Cara Efektif Menambah Tinggi Badan Anak

Berdasarkan Standar Pertumbuhan WHO (2007), 60% dari tinggi dewasa dicapai selama 5 tahun pertama masa kanak-kanak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memastikan pertumbuhan anak mereka pada tingkat yang tepat sambil memaksimalkan potensi pertumbuhan mereka.

Entah dari mana leluhur kami dulu mendapatkan info sehingga ia selalu drop out berbagai tips untuk menjadi tinggi. Entah itu hanya sekedar mitos atau memang sebuah fakta, namun yang jelas itu menjadi topik turun temurun hingga sampai sekarang banyak masyarakat yang mempercayai akan hal itu. Di sini akan kita daftarkan beberapa tips yang selalu kita dengarkan agar anak bisa tumbuh tinggi. Pernahkah Anda mendengar tentang kiat-kiat ini sebelumnya?

tinggi badan anakBerjemur Di Pagi Hari

Sama halnya seperti mitos yang satu ini misalnya, seringkali kita mendengar ketika anak terkena demam kuning maka nenek atau ibu kita akan bilang jika anak tersebut kurang terkena sinar matahari atau( kurang “berjemur”). Tidak hanya itu, ternyata berjemur di pagi hari juga mampu membuat anak menjadi tumbuh tinggi. Tapi, benarkah cara ini bisa menambah ketinggian badan anak?

Banyak penelitian yang telah dilakukan ternyata benar, bahwa sinar matahari pagi dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium penting untuk pertumbuhan tubuh manusia. Ketika kalsium tinggi diserap di dalam tubuh, semakin kuat tulang seseorang dan semakin cepat juga ia tumbuh tinggi!

Jaga Kualitas Tidur Anak

Banyak orang bilang, untuk kulit sehat, selalu energik dan selalu terlihat cantik, tidur saja sudah cukup. Begitu pula dengan tumbuh tinggi, banyak orang percaya jika anak yang tidurnya berkualitas akan mudah cukup tinggi. Kenapa semua itu diasosiasikan dengan tidur? Apakah itu sekedar mitos atau memang sebuah fakta? Ketika seorang anak yang tidurnya cukup berkualitas, maka akan sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tubuh seseorang karena hormon pertumbuhan bekerja dengan baik ketika kita tidur.

Tidur yang berkualitas berarti tidur yang nyenyak selama 7 hingga 8 jam tanpa gangguan, kecemasan, dan tak terduga karena mimpi atau deliria. Jadi, para orang tua yang menginginkan anak-anaknya menjadi tinggi, maka rajinlah melatih anak Anda untuk tidur lebih awal.

Anak Yang Tidak Memiliki Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih atau obesitas dapat mencegah orang menjadi lebih tinggi. Kenapa begitu? Mengutip dari salah satu laporan terkini bahwa , kelebihan berat badan dan kekurangan gizi itu saling terkait. Meningkatnya berat badan disebabkan oleh peningkatan asupan makanan dan minuman yang tidak bergizi, makanan dengan kandungan rendah lemak atau gula dan nilai gizi yang rendah, serta gaya hidup yang kurang aktif.

Kapan pun nutrisi yang diperlukan tidak mencukupi, itu dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan anak-anak. Karena itu, orang tua harus memastikan makanan yang diberikan kepada si anak bergizi dan seimbang sehingga anak Anda selalu dalam berat badan ideal.

Rajin Berolahraga

Banyak orang yang bilang jika Anda melakukan olahraga seperti, renang, basket, dan lompat tali bisa meningkatkan tinggi badan anda! Mungkin saat anda mendengar hal itu, anda langsung melakukan tindakan tadi. Karena anda memang menginginkan tubuh yang tinggi dan ideal.

Hal itu memang benar adanya, karena dengan melakukan aktivitas tadi, berarti Anda melakukan gerakan tubuh yang aktif. Sehingga hormon pertumbuhan Anda bisa meningkat dengan baik. Dan ini fakta yang bisa dibuktikan. Karena itu seringlah untuk mengajak anak berolahraga, tidak hanya membuatnya sehat, tetapi dengan berolahraga secara rutin juga dapat membuat anak tumbuh tinggi.

Tidak Boleh Membawa Tas punggung yang terlalu berat Dalam Waktu Yang Lama

Banyak orang yang mempercayai mitos yang satu ini, Namun perlu Anda ketahui bahwa ini tidak hanya sekedar mitos. Mungkin pada awalnya Anda merasa kaget dengan pendapat orang bahwa dengan membawa tas punggung yang terlalu berat itu bisa bikin pendek. Namun hal ini memang fakta dan bukan omong kosong belaka. Orang yang menggunakan tas punggung dengan beban yang terlalu berat itu bisa bikin pendek.

Hal ini terjadi karena pada saat Anda membawa tas yang terlalu berat dalam waktu yang cukup lama maka itu akan memaksa Anda untuk membungkuk saat menjaga beban tas tersebut, padahal saraf punggung sangat sensitif. Sehingga saat Anda membungkuk sambil membawa beban itulah saraf Anda akan terjepit. sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tinggi badan seseorang. Jadi, mulai sekarang jangan biarkan anak-anak membawa tas punggung yang terlalu berat dalam waktu yang lama. Agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Bergelantungan dan Berayun (Untuk Anak-anak Berusia 5 Tahun ke Atas)

Apakah benar mengayun serta bergelantungan dapat membuat seorang anak menjadi tumbuh tinggi? Ini merupakan sebuah mitos yang tidak jelas siapa orang pertama yang mengatakannya. Namun tidak peduli ini di katakan oleh siapa, yang jelas ini merupakan sebuah fakta yang bisa di jelaskan tentunya. Faktanya, gaya gravitasi yang menarik tubuh saat peregangan membantu meluruskan tulang belakang Anda, tetapi itu bersifat sementara. Ini juga merupakan aktivitas yang baik untuk memperbaiki postur Anda dan memperkuat otot punggung Anda.

Melakukan Kegiatan Yang Alami Namun Bermanfaat

Anda bisa menerapkan kegiatan alami ini pada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari, agar anak-anak kita tumbuh dengan rasa percaya diri yang kuat karena memiliki tinggi badan yang ideal. Anda bisa mencoba salah satu mitos di atas untuk membantu anak-anak Anda agar bisa tumbuh tinggi. Karena fakta juga membuktikan kalau cara tersebut cukup efektif. Namun tetap saja, haruslah di dukung dengan asupan gizinya sehari-hari.

Mungkin sekarang ini ada banyak anak-anak yang sering pilih-pilih dalam memilih makanan. Sulit untuk makan sayuran, atau pun buah. Yang mereka tau hanya berbagai macam camilan lezat. Jadi, orang tua harus mengawasi gaya gizi anak mereka dengan memastikan mereka makan kombinasi gizi yang seimbang, bergizi, sehat, khususnya untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Nutrisi yang seimbang dapat dicapai dengan mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, kalsium, vitamin, dan lemak. Misalnya, kalsium dan protein yang tinggi dalam susu yang sangat bermanfaat sebagai nutrisi utama yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang. Karena itu, orang tua harus memberikan diet seimbang kepada anak Anda karena dengan nutrisi dan zat yang cukup dalam tubuh, pertumbuhan anak tidak akan terhambat dan akan tumbuh seiring dengan usia mereka. Wahai.. para orang tua jangan biarkan anak menjadi kerdil dalam pertumbuhan mereka dan itu adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk memastikan hal ini tidak terjadi.

Terapi Tinggi Badan

Kalau terapi tinggi badan sudah pasti ini menjadi sebuah fakta yang bisa membantu proses pertumbuhan tinggi badan dengan baik. Karena orang yang melakukan terapi tinggi badan akan mendapatkan manfaat dari terapi ini seperti: meningkatnya hormon pertumbuhan, kekebalan tulang akan meningkat, merangsang kelenjar hiposis, meninggikan badan dan banyak manfaat lainnya.

Terapi tinggi badan ini diciptakan bagi Anda yang mempunyai masalah tinggi badan dan juga kesehatan tulang Anda, terapi ini dikembangkan oleh para ahli yang memanfaatkan gelombang suara sebagai alternatif pengobatan kemudian diproduksi dalam bentuk CD sebagai alat untuk membantu mengatasi masalah Anda.

Dari beberapa fakta dan mitos diatas, Anda harus dapat mengambil kesimpulan, bahwa jika mitos itu memang bermanfaat dan tidak berdampak buruk walaupun belum terbukti kebenarannya, maka tidak salah jika Anda mau melakukannya, namun jika hal tersebut sudah terbukti dampak positif atau negatifnya, maka Anda juga harus mampu untuk menyeleksinya. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply