasan emas asli biasanya lebih dikarenakan adanya timbunan kotoran dan debu akibat pemakaian normal.

Anda bisa mengembalikan kilau pada cincin, gelang, kalung dan perhiasan emas lainnya dengan beberapa metode yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Pasta gigi

Ini cara paling umum dan paling mudah untuk di lakukan. Ambil saja pasta gigi menggunakan sikat gigi bekas, kemudian gosok-gosokkan pada emas Anda. Entah itu cincin, kalung, anting ,gelang atau lain sebagainya. Pasta gigi tidak hanya baik untuk menjaga kebersihan gigi dan membuat gigi lebih putih bersinar. Namun juga cukup ampuh untuk menjaga kilau segala jenis perhiasan, kecuali mutiara.

Pasta gigi sebagai zat abrasif ringan juga bisa dimanfaatkan untuk melonggarkan akumulasi kotoran yang menempel pada perhiasan Emas Anda sehingga perhiasan bisa kembali kinclong seperti semula.

  • Campurkan 2,5 cm pasta gigi dengan sedikit air agar pasta tidak terlalu kental.
  • Kemudian gosok permukaan perhiasan Emas dengan sikat lembut menggunakan pasta yang telah dicampur air tersebut, sehingga bisa membersihkan seluruh bagian permukaan perhiasan emas termasuk celah-celah yang sulit terjangkau.
  • Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan menggunakan lap atau kain lembut.

Cara ini efektif digunakan untuk membersihkan perhiasan emas yang menggunakan aksesoris batu permata yang ditempelkan menggunakan lem (seperti kebanyakan pada perhiasan anting atau liontin) karena tidak perlu dilakukan proses perendaman. Seperti yang kita ketahui proses perendaman (terutama menggunakan air hangat) dapat mengendurkan lem sehingga bisa menyebabkan batu permata pada perhiasan Emas tersebut terlepas.

2. Air Asam Jawa

Kandungan yang di miliki asam jawa akan dapat membuat kotoran yang penempel pada perhiasan akan menjadi lebih mudah terangkat atau mudah terlepas dari perhiasan Anda. Rendam perhiasan Anda ke dalam air asam jawa selama kurang lebih 6 jam, lalu bilas dengan air biasa. Kemudian keringkan dengan kain bersih.

3 Gunakan Air Teh

Mungkin belum banyak orang yang tahu, jika air teh juga sangat efektif bila di gunakan untuk membersihkan perhiasan atau untuk mengembalikan kilau perhiasan Anda. Siapkan air teh tanpa gula. Baru kemudian rendam perhiasan dalam air teh setidaknya selama 1 jam. Lalu bersihkan dengan sikat dan bilas. Untuk hasil yang lebih efektif lakukan perendaman lebih lama.

4. Air Panas

Cara yang satu ini mungkin cara yang paling mudah untuk di lakukan. Dan cara ini sangat cocok untuk membersihkan perhiasan yang tidak memiliki batu atau permata. Cukup dengan memasukkan perhiasan ke wadah yang sesuai, lalu tuangkan air panas ke dalamnya. Biarkan air menjadi dingin, kemudian usap-usap dan kemudian bilas.

5. Sabun Pencuci Piring

Sabun cuci piring mengandung Surfaktan yang merupakan bahan aktif yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan bahan yang dicuci.
Selain itu, sabun cuci piring juga mengandung Builder (pembentuk) yang berfungsi meningkatkan efisiensi pencuci dari Surfaktan dengan cara menon-aktifkan mineral penyebab kesadahan air.

Tuangkan beberapa tetes sabun pencuci piring cair dalam semangkuk air hangat. Aduk dan rendam dalam 15 menit. Setelah dibersihkan dengan sikat kecil sebelum dibilas dan dikeringkan. bersihkan menggunakan sikat lembut untuk mengangkat kotoran pada setiap sisi dan celah perhiasan Emas tersebut. Semakin lembut sikatnya semakin baik agar tidak meninggalkan bekas goresan pada perhiasan emas Anda.

6. Membersihkan perhiasan Emas dengan Amonia

Proses membersihkan emas dengan Amonia dikenal efektif dalam membersihkan perhiasan Emas dan mengembalikan kilau-nya kembali seperti semula. Namun penggunaan Amonia untuk membersihkan perhiasan Emas ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena biar bagaimanapun Amonia bersifat korosif, sehingga penggunaan yang berlebihan akan mengikis permukaan perhiasan Emas tersebut. Dan ingat, penggunaan Amonia ini juga tidak disarankan untuk membersihkan Emas yang mengandung platinum atau mutiara.

Campurkan cairan Amonia dengan air pada sebuah mangkuk. Gunakan perbandingan 1:6, yaitu 1 takar Amonia dicampur dengan 6 takar air. Setelah itu Anda bisa merendam perhiasan Emas pada larutan yang Anda buat, dan diamkan selama 1 menit saja. Ingat, jangan terlalu lama karena Amonia bersifat korosif, maka sebaiknya jangan merendam perhiasan Emas lebih lama dari yang disarankan. Setelah perhiasan Emas diangkat dari perendaman, Anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih, dan kemudian dikeringkan menggunakan lap atau kain yang lembut.

Sebaiknya proses demi proses yang dilakukan diatas usahakan agar cairan tidak terkena kulit atau tangan. Untuk menghindari iritasi kulit seperti gatal-gatal terutama pada kulit yang sensitif. Anda bisa menggunakan alat tertentu untuk mengangkat perhiasan emas dari rendaman cairan Amonia yang digunakan.

Sebagai Tips Tambahan

** Agar kilau Emas selalu terjaga atau selalu terlihat berkilau dari waktu ke waktu sebaiknya bersihkan perhiasan Emas yang Anda miliki minimal enam kali dalam setahun, yaitu dengan menggunakan cara yang telah kami jelaskan diatas. Ini berlaku apabila perhiasan Emas dipakai setiap hari ( setiap saat).

** Perhatikan dari segi pemakaian, berhati-hatilah dengan kosmetik, parfum, dan krim atau cairan yang dapat menyebabkan efek kimia, seperti oksidasi.

** Apabila harus disimpan sebagai investasi, sebaiknya perhiasan Emas (terutama Emas murni 24 karat) harus disimpan terpisah dari aksesoris lain dan dibungkus dalam kain lembut untuk menghindari goresan dari perhiasan atau benda lain di sekitarnya.

Untuk Mengenali Emas Asli atau Emas Palsu

emas kilauMengetahui perbedaan antara emas asli atau emas palsu merupakan hal yang perlu diketahui bagi setiap orang yang ingin melakukan investasi emas atau sekedar untuk digunakan sebagai perhiasan. Jangan sampai emas yang kita miliki adalah emas palsu. Emas palsu adalah emas dengan kadar yang sangat rendah, semisal kadar emas tersebut 10 karat atau kurang dari itu. Kita pasti ingin tahu apakah emas yang akan kita beli atau emas yang sudah kita miliki adalah emas asli atau bukan?

Apabila Anda ingin memeriksa apakah emas itu Asli atau palsu tanpa harus mengeluarkan biaya atau langsung bisa Anda lakukan sendiri dirumah atau dimanapun Anda berada adalah sebagai berikut.

1. Lihat ciri-ciri emas secara visual

Cara paling mudah yang untuk memeriksa apakah sebuah emas asli atau palsu adalah dengan melihat ciri-ciri visualnya. Amati tanda-tanda tertentu yang merupakan ciri emas murni. Biasanya dalam logam mulia atau perhiasan emas ada cap yang menandakan kadar emas, misal dalam fineness 1-999 atau 0.1-0.999 atau dalam karat 10K , 14K , 18K , 22K atau 24K. Jika tulisan terlalu kecil gunakan kaca pembesar untuk mempermudah pengamatan. Tetapi tidak semuanya memiliki cap, misal model-model lama. (Kadang emas palsu juga bisa memiliki cap karat tersebut agar terlihat asli).

2. Cek perubahan warna

Gosok dengan jari pada bagian-bagian tertentu atau cari bagian yang kira-kira sering mendapat gesekan, misal sekitar tepi logam mulia atau koin emas. Emas palsu akan menampakkan warna logam lain yang berbeda di bawahnya sehingga terlihat warna emas tidak seragam dan bergradiasi.

3. Rasakan Beratnya

Anda bisa melihat emas tersebut memiliki sifat lembut tetapi berat dengan kata lain meskipun lembut, emas asli memiliki bahan yang padat dan berat. Jika emas batangan atau koin terasa ringan, maka bisa saja emas itu palsu dan bila dijatuhkan emas palsu akan terdengar bunyi nyaring berbeda dengan emas asli yang akan terdengar lembut.

4. Mencium Bau Emas

Emas yang asli jika dicium tidak berbau amis. Jadi Anda bisa mengetes kemurnian perhiasan tersebut dengan mencium baunya.

5. Menggigitnya

Gigit emas Anda dengan tekanan yang sedang. Cek apakah emas tersebut terdapat bekas gigitan. Secara teori, jika emas asli maka akan menunjukkan bekas goresan gigi, bekas tersebut semakin dalam jika emasnya adalah murni 24 karat. Cara menggigit ini tentu bukan tes yang direkomendasikan, karena selain bisa merusak gigi bisa merusak kondisi fisik dari emas tersebut. Dan tentu saja para pemalsu masih bisa menggunakan timah berlapis emas yang juga cukup “empuk” untuk digigit.

6. Menggunakan magnet

Ini adalah tes yang mudah meski tidak menentukan pasti bahwa emas benar-benar asli, karena banyak logam lain juga yang non-magnetik yang bisa digunakan sebagai emas palsu. Minimal kita tahu bahwa emas kita bukan logam besi yang dilapisi emas. Gunakan sebuah magnet yang kuat, pegang magnet dan arahkan pada emas. Emas bukanlah logam magnetik , sehingga jika emas yang kita uji tertarik ke magnet dan menempel bisa dipastikan bahwa emas tersebut palsu.

7. Menggoreskannya pada keramik atau kertas

Ini juga salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah emas asli atau palsu. Tetapi perlu diingat untuk menguji ini ada resiko logam mulia emas yang diuji akan tergores. Anda bisa memakai piring keramik polos atau keramik lantai. Setelah digosok jika terbentuk lapisan hitam maka itu adalah pirit yang dilapisi emas pada bagian atas atau hanya pirit dan sebaliknya jika setelah digosok terbentuk warna kuning maka itu adalah emas. Pirit adalah senyawaan dari besi dengan belerang dengan warna kuning serta memiliki kilau seperti emas, pirit memiliki rumus kimia FeS2.

Selain keramik, Anda bisa juga menggunakan kertas untuk menguji keaslian emas. Sebagai perbandingan, coba goreskan uang logam pada kertas, dengan uang logam yang digoreskan pada kertas akan meninggalkan goresan berwarna hitam, sedangkan jika emas itu asli maka tidak akan ada goresan sama sekali.

8. Uji emas dengan Nitric Acid

Istilah lainnya adalah “tes asam” dan merupakan cara yang cukup bagus untuk menguji keaslian emas. Tetapi tes ini memiliki resiko keselamatan dengan cairan asam, jadi harus berhati-hati sekali, Asam yang digunakan untuk melakukan pengujian ini merupakan bahan kimia yang berbahaya, karena dapat menyebabkan luka bakar. Jika tidak untuk bisnis, sebaiknya tes asam ini diserahkan ke toko perhiasan emas saja. Berikut langkah-langkahnya :

  • Letakkan emas pada wadah stainless steel
  • Beri satu tetes asam nitrat pada emas dan perhatikan reaksi yang dihasilkan
  • Reaksi warna hijau menunjukkan logam besi berlapis emas
  • Reaksi emas menunjukkan logam kuningan berlapis emas
  • Reaksi warna susu menunjukkan logam perak berlapis emas
  • Jika tidak ada reaksi kemungkinan besar adalah emas asli.

Setidaknya mulai sekarang Anda sudah sedikit tau untuk membedakan mana Emas asli atau palsu. Dan yang pasti itu akan membuat Anda tidak mudah teripu. Karena sekarang ini ada banyak orang yang memanfaatkan ketidaktauan Anda untuk melancarkan aksinya. Tetap berhati-hati ya…!!

Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan. Semoga saja itu dapat bermanfaat untuk Anda yang membacanya.
Bagi Anda yang suka koleksi perhiasan yang terbuat dari emas mulai sekarang Anda tidak perlu lagi repot-repot menjual emas Anda yang sudah memudar ( karena sering di pakai) lalu membeli yang baru, dengan beberapa cara di atas. Atau bagi Anda yang merasa mempunyai kenangan indah akan salah satu perhiasan yang Anda miliki entah itu hadiah dari pasangan, orang tua ataupun dari sahabat dekat, tentunya mulai sekarang Anda bisa menjaganya agar tetap berkilau seindah kenangannya dengan mengamalkan beberapa cara di atas. Terimakasih!

Leave a Reply