Cara Mengatasi Turbelensi Kincir Angin Pembangkit Listrik

Energi angin biayanya murah dan sifatnya berkelanjutan, dan turbin angin jumlahnya terus mengalami peningkatan di seluruh dunia. Menurut Departemen Energi Amerika, turbin angin kini memasok hampir 5 persen energi listrik di negara adi daya tersebut. Tingkat efisiensi turbin angin rata – rata sekitar 50 persen, tetapi karena turbelensi yang ditimbulkannya, interaksi antar turbin angin di lahan pembangkit listrik cenderung menurunkan tingkat efisiensi itu.

Para ilmuwan di Universitas Wennerberg Tennesee mengamati interaksi dari tiga turbin yang ditempatkan dalam sebuah terowongan angin. Mereka mencoba menemukan cara untuk mengurangi dampak buruk dari turbulensi.

kincir angin

“Baling – baling ini dilengkapi dengan sensor, kami memakai sensor untuk melacak gerakan baling-baling dan memantau apa yang disebut sebagai tanggapan dinamis. Jadi setiap kali baling – baling bergerak, kami memantaunya dan itu memberi tahu kami tentang interaksi yang terjadi dari satu turbin ke turbin yang lain.” penjelasan yang dilontarkan oleh Adam, pemimpin proyek penelitian.

Sensor ini secara terus menerus mengirim data ke komputer, kemudian menyesuaikan gerak baling – baling guna mengkonversi hilangnya energi akibat turbelensi. Keuntungannya ada peningkatan output dan juga berkurangnya keausan peralatan mekanik pada turbin. Penghematannya mungkin hanya sekitar 2 sampai 3 sen dolar, tapi sangat berarti bagi perusahaan yang mengoperasikan turbin ini.

“Perubahan besar dari sudut pandang keberadaan energi angin. Tenaga angin jadi benar benar kompetitif terhadap bahan bakar fosil yang saat ini kita bergantung. Tanpa subsidi, tenaga angin mulai kompetitif biayanya”, kata Adam.

Menurutnya, teknologi yang memungkinkan baling – baling turbin menyesuaikan diri ini akan membuat energi listrik tenaga angin dapat menghasilkan energi yang lebih besar dengan jumlah turbin sedikit. Selain itu, juga diharapkan dapat menurunkan tingkat kerusakan peralatan dan memperpanjang kegunaan mereka hingga 10 tahun.

Leave a Reply