12 Manfaat Mengajak Anak Bermain Di Alam Bebas

Apakah Anda merasa tertarik untuk mengajak si kecil bermain di alam bebas? Ketahuilah jika bermain dan belajar untuk anak tidak harus selalu mahal dan merepotkan. Dengan membawa si kecil mengeksplorasi alam bebas saja sudah membuat mereka bisa belajar dan mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Anak-anak merupakan makhluk yang penuh rasa ingin tahu.

Di lingkungan terbuka atau di alam bebas, akan membuat anak-anak mendapatkan ruang bebas untuk mengeksplorasi dirinya dan mencari tahu akan banyak hal. Mereka akan memenuhi rasa penasarannya dan merasakan bagaimana rasanya alam bebas. Pengalaman seperti ini sangat berharga bagi anak-anak dan mereka akan mengenangnya sebagai hal yang menyenangkan.

anak bermain di alam bebasMemberi kesempatan bagi anak untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan asing akan membuat mereka tidak mudah merasa takut pada lingkungan baru yang asing. Akan ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengajak anak bermain di alam bebas. Berikut beberapa manfaatnya:

1) Mempunyai penglihatan yang lebih bagus

Bermain di alam bisa membuat si kecil memiliki penglihatan yang lebih bagus. Sebuah riset dari Optpmetry and Vision Science menyatakan bahwa anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan mempunyai penglihatan yang lebih bagus dibanding anak-anak yang bermain dalam ruangan.

2) Menjadikan anak bersyukur atas nikmat Tuhan

Manfaat berikutnya adalah bisa dijadikan sebagai proses awal pembinaan dan pembentukan karakter dan mental sang buah hati. Bunda juga bisa mengajarkan anak untuk mensyukuri nikmat Tuhan dengan memelihara keindahan alam mahakarya-Nya. Bunda bisa menunjuk bahwa gunung yang megah, tinggi dan kokoh adalah ciptaan Tuhan yang wajib dijaga dan disyukuri. Begitu hamparan pantai dan laut yang luas, hewan dan tumbuhan yang beraneka ragam jenisnya, langit yang biru, hujan dll.

3) Membuat kemampuan sosial anak meningkat

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan kemampuan bersosialisasi atau sosial anak. Misalnya, ketika hendak memasuki obyek wisata alam maka harus mengantri terlebih dahulu untuk membeli tiket. Selain itu ketika bermain di alam bebas membuat anak berkesempatan lebih besar untuk bertemu teman baru, melihat tumbuhan atau hewan yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya.

4) Membuat anak lebih fokus

Bermain di ruang terbuka atau di alam bisa membuat anak lebih fokus. Selain itu ini gunanya mengajak anak bermain di alam yakni membuat kreatifitas anak dan rasa keingintahuannya meningkat. Anak yang sering diajak main ke alam atau keluar lebih antusias untuk membuat dan memperoleh penemuan baru jadi nggak hanya pasif atau duduk terdiam menyaksikan sesuatu. Anak bisa mengamati deburan ombak, air laut yang rasanya asin, berwarna biru dll sesuai panorama alam yang dikunjungi.

5) Meminimalkan stress

Bunda perlu mengetahui bahwa si kecil juga bisa merasa stress atau bosan layaknya orang dewasa. Untuk itu salah satu cara alami dan terbaik untuk meminimalkan stress pada si kecil adalah dengan mengajaknya bermain di alam. Bermain di alam dapat mengatasi perasaan negatif dan menenangkan pikiran sang buah hati. Apalagi jika si kecil sedang susah makan, kesepian atau kurang memiliki waktu berkualitas dengan sang ayah maka liburan bersama di alam merupakan pilihan yang tepat.

6) Mencegah defisiensi vitamin D

Menurut American Academy of Pediatrics, di dunia ini masih banyak anak di dunia yang mengalami defisiensi vitamin D. Padahal sebenarnya vitamin D ini bisa diperoleh dari cahaya matahari di alam bebas dan bisa diperoleh dengan bermain di luar. Ketika anak memperoleh vitamin D yang cukup maka bisa terhindar dari beberapa penyakit seperti: masalah tulang, penyakit jantung dan diabetes.

7) Meningkatkan wawasan sang buah hati

Bermain di alam bebas juga bisa menambah pemahaman dan pengetahuan sang buah hati tentang alam. Si kecil bisa menyaksikan flora dan fauna yang beragam yang mungkin sebelumnya belum pernah dilihat jadi wawasan anak bisa bertambah.

8) Meningkatkan kekompakan dan kebersamaan

Biasanya ketika kegiatan di alam bebas atau outdoor pastinya orang tua akan melibatkan diri pada aktivitas sang buah hati. Inilah manfaat berikutnya yaitu ketika seluruh keluarga yang ikut bisa bermain bersama dan memperoleh quality time. Bunda bisa menciptakan permainan yang seru dan melatih kekompakan antar anggota keluarga yang ikut. Misalnya: bermain bola bagi anggota keluarga laki-laki, ca’engkleng, ular naga, dll.

9) Menumbuhkan cinta lingkungan

Ketika bermain bersama di alam bebas, Bunda bisa menanamkan perilaku cinta alam sedari dini misalnya: ketika melihat pantai yang bersih, berpasir, berombak dan berpemandangan indah Bunda bisa menanamkan anak untuk nggak membuang sampah sembarangan supaya alam senantiasa bersih, terjaga kebersihannya dan terhindar dari banjir.

10) Meningkatkan kemampuan motorik

Ketika Bunda mengajak si kecil bermain di alam bebas pastinya dia bisa mengamati hamparan tanah yang luas, mengamati keindahan alam, dan menyaksikan hal baru. Sang anak bisa berjalan mengamati alam dan berlarian layaknya burung atau kupu-kupu yang mereka lihat. Ini gunanya mengajak anak bermain di alam yang bisa buah hati Bunda dapatkan yakni membuat seluruh tubuh sang buah hati bergerak melakukan aktivitas outdoor secara otomatis dengan perasaan yang bahagia.

11) Membuat anak berani mencoba hal baru

Anak secara psikologis akan mencoba hal baru ketika Bunda mengajaknya bermain di alam dan bisa meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki sang anak. Salah satu wahana yang di alam bebas seperti wahana flying fox yang menguji adrenalin, mungkin anak akan takut karena belum pernah mencobanya. Bunda bisa memotivasi si kecil untuk berani dan ketika ia berhasil maka rasa percaya dirinya akan terus muncul ketika menghadapi hal baru lain.

12) Memacu kreatifitas dan semangat

Bunda bisa membantu sang buah hati untuk memacu kreatifitas dan semangat dengan mengajaknya bermain di alam. Ini gunanya mengajak anak bermain di alam misalnya: ketika liburan Bunda bisa membekalinya dengan kamera untuk media kreativitasnya dalam menemukan obyek yang seru untuk diabadikan. Lalu setelah tiba dirumah Bunda bisa memberikan buku gambar, alat tulis dan pewarna jadi ketika di dalam kendaraan si kecil bisa menuangkan idenya untuk menggambar sesuai obyek yang disaksikannya.

Dengan Bunda mengetahui manfaat yang begitu banyak dari mengajak anak bermain di alam bebas, tentunya Bunda bisa mulai mengatur jadwal, kira-kira kapan nih membawa anak-anak ke tempat wisata alam bebas terdekat? Bakal seru tuh buat anak-anak. Bermanfaat, menyenangkan, dan tentunya para orang tua juga tidak perlu menyiapkan dana yang terlalu besar alias irit. Karena Anda dapat membawa bekal dari rumah, baik itu makanan, minuman atau kue-kue kecil( makanan ringan). Semoga bermanfaat ya…

Leave a Reply