7 Manfaat Membawa Anak Ke Taman Bermain

Bawalah anak-anak ke tempat bermain sesering mungkin, karena ada banyak rangsangan untuk indera utama dalam perkembangan anak-anak. Berada di luar ruangan akan membuat anak bebas melakukan sesuatu. Hal ini tentu akan membuat anak menjadi lebih aktif dan bersemangat. Zaman sekarang, hampir setiap orang di bumi ini tak pernah bisa lepas dari teknologi, mulai dari TV lah, smartphone lah, Tab lah! Bahkan dari masih bayi atau anak- anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua sekalipun.

Mungkin ada banyak orang tua yang mulai mengenalkan gadget pada anak-anaknya dari sejak dini dengan alasan agar anak merasa terhibur dan bisa berdiam di dalam rumah dalam waktu yang cukup lama. Jadi anak tidak perlu berpanas-panasan atau berkotor-kotoran karena takut adanya kuman. Tapi tahukah Anda jika itulah yang menjadi awal membuat anak menjadi katergantungan pada gadget. Dan tentu Anda sudah mengetahui bahwa itu bukanlah hal yang baik untuk perkembangannya, baik dari segi fisik maupun mental.

taman bermain anakDengan sering mengajak anak pergi ke taman bermain, akan membuat anak-anak memperoleh banyak manfaat yang mereka perlukan untuk menghadapi hidup di masa depan. Selain bermain, disana mereka juga akan dapat belajar tentang banyak hal. Makanya, sangatlah perlu bagi orang tua untuk meluangkan waktu mengajak anak pergi ke taman bermain.

Bahkan dari usianya yang masih balita( anak-anak ), karena dengan mengajak anak-anak ke taman bermain akan membuatnya lebih bugar serta dapat meningkatkan kecerdasannya, mulai dari kecerdasan inter dan intrapersonal, dalam bahasa, dan bahkan juga kecerdasan fisikal yang sering disebut sebagai bodily kinestetik. Anak-anak usia balita dikenal sebagai usia keemasan (the golden age), karena dalam usia itu terjadi perkembangan kecerdasan secara optimal. Jadi, dengan sering mengajak anak ke taman bermain akan membuat perkembangan anak menjadi lebih optimal.

Jangan remehkan aktivitas bermain anak. Tampaknya memang kegiatan itu hanya pengisi waktu luang, tetapi ketika si kecil bermain ( rumah-rumahan atau menyusun balok-balok) itu berarti mereka sedang membangun keterampilan hidup yang krusial. Manfaat lainnya adalah menyiapkan otak mereka untuk tantangan yang kelak akan dihadapinya. Oleh karena itu, kami akan sajikan 7 bukti ilmiah dari manfaat mengajak anak pergi ke taman bermain. Semoga setelah Anda mengetahuinya akan membuat Anda lebih bersemangat untuk meluangkan waktu untuk mengajak mereka ke taman bermain.

1. Di Arena Bermain Otot dan Sendi Kita Dirangsang

Karena itu kita menjadi kuat. Kita bisa menulis dengan baik karena ‘otot inti’ dada, punggung dan bahu mendapat daya tahan tinggi dan membantu kita menjaga agar otot ini tidak mengganggu fungsi jari jari kita saat menulis. Anak-anak saat ini kebanyakan tidak tahu cara menggunakan otot untuk menulis dan menahan gunting (memotong). Oleh karena itu kebanyakan dari mereka suka mengangkat bahu dan siku saat menulis dan menggores. Mengapa begitu? Itu karena kurangnya stimulasi otot dan persendian.

2. Taman Bermain Juga Membantu Menyeimbangkan Tubuh Anak

Karena itu merangsang keseimbangan sensorik tubuh (vestibular) yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang kita. Anak perlu bergerak. Bisakah kita duduk diam? Mengapa kita ingin anak-anak duduk diam sekarang? Tidak ada gunanya anak itu duduk diam. Karena jika anak duduk diam sepanjang waktu, secara langsung akan membuat mereka kehilangan keseimbangan tubuh. Inilah hasilnya yang dapat kita temukan saat anak duduk diam sepanjang waktu:
-Anak-anak akan sulit untuk fokus
-Mereka suka berlari keliling di kelas
-Anak kurang percaya diri
-Anak tidak bisa mengendalikan emosi

3. Di Taman Bermain, Anak Bisa Bergerak dan Melakukan Apa Yang Ingin Mereka Lakukan

Mereka fokus pada banyak gerakan yang bisa dilakukan di taman bermain ketika sampai pada waktu belajar, mereka tidak mudah terganggu untuk bergerak karena mereka puas dengan pergerakan! Meningkatnya rasa percaya diri karena bisa merasakan kekuatan gerak dan dengan demikian membentuk emosi yang seimbang.

4. Pergi Ke Taman Bermain Mampu Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak

Sebuah riset tahun 2009 yang dipublikasikan dalam Journal of School Health menemukan makin baik hasil tes aktivitas fisik anak, makin bagus pula kemampuan tes akademik mereka. Walau terkesan main-main namun dari berbagai permainan yang dilakukannya sebenarnya anak bisa belajar banyak hal, seperti matematika dan kemampuan berbahasa.

5.Pergi Ke Taman Bermain Membuat Anak Mampu Bekerja dalam Tim

Bermain juga mengajarkan anak berempati. Dengan bermain dalam kelompok anak akan belajar memperhatikan perasaan orang lain. Aktivitas bermain juga membuat anak belajar mengatur emosinya, keterampilan yang sangat membantunya menghadapi masalah di masa depan.

6.Sering Membawa Anak Ke Taman Bermain Akan Membuat Anak Berperilaku Lebih Baik

Menurut studi tahun 2009 yang dimuat dalam jurnal Pediatrics, anak-anak berperilaku lebih baik di kelas ketika mereka punya waktu lebih banyak untuk bermain di taman. Para ilmuwan mengukur penilaian para guru terhadap perilaku murid berusia 8-9 tahun di sekolah. Perilaku yang dibandingkan adalah antara anak yang diberi waktu istirahat dan tidak. Anak-anak yang memiliki waktu istirahat 15 menit di sela pelajaran memiliki perilaku yang lebih baik selama di kelas. Sayangnya lebih dari 10.000 anak dalam penelitian ini hanya memiliki waktu jeda kurang dari 15 menit setiap harinya.

7. Sering Membawa Anak Ke Taman Bermain Akan Membuatnya Lebih Gembira

Bermain merupakan dunia anak. Kegembiraan dari aktivitas permainan telah diteliti oleh kelompok peneliti di sekolah lingkungan miskin yang anak-anaknya banyak yang putus sekolah. Mereka mengajarkan anak-anak aneka permainan di taman bermain. Hasilnya diketahui anak-anak merasa lebih aman dan merdeka setelah bermain. Seperti halnya orang dewasa yang butuh waktu jeda untuk melepaskan tekanan, tentunya anak-anak juga akan sama.

Ternyata Persepsi Kita Salah Untuk Tidak Membawa Anak ke Tempat Bermain, Kenapa Begitu??

Mungkin sebagai orang tua kita memiliki banyak pertimbangan untuk memutuskan membawa anak-anak kita ke tempat bermain. misalnya, takut mereka akan terjatuh dan terluka, takut pada anak laki-laki mungkin, atau merasa takut bahwa mereka akan bertengkar atau memperebutkan sesuatu misalnya. Ketakutan-ketakutan itu membuat kita melupakan hal-hal positif yang bisa anak-anak kita dapatkan di taman bermain. Dan ketakutan itu juga yang membuat kita merasa enggan untuk mengajak anak-anak pergi ke taman bermain.

Mungkin dengan mengetahui beberapa manfaat di atas akan membuat Anda bisa merubah pandangan Anda selama ini. Yaitu ,tidak terpaku terhadap rasa takut tetapi bisa lebih fokus terhadap manfaat yang akan mereka dapatkan. Bawalah anak pergi bermain di taman bermain sesering mungkin, baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Karena itu akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang sehat, pintar dan juga merasa bahagia tentunya. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply