Tips Mengelola Rasa Cemburu Agar Sehat

Terkadang tanpa dia sadari, tingkah lakunya telah membuat hati anda menjadi panas membara. Panas terbakar rasa cemburu. Cemburu memang rasa manusiawi yang muncul karena ada perasaan cinta dan sayang dalam diri terhadap seseorang.

Namun, rasa cemburu yang muncul dalam hati hendaknya jangan sampai mendatangkan kekacauan dalam hubungan anda. Rasa cemburu harus bisa dikendalikan agar bisa bermanfaat untuk jalinan cinta anda, bermanfaat dalam meningkatkan kadar asmara. Kali ini anda disajikan empat cara mengelola rasa cemburu yang baik:

cemburuan
Jangan Terlalu Meluapkan Emosi
Satu kekeliruan yang paling sering dilakukan adalah meluapkan dan mengumbar emosi yang meledak-ledak, begitu melihat pemandangan yang membakar api cemburu di dalam hati. Sebenarnya ini manusiawi, namun ini adalah bentuk kesalahan dalam mengelola sebuah rasa cemburu.

Ini dapat dikategorikan sebagai cemburu buta yang dapat merusak jalinan cinta anda. Apalagi si dia mungkin akan merasa sangat malu dengan orang sekitar, ketika anda men’dampratnya di depan umum. Tahanlah emosi anda, dan katakan apa yang sedang mengganjal hati anda dengan nada pelan.

Hindari Mencari Pelarian
Banyak orang yang terhasut api cemburu mencari jalan pintas untuk meredakan emosinya. Salah satunya adalah mencari teman pelarian yang mampu menenangkan hati. Namun, jika teman pelarian anda adalah seorang teman lawan jenis atau mantan kekasih, akan berakibat kurang baik dan bisa memunculkan kesalahpahaman baru. Jenis pelarian yang baik adalah pergi ke tempat-tempat rekreasi ataupun melakukan aktivitas tertentu yang mampu mereduksi rasa cemburu tersebut.

Jalin dan Lakukan Komunikasi
Berkomunikasi secara intens untuk meluruskan permasalahan adalah kunci yang bisa meredakan suasana. Utarakan masalah dan perasaan cemburu anda kepada kekasih dengan dewasa. Dengarkan alasan yang ia utarakan. Ada baiknya anda memilih waktu yang tepat agar menghindari pertengkaran yang lebih besar.

Jangan mendiskusikan suatu problema ketika dalam kondisi letih atau pun saat perut dalam keadaan lapar. Komunikasi dan keterbukaan akan membuat anda saling mengenal sifat masing-masing, sehingga ke depannya akan mampu meminimalisir rasa cemburu.

Coba Segera Lupakan
Ketika komunikasi telah terjalin, dan alasan yang telah disampaikan olehnya telah dapat anda terima (masuk logika), maka segera hapus dan lupakan kejadian tersebut. Tujuannya adalah agar anda tidak dihantui perasaan cemas, takut, dan khawatir yang mampu mengganggu kehidupan anda, dan mungkin dapat merusak kepercayaan anda kepada sang kekasih. Lakukan perjanjian dengan kekasih anda agar tidak mengulangi hal yang sama.

Demikian kawan, empat tips dalam mengelola rasa cemburu yang baik agar tidak merusak jalinan cinta bersama kekasih anda. Semoga bermanfaat, salam Cinta…

Leave a Reply