8 Tips Untuk Orangtua Agar Selalu Bisa Bersikap Adil Kepada Setiap Anak


Seperti yang dilansir oleh magforwomen, bahwa akan timbul rasa persaingan antara anak jika orang tuanya bersikap tidak adil pada setiap anak-anaknya. Parahnya sikap ketidak adilan orang tua terhadap anak-anaknya akan menimbulkan rasa benci atau kecemburuan hingga membuat mereka menjadi tidak akur. Tentu Anda sebagai orang tua tidak berharap seperti itu bukan? Memiliki anak lebih dari satu merupakan suatu Anugerah yang tidak terkira, jadi sudah sepantasnya kita sebagai orang tua untuk menjaga mereka tanpa ada rasa memihak salah satu anak.

Memiliki banyak anak tentu akan terasa sangat menyenangkan, karena rumah Anda akan selalu tampak ramai. Mungkin dengan canda tawa mereka mampu membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna. Namun, untuk menyatukan warna agar terlihat tampak serasi mungkin bukan hal yang mudah untuk di lakukan. Karena, kebanyakan orang tua kadang sering memihak ke salah satu anak saja, karena anak tersebut dianggap yang paling menonjol.

Sebenarnya kita sebagai orang tua harus bisa bersikap seperti layaknya seorang raja yang memimpin rakyatnya. Selalu bersikap adil serta bijaksana dalam mengambil setiap keputusannya. Tidak peduli apakah iya seorang kakak, adik, anak laki-laki atau pun perempuan. Sebagai orang tua, Anda harus tahu bahwa setiap anak itu punya perasaan yang sama, jadi perlakukanlah mereka secara adil.

Jika orang tua bertindak pilih kasih dalam proses pengasuhan buah hati mereka itu akan menimbulkan perasaan iri hati pada benak salah seorang anak. Salah seorang anak akan curiga dan membenci saudaranya karena perlakuan yang berbeda terhadap dirinya dari orang tuanya. Kebanyakan anak kecil tidak memiliki keberanian untuk melawan orang tua mereka, sifat mereka yang lugu dan cenderung patuh bukan berarti mereka menerima dengan senang hati segala perlakuan yang ditujukan terhadapnya.

Bagaikan fenomena gunung berapi jika perlakuan tidak adil yang didapat seorang anak dari orang tuanya tidak segera diatasi, maka akan menimbun amarah di dalam diri si anak sedikit demi sedikit dan bila waktunya tiba tatkala si anak telah memiliki cukup keberanian untuk mengungkapkannya, maka Anda para orang tua sudah selayaknya untuk khawatir. Berikut ini akan kami berikan deretan tips, agar Anda para orang tua mampu untuk bersikap secara adil kepada setiap anak-anaknya.

Jangan pernah memihak

Jangan pernah memihak atau condong kepada satu anak. Anda mungkin merasa kagum dengan anak bungsu yang lebih rajin dibandingkan kakaknya atau sebaliknya. Tapi bukan berarti Anda cuma memperhatikan si bungsu/ si sulung saja bukan? Setiap anak itu spesial. Perlakukanlah mereka semua dengan cara yang sama. Berikan mereka didikan dan juga kasih sayang yang sama supaya setiap anak dapat tumbuh dengan sempurna.

Jadi, pada saat mereka berdebat atau pun bertengkar, Anda jangan berpihak. Memberikan solusi dan menjadi penengah merupakan jalan yang terbaik. Berbuat adil kepada anak-anak akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan psikis dan emosional mereka. Orang tua yang adil dan tidak pilih kasih akan dengan mudah mendidik putra-putri mereka, karena mereka merasa diperhatikan dan disayang oleh orang tuanya dengan cara yang sama.

Jangan pernah membandingkan anak

Ketika ada satu anak yang lebih patuh dan menonjol di dalam bidang akademis misalnya, banyak orangtua yang selalu membandingkan dengan anak yang lainnya. Hal tersebut jelas tidak dianjurkan. Selalu membandingkan anak-anak akan membuat segalanya menjadi lebih buruk. Pada saat Anda membandingkan, Anda secara otomatis akan menurunkan harga diri dari satu anak dan menambah arogansi kepada anak yang Anda unggulkan. Pahamilah bahwa mereka merupakan individu dengan sikap yang punya perbedaan dan memiliki kelebihan masing-masing.

Jangan selalu mengorbankan anak yang lebih tua

Hanya karena anak yang lebih tua sering dianggap lebih dewasa bukan berarti dia selalu harus mengalah. Seringkali orangtua meminta anak sulungnya untuk memahami dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan semua adik-adiknya. Perlakuan seperti ini tidak akan menjadikan dia cukup dewasa dan bisa mengerti semuanya. Jika Anda terus saja memintanya untuk dapat berkorban, maka Anda hanya akan menabur benih kepahitan dan juga kebencian. Ada saatnya juga anak yang lebih tua harus mengalah kepada adiknya, namun ada juga waktu untuk si sulung memiliki pendapatnya sendiri.

Perlakukan mereka sama

Cobalah untuk dapat memperlakukan semua anak Anda dengan sama. Apabila Anda memberikan hadiah kepada si sulung karena telah berprestasi, maka pada saat si bungsu juga juara, tentu Anda juga harus memberinya hadiah. Pada saat si sulung dan juga bungsu melakukan sebuah kesalahan, Anda juga harus menegur keduanya. Orang tua perlu melatih kepekaan diri untuk memahami setiap anak-anaknya.

Tunjukkan cinta Anda tanpa syarat

Seringkali anak yang lebih tua merasa bahwa dia tidak dicintai lagi karena kehadiran seorang adik. Jangan pernah membiarkan hal seperti itu terjadi. Pastikan Anda selalu mencintai semua anak dengan sama dan juga tanpa syarat. Biarkan saja mereka merasa aman tentang cinta serta kasih sayang yang selalu kita curahkan kepada mereka. Terkecuali, dalam keadaan terpaksa.

Misalnya, salah satu anak Anda menderita sakit, dalam beberapa kasus orang tua dihadapkan pada sebuah pilihan di mana mereka terpaksa harus memberikan perhatian lebih pada salah satu anak. Karena di dalam keluarga Anda memiliki satu anak yang memerlukan perhatian khusus karena sakit atau ada kendala lainnya, maka keahlian Anda dalam memberikan penjelasan kepada saudaranya perlu dilakukan. Beri penjelasan dengan baik mengenai kondisi saudaranya dan libatkan dia dalam membantu saudaranya.

Jadilah pendengar yang baik

Ketika anak-anak sedang bermasalah (bertengkar) mereka akan berlomba untuk mengadukan apa yang telah di lakukan saudaranya. Masing-masing dari mereka mempunyai pertahanan yang kuat, dan tidak ada yang mau mengalah. Misalnya, si adik bilang kalau si kakak membentaknya, namun si kakak bilang kalau si adik tidak mau di beri tau (karena takut adiknya terjatuh) Disaat seperti itulah kita sebagai orang tau harus bisa menjadi pendengar yang baik buat mereka. Serta beri mereka pengertian bahwa tidak ada yang di antara kalian, hanya saja caranya yang kurang tepat.” Adik.. kakak membentak karena takut adik kenapa-napa, jika adik terjatuh siapa yang sakit? “kakak.. tidak seharusnya kakak membentak atau bersuara terlalu keras, karena adik kan masih kecil jadi wajar ia belum mengerti. Lain kali cukup beri tau adik dengan suara yang pelan saja, agar adik bisa lebih mengerti. Apakah kakak paham?

Lakukan hal yang menyenangkan bersama

Cara paling baik untuk mencairkan ketegangan di antara saudara kandung ialah dengan melakukan kegiatan menyenangkan yang dikerjakan secara bersama-sama. Aktivitas yang dapat dilakukan bersama, terlebih lagi jika anak-anak Anda menyukainya tentu akan menciptakan sikap saling menyayangi dan juga mengurangi rasa persaingan diantara sesama saudara.

Jadilah teladan yang baik

Salah satu keahlian seorang anak adalah dalam hal melihat dan meniru, jadi berikan contoh dan teladan Anda yang terbaik kepada mereka. Pada saat orang tua dapat bersikap adil, maka sang anak nantinya akan melihat sikap Anda tersebut dan menirunya. Berilah contoh sikap saling menyayangi dan juga saling menghormati antar sesama. Ajarkan juga pada anak bagaimana caranya untuk bersikap pada kakak atau pun adik.

Dengan demikian diharapkan anak Anda akan paham dan sekaligus mengurangi rasa cemburu. Sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk selalu menciptakan keharmonisan di dalam rumah tangga. Perselisihan yang terjadi di antara anak-anak dengan saudaranya menunjukkan bahwa ada sesuatu yang mereka permasalahkan dan orang tua harus segera bertindak dengan membantu mencari tahu apa penyebabnya.

Kata penutup

Ketahuilah para orang tua jika anak-anak kita merupakan masa depan kita di hari tua. Mereka adalah ibarat permata murni yang belum diolah. Keterampilan orang tua dalam mengasuh putra-putri mereka menentukan perkembangan psikis dan emosional mereka. Kenangan yang didapat oleh anak-anak tentang orang tua mereka di kala mereka masih kecil akan selalu diingat hingga mereka beranjak tua nanti. Jadi, berbuatlah seadil mungkin kepada mereka tanpa memandang siapa atau apakah mereka. Orang tua yang adil dan tidak pilih kasih akan selalu mendapat tempat di hati setiap anak.

Dengan mendidik mereka secara adil, bukan tidak mungkin anak-anak akan akan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Secara tidak langsung anak-anak akan memiliki kepribadian yang adil dan bijaksana juga nantinya. Bukankah itu akan baik untuk masa depannya nanti? Siapa tau suatu saat nanti anak-anak Anda menjadi pemimpin, jadi sikap adil yang Anda ajarkan selama ini akan berguna, dan akan ada banyak orang yang akan menikmatinya.
Semoga saja anak-anak kita bisa menjadi seseorang nantinya. Semoga bermanfaat..


Tinggalkan komentar